Cara Memasang dan Merawat Keran Air Wastafel

2 menit

Cari Waktu yang Ideal untuk Membersihkan Toilet

Toilet sangat berpotensi jadi tempat berkembangnya bakteri jika tidak dirawat atau dibersihkan secara rutin. Membersihkan toilet adalah langkah terbaik untuk mengurangi jumlah mikroorganisme, sehingga tidak menimbulkan masalah kesehatan.

Berapa kali idealnya? Apakah cukup satu bulan sekali? Berikut ini penjelasannya menurut ahli.

Penjelasan Ahli Durasi Ideal Membersihkan Toilet

Dilansir dari Antara, Dokter Mikrobiologis Klinis, Dr dr  Wani Gunardi menyebut, durasi ideal membersihkan toilet tergantung pada seberapa sering Anda menggunakan toilet.

Baca juga: Cara Mudah Mengatasi Saluran Kamar Mandi Mampet

“Yang penting teratur dibersihkan. Bisa memakai jadwal misalkan dua hari sekali atau seminggu sekali,” kata Dokter Wani.

Disarankan gunakan desinfektan juga untuk sterilisasi atau membunuh kuman setelah toilet dibersihkan.

Dokter Wani juga menganjurkan membedakan alat yang digunakan untuk membersihkan toilet. Misalnya, bedakan sikat untuk lantai dan kloset.

Ukuran toilet bersih yaitu tidak berbau, tidak licin, dan tidak ada kerak atau noda kering.

Sementara itu, Jason Tetro, ahli mikrobiologi Universitas Guelph di Ontario, Kanada menyarakan, sebaiknya bersihkan toilet dengan desinfektan setidaknya sekali seminggu untuk mencegah bakteri E. Coli berkembang.

Subscribe

Subscribe untuk update artikel dan info promo menarik dari Pennyu

     

    Bagian Toilet Rawan Bakteri

    Hasil riset Unilever ada 100 juta kuman bersarang di toilet. Menurut Dokter Wani ada bagian di toilet yang terlihat bersih tapi sebenarnya hal tersebut belum pasti.

    Bagian yang dimaksudkan seperti, tutup kloset duduk, flush, gagang keran, area lantai basah, dan benda di toilet yang sering tersentuh tangan.

    Baca juga: Hanya Modal Rp 20 Ribuan, Toilet Mampet Kembali Lancar

    Supaya mengetahui cara membersihkan toilet dengan benar Anda bisa baca di artikel ini “Ingin Kloset Duduk di Rumah Bersih? Lakukan Cara ini”.

    Bakteri Pengurai untuk Perawatan Kloset dan Septic Tank

    Selain menjaga kebersihan toilet, Anda juga bisa melakukan perawatan supaya kloset atau septic tank tidak cepat penuh.

    Caranya dengan menambah bakteri pengurai melalui kloset. Dengan Anda menambah jumlah bakteri pengurai, proses penguraian limbah domestik pada septic tank akan lebih cepat.

    Baca juga: Jaga Kualitas Air di Rumah, Rawat 3 Benda ini

    Gunakan B-MAX biang bakter penguraii dengan superior strain formula mampu mempercepat proses penguraian limbah organik atau toilet secara optimal.

    Dapatkan Produk Pennyu Sekarang Juga

    Komentar Dinonaktifkan