Instalasi tangki air atas

Children watch as women pump water from a borehole near Malawi's capital Lilongwe, February 2, 2016. Late rains in Malawi threaten the staple maize crop and have pushed prices to record highs. About 14 million people face hunger in Southern Africa because of a drought exacerbated by an El Nino weather pattern, according to the United Nations World Food Programme (WFP). REUTERS/Mike Hutchings - GF10000293447


3 menit

Instalasi Tandon Air Atas Wajib Diperhitungkan

Cara pasang instalasi tandon air atas tanpa pompa air harus diperhatikan agar air dapat mengalir dengan deras. Ada beberapa kunci agar air dari tandon dapat mengalir deras ke keran walaupun tanpa bantuan pompa atau mesin.

Penasaran bagaimana caranya? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

1. Ketinggian Tandon Air yang Ideal

tower tangki air, instalasi tandon air atas

Posisi toren atau tandon mempengaruhi deras tidaknya aliran air di rumah. Karena itu hal pertama yang harus diperhatikan supaya air dari toren mengalir deras melalui keran di rumah yaitu memperhatikan ketinggian instalasi tandon air.

Ini penting dilakukan untuk Anda yang memanfaatkan gaya gravitasi tanpa memanfaatkan pompa pendorong untuk mengalirkan air dari tandon. Berikut ini adalah beberapa ketinggian tangki air yang bisa menjadi referensi:

a. Menara Tandon Air Ketinggian 4 Meter

Menara atau meletakkan tandon air pada ketinggian 4 meter umum digunakan di rumah-rumah.

Apabila kebutuhan pemakaian air ringan seperti keran air saja, maka meletakkan instalasi tandon air pada ketinggian 4 meter sudah cukup menjadikan aliran air bertekanan cukup deras.

b. Menara Tandon Air Ketinggian 4-6 Meter

Ini adalah opsi kedua yang dapat Anda lakukan untuk meletakkan tandon air di rumah. Tentu saja dengan menyimpan tandon air di menara semakin tinggi, tekanan air yang dihasilkannya pula lebih deras.

Ketinggian tandon atau toren air ini cocok untuk Anda yang membutuhkan pemakaian air cukup tinggi setiap harinya.

c. Menara Tandon Air Ketinggian 7 Meter

Ketinggian tandon air untuk shower idealnya 7 meter. Karena dengan ketinggian sekian tekanan air yang dihasilkan juga semakin deras.

Baca juga: Pemilik Tangki Air 5000 Liter Wajib Perhatikan Hal Ini

Biasanya gedung, hotel, dan kantor membutuhkan tekanan air bertenaga besar, karena itu tandon air mereka diletakkan pada ketinggian 7 meter.

Catatan: Bukan hanya ketinggian tandon air yang perlu diperhatikan. Konstruksi menara tandon air pula harus diperhitungkan supaya tetap kokoh menahan beban tangki air ketika terisi penuh.

2. Sesuaikan Ukuran Pipa dengan Lubang Outlet

instalasi tandon air atas

Apabila Anda sudah atur ketinggian tandon air sudah ideal sesuai dengan kebutuhan, sekarang waktunya Anda menyesuaikan ukuran pipa dengan lubang outlet.

Risiko yang akan Anda terima apabila tidak menyesuaikan ukuran pipa dengan lubang outlet yaitu debit aliran air melemah. Misalnya outlet ukuran 1” (inch) dipasang pipa ukuran ¾” (inch), tentu air yang mengalir dari tandon akan melambat.

Supaya mendapatkan debit air yang maksimal, tentu sesuaikan ukuran pipa dengan lubang outlet tangki air. Perlu diingat, hindari memperbesar lubang outlet sendiri karena tangki air akan mudah retak dan sobek.

3. Kurangi Belokkan pada Instalasi Pipa

instalasi tandon air atas
Sumber: Istimewa

Pemipaan yang berbelok-belok akan mengurangi laju aliran air karena ada efek bottleneck atau cekikan di setiap belokan. Oleh karena itu ketika membangun rumah, usahakan denah titik keran dirangkai di satu garis lurus supaya air dapat mengalir lebih mudah dan deras.

4. Bersihkan Sumbatan pada Pipa

pipa paralon air

Sumbatan pada pipa merupakan salah satu penyebab aliran air dari tandon tidak mengalir deras pada keran. Sumbatan pada pipa bisa berupa kerak. Anda bisa mengatasi masalah tersebut dengan membersihkan pipa air dari sumbatan.

Untuk meminimalisir sumbatan pada pipa air Anda bisa menggunakan filter air. Sesuaikan filter air dengan masalah yang Anda alami karena berbeda permasalahan air berbeda pula jenis filter yang digunakan.

Permasalahan karena Debit Air Melemah

Berikut ini beberapa permasalahan karena debit air melemah yakni:
1. Tekanan air shower lemah karena air tidak mendapat tekanan dan terdorong dengan kuat.
2. Jika tekanan atau debit air yang dari tangki air lemah maka air yang keluar dari keran mengecil dan lemah.

Sekarang Anda sudah mengetahui cara meningkatkan debit air, tapi percuma saja jika air yang keluar kotor karena penampungannya berlumut.

Baca juga: Cara Memasang Instalasi Tandon Air, Perhatikan Poin-poin Ini

Sebaiknya Anda juga menggunakan tangki air bebas lumut agar air yang ditampung tidak tetap jernih.

Coba bayangkan jika Anda mempunyai tangki air berlumut, tentu akan butuh tenaga lebih untuk membersihkannya. Bukan cuma itu air yang ditampung pula keruh.

Karena itu gunakan tangki air bebas lumut. Tangki Air Pennyu dijamin bebas lumut dan bergaransi 21 tahun mudah diklaim.

Tangki Air Pennyu mempunyai dua tipe yaitu Pennyu SATU dan Pennyu BLAKE. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut klik “Tangki Air Pennyu”

Komentar Dinonaktifkan