harga tandon air stainless stail, penempatan tandon air di atas rumah

(SHUTTERSTOCK/YOUNG SWEE MING)


2 menit

Tandon Stainless Steel Tidak Cocok untuk Air Sumur

Tandon air atau tangki air stainless steel adalah penampungan air bersih bermaterial paduan logam (alloy) yang terdiri atas logam besi, kromium, mangan, dan karbon.

Anda pasti tidak asing dengan tandon air jenis ini atau malah sudah menggunakannya di rumah untuk menampung air bersih. Harga tandon air stainless steel lebih mahal dibandingkan tangki air berbahan plastik, namun bukan berarti penampungan air ini cocok untuk menampung dan menyimpan semua jenis air.

Baca juga: Cara Meningkatkan Debit Air pada Instalasi Tandon Air Atas

Apakah Anda pernah mendengar tentang tandon air stainless steel tidak disarankan menampung air sumur atau air tanah? Nah di artikel ini kita akan membahas tentang hal tersebut. Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Tandon Air Stainless Steel Tidak untuk Menampung Air Sumur

Dalam Jurnal UMJ, air tanah mengandung besi terlarut berbentuk ferro (Fe2+). Larutan zat besi ini dapat membuat tandon air atau tangki air stainless steel berkarat. Kemudian tidak disarankan juga menampung air sumur atau tanah untuk menghindari terjadinya korosi atau karat. Selain itu, dalam thesis berjudul “ANALISA LAJU KOROSI GALVANIS DAN STAINLESS STEEL TERHADAP LARUTAN AIR LAUT, AIR SUMUR TAWAR DAN AIR SUMUR PAYAU” dituliskan bahwa air laut merupakan lingkungan yang korosif terhadap logam dikarenakan mengandung natriumklorida (NaCl), kalsiumsulfat (CaSO4), kalsiumkarbonat (CaCO3), dan oksigen (O2) terlarut yang mempengaruhi proses korosi pada material (Sasono, 2010).

Oleh karena itu jangan pula tampung air yang mengandung kadar garam tinggi seperti air laut ke dalam tandon air stainless steel karena mempercepat terjadinya korosi.

Baca juga: Penyebab Tandon Air Berlumut dan Cara Membersihkannya

Sebaiknya, pertimbangkan kembali sebelum memutuskan menggunakan penampungan jenis ini. Selain harganya lebih mahal dibandingkan tandon air plastik, penampungan ini juga tidak bisa menampung air bersih yang bersumber dari tanah.

Lalu tandon air jenis apa yang aman untuk menampung air sumur atau tanah? Jawabannya yaitu tandon air berbahan plastik polietilena (PE). Dengan penampungan jenis ini, Anda tidak perlu risau lagi jika mempunyai air bersih bersumber dari sumur di rumah. Bukan cuma itu, tandon air PE juga bisa menampung air dari PAM maupun PDAM.

Namun jangan asal-asalan memilih tandon air PE, sebaiknya gunakan tandon air PE bebas lumut seperti Tangki Air Pennyu. Mempunyai berbagai macam ukuran dan varian warna yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan serta nuansa hunian Anda.

Tangki Air Pennyu juga dibekali dengan garansi Dijamin Pabrik selama 21 tahun. Apabila terjadi sesuatu, Anda hanya perlu klaim garansi melalui WhatsApp dan SMS. Untuk mengetahui informasi lebih jelas dan lengkap mengenai Tangki Air Pennyu cek di sini.

Manfaat Mempunyai Tandon Air

1. Memastikan Ketersediaan Air ketika Listrik Padam

Karena berfungsi menampung air bersih, tandon air bisa memastikan ketersediaan air saat listrik di rumah Anda padam. Jadi Anda tidak membutuhkan pompa air untuk mengalirkan air bersih untuk mencukupi kebutuhan Anda selama listrik padam.

Untuk menjaga agar tandon selalu terisi penuh, Anda bisa memasang otomatis pelampung tandon air.

2. Menghemat Tagihan Listrik

Sering menyalakan mesin atau pompa air membuat tagihan listrik kamu melonjak lho! Dengan tandon yang berfungsi menampung air bersih, Anda tidak perlu menyalakan pompa air terus menerus. Dengan demikian Anda bisa menghemat tagihan listrik. Efektif bukan?

3. Cara Efektif Menyimpan Air Bersih

Karena fungsinya sebagai penampungan air, tandon air adalah pilihan tepat untuk Anda menyimpan air bersih di rumah. Dengan tandon air yang berkualitas seperti Dijamin Bebas Lumut, kebersihan air akan lebih terjaga.

Nah itulah alasan mengapa tandon air stainless steel tidak direkomendasikan untuk menampung air tanah dan manfaat mempunyai tandon air. Semoga bermanfaat ya! Pennyu Pasti Beres

Komentar Dinonaktifkan