Cara pasang tandon air, agar air tandon mengalir deras

2 menit

Seperti Anda ketahui, desain saluran jaringan perpipaan berfungsi untuk mengalirkan air dari sumber seperti tadon ke kran air. Agar air tandon mengalir deras perlu perencanaan perpipaan yang benar.

Pernah dengar saat menyalakan kran lebih dari satu tiba-tiba tekanan air mengecil? Atau Anda pernah mengalaminya saat menyalakan kran air untuk mencuci kendaraan tiba-tiba tekanan air mengecil karena ternyata ada juga yang menghidupkan kran air di kamar mandi?

Baca juga: 5 Keselahan yang Sering Dilakukan saat Membersihkan Tangki Air

Tentu tekanan air yang tiba-tiba melemah mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Namun sadar gak kalau masalah tersebut disebabkan oleh desain perpipaan di rumah yang kurang baik? Untuk mengetahui hal tersebut, yuk kita bahas lebih lanjut di bawah ini.

Penyebab Tekanan Air Tidak Merata

agar air tandon mengalir deras di kran air
Sumber: Unsplash

Pada umumnya, desain saluran pipa air bersih menggunakan sistem cabang. Jadi ketika semua kran air menyala saluran pipa yang pertama atau paling dekat dengan sumber air akan mempunyai tekanan kencang dan sebaliknya bagian paling ujung akan mempunyai tekanan air yang lebih lemah.

Subscribe

Subscribe untuk update artikel dan info promo menarik dari Pennyu

    Jika seperti itu bagaimana cara menanganinya supaya kran air memiliki tekanan yang stabil?

    Agar Air Tandon Mengalir Deras

    agar air tandon mengalir deras, aliran kran air kecil
    Sumber: Pennyu Indonesia

    Supaya tekanan kran air merata Anda bisa merencanakannya dengan mengatur jaringan pipa distribusi air menggunakan konsep closed-loop atau perpipaan sistem menyambung.

    Jadi sistem perpipaan ini mengalirkan air tanpa ada ujung atau mudahnya air akan terus berputar pada jaringan perpipaan. Dengan sistem ini aliran air yang berada pada pipa bisa mengalir dan menghasilkan tekanan merata walaupun kran dinyalakan bersamaan.

    Baca juga: Pemilik Tangki Air 5000 Liter Wajib Perhatikan Hal Ini

    Jangan salah menggambarkan tentang desain perpipaan close loop ya. Walaupun teknis perpipaan ini memutar air tanpa ujung, bukan berarti desain perpipaannya harus melingkar ya.

    Desain close loop ini bisa disesuaikan dengan denah rumah Anda lho! Namun ketika mendesain sistem perpipaan close loop tidak boleh sembarangan ya. Anda harus menentukan mana zona yang basah cocok untuk pipa dan mana zona kering.

    Jika desain Anda bagus sistem perpipaan close loop ini akan efisien dan sebaliknya kalau salah mendesain Anda akan boros pipa.

    Close Loop Rumah Tingkat

    Ketika Anda sudah memahami cara kerja sistem jaringan perpipaan close loop, tapi muncul pertanyaan baru. Bagaimana penerapan perpipaan close loop untuk rumah tingkat? Jawabannya sangat mudah yaitu rancang jaringan perpipaan close loop tingkat.

    Anda bisa menerapkan sistem jaringan close loop pada setiap lantainya. Misalkan Anda mempunyai rumah tiga lantai dan masing-masing mempunyai kran air atau kamar mandi, berarti buatlah sistem perpipaan close loop pada masing-masing lantai.

    Baca juga: Apakah Biaya Pemasangan Tangki Pendam Lebih Murah?

    Setelah mengetahui solusi atau cara mengatasi tekanan air kran mengecil, alangkah baiknya Anda juga memahami jika memilih penampungan air bersih harus berkualitas seperti anti lumut.

    Mempunyai penampungan air bersih anti lumut berarti Anda memastikan kualitas air tetap baik karena tidak tercemar oleh lumut. Lalu penampungan air bersih apa yang berkualitas baik?

    Gunakan Tangki Air Pennyu SATU maupun Tangki Air Pennyu BLAKE. Kedua tangki air ini Dijamin Anti Lumut dengan berbagai macam ukuran dan beraneka warna yang dapat disesuaikan dengan nuansa hunian Anda.

    Untuk menjamin kualitasnya, Tangki Air Pennyu dibekali dengan garansi selama 21 tahun. Kemudian Pennyu Indonesia juga menyediakan layanan after sales. Apabila terjadi kerusakan selama masa garansi, teknisi Pennyu akan menanganinya tanpa tambahan biaya. Informasi lebih lanjut tentang Tangki Air Pennyu dapat ditanyakan pada Customer Care Pennyu Indonesia.

    Hitung Kebutuhan Tangki Air yang cocok untuk tipe Bangunan Anda

    Komentar Dinonaktifkan