dapur minimalis

Sumber: @rumah_enzo


4 menit

Referensi Desain Dapur Minimalis

Mempunyai desain dapur minimalis sedang menjadi primadona saat ini. Penataan desain yang simpel mempunyai daya tarik tersendiri ini karena memiliki nilai estetik. Konsep minimalis ini sangat cocok diterapkan pada dapur dengan lahan terbatas.

Mendesain dapur dengan model minimalis mungkin terbilang mudah, namun untuk menjadikannya benar-benar efisien dan estetik membutuhkan ide yang matang. Untuk memudahkan Anda memiliki dapur dengan konsep desain minimalis, berikut ini beberapa referensi dapur minimalis yang bisa ditirukan.

A. Ide Desain Dapur Minimalis

Desain Dapur Minimalis Mungil

Desain dapur minimalis berukuran kecil
Sumber: Ist

Sama seperti konsepnya minimalis mungil, desain dapur model ini cocok untuk rumah dengan lahan terbatas. Jasa pembuatan furniture bisa menjadi pilihan jika Anda mempunyai budget lebih dan ingin praktis. Dengan desain yang tepat Anda bisa membuat dapur tetap nyaman dan modern.

Desain Dapur Minimalis Berbentuk L

Dapur minimalis desain L
Sumber: L

Dapur minimalis ini mempunyai desain berbentuk L mempunyai penampilan simpel dan elegan dengan memaksimalkan dimensi kosong di pojok rumah. Dengan desain dapur L Anda dapat menambahkan kabinet dan meja multifungsi karena tidak ada lemari yang membatasi penempatannya. Anda bisa mixing desain dapur minimalis berbentuk L bergaya Skandinavia maupun berdinding keramik.

Baca juga: Desain Kamar Mandi Minimalis Keren untuk Berbagai Gaya Rumah

Desain Dapur Minimalis dengan Jendela

Desain dapur minimalis berjendela
Sumber: Ist

Memilih desain dapur minimalis dengan jendela adalah keputusan tepat untuk orang-orang yang suka dengan penerangan alami atau pemandangan sekitar. Mempunyai jendela di area dapur juga berfungsi untuk menjaga sirkulasi udara tetap terjaga.

Fungsi lain dari jendela di dapur yakni supaya tidak lembab. Dapur yang lembab dapat mengundang mikroorganisme serangga dan dapur Anda akan ditumbuhi lumut. Kemudian model jendela dapur yang Anda  pilih pun bermacam-macam seperti jendela geser atau sliding, jendela double hung, jendela satu bingkai, sampai jendela dapur sudut minimalis.

Desain Dapur Minimalis Monokrom

Dapur minimalis monokrom
Sumber: Ist

Dapur minimalis monokrom menjadi pilihan banyak orang karena kesan simpel dan elegan. Namun sebenarnya membuat dapur warna monokrom sedikit tricky. Karena monokrom merupakan perpaduan antara warna hitam dan putih sehingga sehingga pemilihan hiasan maupun peralatan dapur lainnya seperti kitchen set menjadi sangat penting.

Ada beberapa ide desain dapur minimalis monokrom yang bisa Anda tiru yaitu gaya cooker hood, dapur meja tengah, monokrom dengan domain warna putih, dan monokrom dengan warna dark grey.

Desain Dapur Minimalis dengan Skylight

Desain Dapur Minimalis Skylight
Sumber: Tabloid Rumah

Hampir mempunyai konsep serupa dengan dapur minimalis dengan jendela, dapur minimalis dengan skylight ini juga mempunyai keunggulan yakni penerangan alami dari sinar matahari karena bagian langit-langit dibiarkan terbuka hanya dilapisi kaca.

Baca juga: 5 Tips Membangun Rumah Impian yang Wajib Diperhatikan

Adanya cahaya alami membuat Anda tidak perlu menghidupkan lampu saat berada di dapur, dengan demikian bisa menghemat listrik. Selain membuat dapur terang, desain skylight juga membuat dapur kesayangan Anda terhindar dari lembab.

