Biaya Pemasangan Tangki Pendam, Tangki Air Pendam dan Tower Beda Peruntukan

2 menit

Biaya Pemasangan Tangki Pendam

Jika Anda telah memutuskan untuk menggunakan tangki air guna memenuhi kebutuhan air rumah Anda, yang harus dipikirkan setelahnya adalah biaya pemasangan tangki. Anda perlu memikirkan dengan baik hal-hal yang terkait dengan pemasangan tangki air di rumah Anda. Mulai dari cara pemasangan, lokasi, hingga biaya pemasangan.

Beberapa cara untuk meletakkan tangki air di rumah adalah dengan meletakkan tangki pada bagian atas rumah (tangki tower) atau dengan memendamnya (tangki pendam). Kedua cara ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dalam tulisan ini, yang akan dibahas adalah terkait dengan biaya pemasangan dua jenis tangki ini.

Hal-hal yang harus disiapkan untuk tangki pendam

Apabila Anda memutuskan untuk meletakkan tangki air di dalam tanah (tangki pendam), Anda memerlukan landasan dan pengikat tangki. Untuk membuat landasan tangki air yang dipendam, Anda membutuhkan semen dan pasir. Selain itu, Anda juga membutuhkan pasir yang dipadatkan untuk mengikat tangki air di dalam tanah.

Dengan kata lain, untuk meletakkan tangki di dalam tanah, Anda harus membuat landasan beton terlebih dahulu. Biasanya biaya untuk memasang tangki air akan habis pada bagian landasan ini. Untuk rincian biaya yang harus Anda keluarkan dalam membuat landasan dan pengikat tangki air ini, simak poin di bawah ini.

Subscribe

Subscribe untuk update artikel dan info promo menarik dari Pennyu

     

    Biaya pemasangan tangki pendam

    Sebagaimana yang telah disebutkan pada poin sebelumnya, untuk memasang tangki pendam, Anda harus membuat landasan beton. Untuk mengetahui berapa yang harus dikeluarkan, Anda harus mengetahui dimensi landasan ini. Dimensi landasan yang dibutuhkan untuk memasang Tangki Air Pendam Pennyu adalah 98 cmx98 cmx15 cm.

    Untuk membuat beton dengan ukuran dimensi demikian, Anda hanya memerlukan satu sak semen (50 kg), 100 kg pasir, dan 120 kg kerikil. Biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat campuran ini tidak sampai Rp 1.000.000, bahkan jika dengan bahan campuran untuk pengikat tangki air di dalam tanah. Lalu, bagaimana dengan tangki tower?

    Perbandingan biaya pemasangan tangki pendam dengan tower

    Biaya pemasangan dua jenis tangki air ini sebenernya tidak dapat dipastikan karena di setiap daerah memiliki harga berbeda-beda. Namun ada beberapa poin yang bisa menjadi acuan Anda untuk menghitung biaya pemasangan tangki air pendam dan tower (atas).

    Apabila memilih pasang tangki air pendam berarti Anda cukup menyiapkan semen dan batu kerikil untuk membuat landasan di dalam tanah. Jika memasang tangki air tower, Anda perlu memikirkan lahan yang cukup luas untuk meletakkannya. Ditambah Anda harus persiapkan tower sebagai landasan tangki air jenis ini.

    Kelebihan tangki air pendam

    Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh tangki pendam adalah penampungan air di area terbatas dan solusi untuk air dari sumber bertekanan lemah. Supaya tangki pendam yang Anda gunakan awet, sebaiknya gunakan penampungan yang berkualitas. Anda bisa menggunakan Tangki Air Pendam Pennyu sebagai penampungan air bersih Anda.

    Tangki Pendam Pennyu mempunyai dinding ekstra tebal kuat menahan tekanan tanah ketika dipendam. Segera dapatkan Tangki Air Pendam Pennyu. Informasi selengkapnya dapat dicek di sini.

    Konsultasikan kebutuhan penampungan air bersama Tim Pennyu Indonesia

    Komentar Dinonaktifkan