Hindari Air Sabun, Inilah Bahan Pembersih Kloset yang Baik

3 menit

Pembersih Kloset yang Aman

Pembersih kloset tentu harus aman untuk bakteri pengurai yang ada di dalam septic tank. Apabila Anda menggunakan pembersih kloset yang membahayakan atau berpotensi membunuh bakteri pengurai, berdampak septic tank sangat mudah penuh.

Kloset adalah tempat buang air besar dan kecil, biasanya terbuat dari porselen dan dipasang dalam kamar kecil atau WC.

Seiring berjalannya waktu, kloset yang sering digunakan akan kotor. Supaya kebersihan toilet terjaga, Anda harus rutin melakukan perawatan atau membuat jadwal rutin membersihkan kloset.

Baca juga: Solusi Sanitasi Aman untuk Lingkungan Padat Penduduk

Tapi disarankan jangan terlalu sering membersihkan kloset dengan sabun. Loh kenapa? Yuk simak alasan jangan terlalu sering gunakan pembersih kloset dari sabun.

Jangan Membersihkan Kloset Menggunakan Sabun

Memang membersihkan kloset dengan sabun dan karbol terlihat mudah serta praktis, namun hal ini tidak disarankan jika digunakan terlalu sering.

Melansir dari Liputan 6, sabun (detergen) dan karbol bukan diperuntukkan membersihkan kloset.

Ketua Asosiasi Toilet Indonesia, Naning Adiwoso menyebut, membersihkan kloset dengan sabun dan karbol dapat membunuh bakteri pengurai di septic tank.

“Bakteri pembusuk (pengurai) itu fungsinya membunuh bakteri jahat seperti E. Colli misalnya,” kata Naning.

Dengan terbunuhnya bakteri pengurai atau pembusuk, septic tank akan mudah penuh karena feses tidak dapat terurai secara baik.

Kemudian dampak bahaya lainnya dari membuang air sabun ke kloset, menurut Grid.id adalah dapat merusak karet atau segel di tangki toilet.

CEO Master Plumbers, Peter Daly mengingatkan harus berhati-hati menggunakan produk pembersih yang tidak dirancang untuk sistem pembuangan. Ia menyarankan agar memakai pembersih khusus pembuangan.

Bahan Pembersih Kloset

Dirangkum dari berbagai sumber, sebagai pengganti sabun untuk membersihkan kloset, Anda bisa memilih beberapa bahan alami dan racikan sederhana ini loh!

1. Pembersih Kloset dari Cuka

Cuka tidak hanya digunakan untuk penyedap masakan, tapi karena memiliki tingkat asam yang tinggi, cuka juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan toilet.

Noda kerak pada kloset akan rontok dengan keasaman cuka. Cara membersihkannya yaitu siramkan cuka sekitar 240 ml ke permukaan toilet.

Baca juga: Rahasia Membuat Septic Tank di Tanah Berair, Dijamin Aman

Kemudian diamkan selama beberapa menit, selanjutnya sikat permukaan toilet hingga bersih. Setelah itu bilas dengan air.

2. Pembersih Kloset dari Baking Soda

Membersihkan toilet menggunakan baking soda tidak akan mematikan bakteri pengurai di septic tank.

Baking soda mampu mengangkat noda yang menempel pada permukaan porselen.

Cara membersihkan kloset dengan baking soda adalah taburkan setidaknya satu cangkir baking soda ke seluruh bagian kloset, diamkan selama 30 menit dan tambah dengan cuka putih.

Lalu mulai gosok semua bagian kloset menggunakan sikat hingga bersih, terakhir bilas dengan air.

Subscribe

Subscribe untuk update artikel dan info promo menarik dari Pennyu

     

    3. Menggunakan Batu Apung

    Mungkin sebagian orang masih belum tahu tentang batu apung, jadi batu apung adalah batuan vulkanik yang sangat lembut, ringan, dan berpori.

    Batu apung efektif digunakan untuk membersihkan kloset porselen karena jenis batu ini lebih keras daripada endapan mineral dan noda yang muncul di kloset.

    Cara membersihkan kloset dengan batu apung yakni, pertama kenakan sarung tangan karet. Setelah itu gosok noda pada porselen, berikan tekanan yang kuat dan gerakan maju mundur.

    Nantinya jangan khawatir jika melihat residu abu-abu terbentuk di permukaan porselen, hal itu terbentuk dari batu apung dan air yang sudah usang.

    Terus gosok sampai beberapa menit, lalu bilas kloset dengan air sampai bersih.

    4. Air Jeruk Nipis

    Air jeruk nipis memiliki kandungan asam yang bisa menghapus noda dan kerak di kloset.

    Caranya siram air jeruk nipis di permukaan kloset porselen, kemudian tunggu beberapa saat.

    Selanjutnya gosok kloset porselen menggunakan sikat sampai bersih. Setelah itu siram dengan air.

    Baca juga: 5 Tips Agar Septic Tank Tidak Mampet dan Mudah Penuh

    Selain menghilangkan kerak dan noda di kloset, air jeruk nipis juga bisa menghilangkan bau loh!

    Namun apabila terpaksa membersihkan kloset dengan sabun, guyur kloset dengan air yang banyak dan tambahkan serbuk bakteri pengurai ke dalam kloset.

    Perawatan Kloset agar Tidak Mudah Penuh

    Salah satu kunci agar kloset tidak mudah penuh yaitu dengan menambahkan jumlah bakteri pengurai ke dalam septic tank.

    Anda bisa menambahkan bakteri pengurai melalui kloset dan menyiramnya hingga larut ke dalam septic tank. Gunakan B-MAX, super bakteri pengurai limbah domestik.

    Cukup satu sachet dapat merawat dan mengatasi masalah limbah di toilet. Selain itu B-MAX aman digunakan karena tidak menimbulkan residu berbahaya. Informasi lebih lanjut tentan B-MAX klik di sini.

    Sedangkan untuk Anda yang baru membangun rumah dan memerlukan tempat penampung dan pengolahan limbah domestik, sebaiknya gunakan Pennyu Bio Septic Tank.

    Pennyu Bio Septic Tank, anti sedot dan mengolah limbah dengan 5 tahap. Limbah hasil olahan ramah lingkungan sehingga dapat dialirkan langsung ke selokan.

    Pennyu Bio Septic Tank anti sedot dan garansi 21 tahun dijamin pabrik. Untuk mengetahui informasi lebih detail mengenai produk ini Anda bisa klik di sini.

    Dapatkan Produk Pennyu Sekarang Juga

    Komentar Dinonaktifkan