4 Cara Merawat Tangki Pendam

3 menit

Merawat Tangki Air Pendam

Pernah mendengar tentang tangki air pendam? Sebenarnya apa sih bedanya dengan tangki air biasa atau tower?

Sebenarnya fungsi tangki air pendam maupun tower sama saja, yaitu untuk menampung air bersih di hunian. Pembedanya hanya pada penempatannya saja.

Seperti namanya, tangki air pendam diletakkan di dalam tanah, sedangkan tangki air tower biasanya ditaruh pada tempat tinggi seperti tower atau dak rumah.

Nah, supaya lebih jelas mengenai tangki jenis ini, yuk simak penjelasan di bawah ini!

Apa itu Tangki Air Pendam?

Tangki air pendam adalah tempat penampungan air yang dipendam atau diletakkan di dalam tanah.

Namun karena posisinya ada di bawah tanah, pemilik tangki jenis ini harus memasang pompa air sedot untuk mengalirkan air ke seluruh saluran yang ada di rumah.

Kemudian karena letaknya berada di dalam tanah juga tangki air jenis ini juga memiliki keunggulan dibangingkan tangki air tower yaitu dapat menghemat tempat dan solusi sumber air bertekanan lemah.

Setelah mengetahui pengertian tangki air pendam, supaya lebih lengkap yuk simak penjelasan cara merawatnya di bawah ini.

Cara Merawat Tangki Air Pendam

1. Rutin Menguras Tangki

Rutin menguras tangki berguna untuk menjaganya tetap bersih dari endapan dan kotoran. Jadi kualitas air yang ditampung di dalam tangki tetap terjaga.

Cara Menguras:
  • Siapkan Pompa Air Celup

Berbeda dengan tangki air biasa, tangki pendam tidak mempunyai lubang kuras di bagian bawah karena letaknya ada di dalam tanah.

Jadi bagaimana cara menguras tangki jenis ini? Anda bisa menggunakan pompa sedot air atau pompa air celup.

  • Siapkan Alat Kuras

Sebelum mulai menguras, siapkan peralatan penunjang seperti sikat bergagang panjang dan sitrun atau sabun khusus pembersih tangki air.

Perlu dicatat, hindari menggunakan sikat abrasif saat menguras agar tidak melukai dinding tangki.

  • Mulai Menguras

Disarankan ketika hendak menguras tangki air jangan mengisi tangki terlalu banyak agar air tidak terbuang sia-sia.

Setelah semua alat sudah siap, Anda bisa mulai pengurasan. Caranya buka tutup tangki dan cek kondisi air di dalamnya.

Baca juga: Cara Mudah Memasang Tangki Air

Kemudian masukkan pompa air celup, sedot dan sisakan sedikit air setidaknya setinggi satu jengkal tangan.

Selanjutnya siram dinding tangki bagian dalam dengan air yang sudah disediakan. Lalu Anda bisa mencampur sitrun dengan air secukupnya dan mulai guyur ke dinding tangki hingga merata.

Langkah berikutnya yakni sikat dinding tangki sampai bersih dan bila sudah Anda bisa membilasnya menggunakan air serta kembali membuang air kotor menggunakan pompa celup.

Pastikan sebelum mengisi air ke dalam tangki, semua bagian terutama dinding dalam tangki sudah benar-benar bersih dan cek tutup tangki sudah terpasang dengan benar.

2. Sebaiknya Hindari Memberi Beban Tambahan

Salah satu tips merawat tangki air pendam supaya awet di dalam tanah yaitu hindari memberikan beban tambahan di atasnya. Tangki berpotensi pecah karena menahan beban berlebih.

Namun apabila memendam tangki di area carport atau garasi letakkan di bawah bagian tengah mobil supaya tidak terlindas roda mobil.

Tetapi jika Anda membuat pondasi di lubang galian, beban yang tidak terlalu berat tidak masalah ditempatkan di atas tangki pendam, contohnya seperti pot tanaman.

Subscribe

Subscribe untuk update artikel dan info promo menarik dari Pennyu

     

    3.Buat Manhole di Lubang Galian

    Fungsi manhole pada lubang galian yaitu nantinya digunakan untuk mengecek kondisi tangki di dalam tanah.

    Selain itu, jika Anda menguras tangki juga akan memasukkan pompa sedot ke tangki melalui manhole. Oleh karena itu buatlah manhole yang sedikit lebih tinggi dibanding permukaan tanah.

    4. Perawatan Sebelum Pemasangan

    Perawatan sebelum pemasangan maksudnya yaitu Anda bisa memastikan jika tangki terpasang dengan baik dan benar. Anda perlu memeriksa dasar lubang galian sudah rata dan tidak ada benda tajam yang berpotensi membuat tangki bocor.

    Baca juga: Catat! Air Tower dan Pendam Beda Peruntukan

    Selain itu Anda juga harus mengecek tangki sudah benar-benar mendarat di dasar lubang galian, jangan sampai mengambang. Oleh sebab itu disarankan beri jarak beberapa sentimeter (cm) antara lubang galian dan tangki.

    Nah, setelah mengetahui cara merawatnya yuk gunakan produk Tangki Air Pendam Pennyu. Kenapa? Karena produk Pennyu berkualitas tinggi dan dijamin garansi pabrik.

    Mempunyai lapisan yang ekstra tebal dan pastinya lebih tahan lama saat dipendam. Informasi selengkapnya klik di sini.

    Hitung Kebutuhan Tangki Air yang cocok untuk tipe Bangunan Anda

    Komentar Dinonaktifkan