jenis pompa air, pompa air untuk rumah

Sumber: Shutterstock


2 menit

Jenis mesin pompa air untuk rumah tangga ada beragam dan mempunyai fungsi masing-masing. Mesin pompa air dibutuhkan di rumah tangga untuk mengalirkan air bersih secara merata ke seluruh area rumah seperti tandon air atau tangki air hingga kran air.

Menggunakan mesin pompa air harus sesuai peruntukan supaya bisa bekerja dengan optimal. Karena pada dasarnya setiap jenis pompa air memiliki perbedaan kemampuan mendorong dan menyedot air. Oleh karena itu anda harus pahami dan jangan asal-asalan memilihnya.

Baca juga: Jangan Tinggalkan Aspek Sanitasi di Rumah Minimalis Modern Anda

Supaya mendapatkan kualitas mesin pompa air yang tepat di rumah tanpa sering mengeluarkan biaya service, simak pembahasan lengkap di bawah ini.

Mesin Pompa Air Sumur Dangkal

jenis pompa air sumur dangkal
Sumber: panasonic.com

Jenis mesin pompa air ini diperuntukan penggunaan di rumah tangga dengan skala ringan. Mesin pompa air sumur dangkal rata-rata mempunyai daya sedot maksimal hanya 9 meter dan daya dorong maksimal 7 meter dari posisi pompa air.

Karena kemampuannya yang minim, pompa air dangkal memiliki watt yang kecil berkisar 75-200 watt. Mesin air ini mempunyai dua tipe otomatis dan manual.

Mesin Pompa Air Sumur Dalam

jenis pompa air sumur dalam
Sumber: vatprize.com

Kemampuan menyedot dan mendorong mesin pompa air sumur dalam lebih unggul daripada mesin pompa air sumur dangkal. Jenis pompa ini optimal menyedot air di kedalaman 9-11 meter. Ini adalah pilihan terbaik jika sumur di rumah anda cukup dalam.

Baca juga: Ide Desain Dapur Minimalis Idaman Ibu-ibu

Dikutip dari chucta, ada mesin injektor pada mesin pompa air dalam yang menguatkan daya pancar dari air. Ada dua tipe mesin pompa air dalam yaitu semi jet pump dan jet pump. Bedanya adalah pompa air jet pump terdapat tabung, sedangkan semi jet pump tidak ada tabung yang dapat menambah kekuatan pada daya hisap dan daya pancar pompa.

Mesin Pompa Air Celup

pompa air jelup
Sumber: Istimewa

Terlihat dari namanya, cara kerja pompa air ini adalah dicelupkan ke dalam air. Biasanya pompa air jenis ini digunakan sebagai mesin pompa air pada aquarium atau kolam ikan. Pompa air celup berfungsi menyedot dan mengalirkan air ke alat penyaring air. Rata-rata daya pancar mesin pompa air celup hanya 5 meter

Mesin Pompa Air Booster

pompa air booster
Sumber: Istimewa

Kinerja mesin pompa air booster ini sedikit berbeda dengan mesin pompa air pada umumnya karena tidak memiliki daya hisap dan umumnya hanya digunakan sebagai pendorong air saja.

Pemasangannya pun harus berada di dalam air atau biasanya pompa air ini dipasang di tengah instalasi pipa. Biasanya pompa air jenis ini dipasang di rumah-rumah yang dipasangi alat pemanas air. Atau jika anda mempunyai penampungan air bawah tanah, bisa menggunakan mesin pompa air booster untuk mendorong air dari penampungan ke kran air.

Baca juga: Mengapa Tandon Air Stainless Tidak Cocok Menampung Air Sumur?

Nah itulah jenis mesin pompa air beserta fungsi atau kegunaannya. Untuk mendapatkan pompa air terbaik, tentu pilihlah mesin yang memiliki spesifikasi sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya jika sumber air di rumah kamu dangkal maka cukup gunakan mesin pompa air dangkal.

Kawan Pennyu jangan lupa cek artikel menarik seputar sanitasi lainnya di blog Pennyu Indonesia dan apabila Anda mencari produk-produk sanitasi terpercaya konsultasikan ke kami. Pennyu Indonesia menyediakan produk sanitasi berkualitas dan terpecaya. Butuh produk sanitasi yang berkualitas? Dengan Pennyu Pasti Beres.

Dapatkan Produk Pennyu Sekarang Juga

Komentar Dinonaktifkan