hemat listrik dan air

Sumber: instagram.com/kontrakan_joglo15


3 menit

Tips Hemat Listrik dan Air untuk Ibu Kos

Hemat listrik dan air adalah ilmu yang perlu dipelajari oleh ibu-ibu pengusaha kos-kosan yang masih menggunakan listrik bersama bukan token.
Bayangkan saja jika ibu kos tidak dapat memanajemen pemakaian listrik dan air anak kos, tentu tagihan bulanan akan membengkak.
Bukan hanya di sektor ekonomi aja loh ya, pemakaian listrik dan air berlebihan pun memperburuk kondisi lingkungan. Seperti sumber utama produksi listrik berasal dari batu bara yang merusak lingkungan melalui emisi yang dihasilkan.
Sedangkan penggunaan air bersih yang boros akan mengurangi keberadaan air bersih dan mengancam kehidupan makhluk hidup.
Lalu bagaimana cara hemat listrik dan air di kos-kosan? Sebelum membahas hal tersebut lebih baik kita ketahui terlebih dahulu penyebab listrik dan air boros di bawah ini.

A. Penyebab Listrik dan Contoh Sikap Boros Air di Kos

1. Membiarkan Lampu Terus Menyala di Siang Hari

hemat listrik dan air
Sumber: Istimewa
Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika tidak sedikit orang menyalakan lampu pada siang hari. Entah alasan lupa mematikannya atau ruangan kos minim pencahayaan matahari sehingga mempunyai ruangan yang gelap.
Tapi sadar tidak sadar, jika Anda terus menyalakan lampu di siang hari akan mempengaruhi tagihan listrik Anda. Apalagi jumlah lampu yang menyala pada siang hari lebih dari satu, otomatis tenaga listrik yang diperlukan lebih besar.

2. Banyak Anak Kos Menggunakan Kompor Listrik

hemat listrik dan air
Sumber: Istimewa
Masalah kedua dalam hemat listrik dan air yaitu menggunakan kompor listrik. Jadi apabila Anda menjadi ibu kos, sebaiknya ingatkan supaya anak kos tidak menggunakan kompor listrik untuk memasak.
Namun jika tidak memungkinkan untuk melakukannya, Anda bisa menerapkan tambahan biaya kepada anak kos yang menggunakan kompor listrik.

3. Tidak Menutup Keran Air dengan Benar

hemat listrik dan air
Sumber: Istimewa
Sebagai ibu kos, Anda lebih baik membuat imbauan kepada setiap anak kos agar menutup handle keran air dengan benar untuk menghindari air bersih rembes sehingga terbuang sia-sia.
Bayangkan jika air bersih terbuang sia-sia karena keran air tidak menutup sempurna, Anda tentu akan lebih sering menyalakan pompa air dan tagihan listrik akan membengkak.

4. Tidak Menggunakan Tangki Air untuk Menampung Air Bersih

toren berlumut, tandon berlumut, hemat air
Ilustrasi Tangki Air Pennyu
Sebagai ibu kos Anda harus lebih cermat dalam penghitungan. Penampungan air bersih seperti tangki air di kos-kosan itu sangat dibutuhkan supaya pengelolaan air lebih teratur dan tidak terbuang sia-sia.
Oleh karena itu kos-kosan yang lebih dari dua kamar sebaiknya mempunyai tangki air untuk menampung air bersih. Kemudian bagaimana cara mengukur kapasitas tangki air sesuai dengan kebutuhan? Tidak usah khawatir, Anda bisa menghitungnya di sini “Kalkulator Digital Tangki Air”

B. Tips Hemat Listrik dan Air

hemat listrik dan air
Sumber: Anissa Chak
Setelah mengetahui penyebab listrik dan air bersih boros di kos-kosan, sekarang waktunya ibu kos tahu bagaimana tips hemat listrik dan air.

1. Menyediakan Kompor

kompor gas
Sumber: Istimewa
Langkah ini merupakan salah satu cara untuk mengantisipasi anak-anak kos membawa kompor listrik untuk memasak. Anda sebagai ibu kos bisa menyediakan dapur umum dan tersedia kompor gas yang dapat digunakan bersama oleh anak kos. Dengan begitu, lonjakan listrik karena kompor listrik tidak akan terjadi.

2. Gunakan Kloset Flush

kloset flush
Sumber: Pixabay
Sebagai langkah hemat listrik dan air, Anda sebaiknya membuat atau memasang kloset duduk yang bisa di-flush di kos-kosan. Dengan demikian air yang digunakan untuk menyiram limbah toilet tidak berlebihan. Selain itu, untuk meminimalisir terbuangnya air bersih Anda juga bisa membuat kamar mandi dengan model shower.

3. Memperhatikan Rancangan Desain Kos

kos kosan murah
Sumber: eramuslim
Merencanakan secara matang desain kos-kosan sangat diperlukan untuk kenyamanan penghuni. Sebaiknya rancangan kos-kosan dengan jendela yang mengarah ke ruang terbuka supaya saat siang hari cahaya matahari bisa masuk ke dalam ruangan.
Dengan demikian pada siang hari lampu sudah tidak diperlukan karena ruangan terbantu oleh pencahayaan matahari. Alhasil, Anda berhasil untuk menghemat penggunaan listrik yang bersumber dari lampu.

4. Memasang Lampu Bulb Otomatis

lampu bulb otomatis
Sumber: Istimewa
Apabila Anda memasang lampu bulb otomatis pada titik tertentu tidak perlu khawatir lagi lupa mematikannya saat siang hari. Dengan menerapkan metode ini ibu kos bisa mengirit tagihan listrik deh.

5. Menggunakan Tangki Air

hemat listrik dan air, tangki air pennyu
Sumber: Pennyu Indonesia
Ini adalah solusi untuk ibu kos agar tagihan listrik dan air di kos tidak terbuang sia-sia yaitu menggunakan tangki air, tandon, atau toren air untuk menampung air bersih dari sumbernya.
Dengan tangki air, potensi pompa air menyala untuk menyedot air dari sumbernya tidak akan sesering ketika Anda tidak memanfaatkan penampungan air bersih.
Memasang tandon air di kos bukan hanya untuk mengelola air supaya tidak terbuang sia-sia, tetapi juga untuk menghemat penggunaan listrik karena mesin atau pompa air yang menyala terus menerus.
Tetapi saat memilih toren air untuk menampung air bersih, pilihlah tangki air yang bebas lumut dan mempunyai garansi produk terpercaya.
Gunakan Tangki Air Pennyu, penampungan air dijamin bebas lumut dengan garansi pabrik selama 21 tahun. Tangki Air Pennyu mempunyai beragam warna dan ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda loh!
Yuk klik di sini untuk mengetahui lebih detail tentang Tangki Air Pennyu.

Konsultasikan kebutuhan penampungan air bersama Tim Pennyu Indonesia

Komentar Dinonaktifkan