Jagalah Kebersihan Toilet, Hindari 4 Mitos Ini

3 menit

Jagalah Kebersihan Toilet Demi Kesehatan

“Jagalah kebersihan toilet agar tidak dimanfaatkan bakteri untuk berkembang biak”.

Kata di atas tadi mungkin sering diucapkan oleh banyak orang dan terdengar klise. Namun sebaiknya Anda tidak mengabaikannya karena memang sangat penting untuk dilakukan.

Toilet tentu memerlukan perawatan yang benar, tetapi ketika merawat atau membersihkannya Anda harus melakukannya dengan benar ya!

Jika dilakukan asal-asalan bukan hanya kebersihan toilet saja yang tidak maksimal, tapi dampak yang lebih buruk bisa menimpa toilet Anda.

Nah, Anda pernah denger gak sih mitos-mitos tentang kloset atau toilet? Seperti cara menghilangkan noda di kloset menggunakan pembersih dari sabun, hingga kloset duduk lebih baik daripada kloset jongkok.

Baca juga: Waktu Ideal Membersihkan Toilet Menurut Ahli

Namun apakah Anda tahu kebenarannya?

Ada beberapa mitos tentang toilet yang ternyata tidak benar loh! Supaya lebih tahu, yuk baca penjelasan lengkap di bawah ini.

1. Jagalah Kebersihan Toilet, Tapi Apakah Toilet Bersih Artinya Aman?

‘Bagaimana toiletmu, apakah sudah aman?’ Istilah aman sering diartikan jika toilet sudah bersih, bebas bau, dan ketersediaan air terjamin, padahal lebih dari itu.

Melansir CNN, toilet aman adalah toilet yang tidak berkontribusi pada pencemaran lingkungan.

Adri Ruslan, Senior Specialist On-Site Sanitation menyebut, septic tank harus dipastikan tidak bocor untuk menghindari rembesan air limbah dan mencemari sumber air.

Selain itu toilet harus dilengkapi dengan septic tank yang sesuai standar dan dilakukan penyedotan lumpur tinja secara berkala.

2. Menggunakan Air Sabun untuk Membersihkan Kloset

Memang maksud Anda baik dengan membersihkan kloset dengan sabun pembersih. Biasanya setelah Anda sikat bersih, sabun akan dibilas menggunakan air sampai mengalir ke septic tank.

Baca juga: Cara Mudah Bergaya Hidup Ramah Lingkungan di Rumah

Ini mungkin terlihat biasa, tapi sebenarnya air sabun dapat membunuh bakteri pengurai yang ada di dalam septic tank.

Fungsi bakteri pengurai adalah mengubah limbah padat menjadi cair yang nantinya dibuang ke sumur resapan.

Bayangkan jika ribuan bakteri pengurai mati karena air sabun, tentu proses penguraian limbah di dalam septic tank akan terhambat.

3. Mengatasi Kloset Mampet dengan Soda Api

Mitos tentang soda api bisa mengatasi permasalahan kloset mampet ternyata tidaklah benar. Melansir Grid.id, Ketua Asosiasi Toilet Indonesia Naning Adiwoso mengatakan, soda api dapat merusak kloset dan memberi dampak buruk ke septic tank.

Panas yang dihasilkan soda api berpotensi merusak pipa kloset. Cara tepat untuk mengatasi toilet mampet karena septic tank penuh atau tersumbat limbah yaitu dengan menggunakan bakteri pengurai B-MAX.

Cukup satu sachet, masalah kloset tersumbat di rumah Anda akan teratasi.

Subscribe

Subscribe untuk update artikel dan info promo menarik dari Pennyu

     

    4. Kloset Duduk Lebih Baik Daripada Kloset Jongkok

    Hal ini sebenarnya tidak berhubungan dengan kebersihan toilet atau kloset. Tetapi penting untuk Anda mengetahui kebenarannya.

    Jadi tidak benar kloset duduk lebih baik daripada kloset jongkok. Kedua jenis kloset ini mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

    Kloset jongkok yang terkesan sederhana sebenarnya dapat membantu memperlancar proses buang air dari saluran cerna, terutama bagi penderita wasir.

    Sedangkan kloset duduk mempunyai kelebihan yaitu lebih nyaman digunakan para lansia, orang hamil, dan orang dengan cedera lutut maupun kaki.

    Nah itulah tiga mitos tentang toilet yang ternyata tidak benar. Baiklah setelah Anda tahu mitos-mitos tidak valid tersebut, apakah Anda juga tahu bagaimana feses dapat diuraikan tanpa mencemari lingkungan?

    Jawabannya, tinggalkan septic tank konvensional dan gunakan bio septic tank. Septic tank konvensional rawan bocor sehingga menyebabkan pencemaran tanah dan sumber air di sekitar.

    Jagalah Kebersihan Toilet dan Pastikan Pengolahan Limbah Aman dengan Pennyu Bio Septic Tank

    Pennyu Bio Septic Tank, anti sedot dan 12 tahun garansi dijamin pabrik. Solusi pengolahan limbah  toilet di ruang terbatas. Mempunyai lima tahap penguraian, limbah hasil penguraian ramah lingkungan dan bisa langsung dialirkan ke selokan.

    Pennyu Bio Septic Tank sudah teregistrasi di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, terjamin aman. Untuk informasi lebih lengkap bisa klik di sini.

    Yuk jagalah kebersihan toilet dan gunakan Pennyu Bio Septic Tank sebagai pengelola limbah toilet yang baik dan benar.

    Dapatkan Produk Pennyu Sekarang Juga

    Komentar Dinonaktifkan