Untuk menghindari dapur panas karena cahaya matahari, usahakan area skylight mendapat jatuhan bayang-bayang sinar matahari sehingga tidak menaikkan suhu ruangan. Namun apabila tidak memungkinkan, Anda bisa memakai kaca film untuk mereduksi intensitas cahaya yang masuk.

B. Rekomendasi Perlengkapan Dapur Minimalis

Setelah membahas tentang desain dapur minimalis kurang lengkap rasanya jika kita tidak sekaligus membicarakan perlengkapan dapur minimalis.

Berikut ini beberapa perlengkapan dapur minimalis yang bisa menjadi pilihan yang tepat.

Kabinet Dapur Minimalis

Kabinet dapur
Sumber: Ist

Bukan hanya untuk menyimpan peralatan masak, kabinet dapur juga bisa dimanfaatkan untuk menyiapkan bahan makanan. Anda bisa memilih model kabinet minimalis yang mempunyai meja tambahan.

Set Alat Masak

Desain dapur minimalis
Sumber: Ist

Tidak usah repot-repot membeli alat masak satuan. Supaya memudahkan Anda, belilah set alat masak yang terdiri spatula, penjepit, dan sendok sup, memudahkan Anda untuk memasak.

Sebaiknya pilihlah set alat masak yang sudah dilengkapi dengan tempat penyimpanan khusus. Jadi, Anda bisa menatanya agar tetap rapi.

Selain itu, pastikan set alat masak yang Anda beli berkualitas food grade sehingga aman untuk kesehatan.

Toples

toples bumbu dapur
Sumber: Ist

Anda mungkin sudah akrab dengan toples. Ya, wadah satu ini tidak hanya untuk menyimpan jajanan, tapi juga bisa digunakan untuk menaruh bumbu-bumbu dapur seperti gula, garam, hingga merica. Anda bisa membeli toples minimalis yang dijual di toko-toko perabotan. Atau jika Anda malas ribet ke toko, sekarang kamu bisa membelinya secara online di marketplace.

Kitchen Sink

kitchen sink anti karat
Sumber: Pennyu Indonesia

Ya! Kitchen sink adalah salah satu perlengkapan dapur yang harus ada pada dapur minimalis. Fungsi kitchen sink adalah tempat untuk mencuci peralatan dapur yang kotor setelah dipakai. Selain itu, Anda juga bisa membersihkan makanan yang hendak dimasak maupun dimakan.

Sebaiknya gunakan kitchen sink yang anti karat. Pennyu Kitchen Sink bisa menjadi pilihan Anda loh! Berbahan stainless steel 201 membuatnya anti karat dan dilengkapi oleh dengan peredam yang meminimalisir bunyi nyaring karena percikan air. Informasi lebih lanjut tentang Pennyu Kitchen Sink bisa dicek lebih lanjut di sini.

Keran Air Dapur

Cara Memasang dan Merawat Keran Air Wastafel

Pasangan kitchen sink di dapur yaitu keran air. Jangan sampai salah memilih keran air untuk kitchen sink kalau tidak mau saat mencuci peralatan dapur atau bahan makanan, baju Anda basah. Untuk menghindari baju basah karena cipratan air saat mencuci di kitchen sink, Anda bisa menggunakan keran air panjang leher angsa.

Pennyu Keran Air ABS cocok sebagai keran air kitchen sink. Mempunyai beberapa model yang bisa Anda sesuaikan dengan kitchen sink di dapur minimalis kesayangan. Kelebihan keran air ini yaitu penutup keran menggunakan karet seal jadi tidak mengeluarkan rasa karat, handle mudah diputar, dan anti rembes. Informasi lengkapnya bisa Anda cek di sini.

Itulah ide dan beberapa perlengkapan dapur minimalis yang bisa Anda tiru. Semoga bermanfaat ya! Jangan lupa cek artikel menarik lainnya di blog Pennyu Indonesia ya! Selain artikel, berbagai pilihan produk sanitasi dapat Anda dapatkan di Pennyu Indonesia loh. Yuk cek sekarang! Pennyu Pasti Beres

Dapatkan Produk Pennyu Sekarang Juga

Komentar Dinonaktifkan