contoh csr sesuai dengan bidang perusahaan

Sumber: Istimewa


4 menit

Apakah kalian masih bertanya-tanya seperti apa sih contoh CSR yang sesuai dengan bidang perusahaan dan apa manfaat menjalankan CSR? Sebelum membahasnya lebih lanjut mari kita samakan pandangan dengan menguraikan terlebih dahulu pengertian CSR.

Corporate Social Responsibility (CSR) adalah suatu program atau komitmen perusahaan untuk berkontribusi kepada lingkungan dan masyarakat sebagai bentuk tanggung jawab sosial.

Menjalankan CSR juga berguna untuk membangun ekonomi berkelanjutan. Ada beberapa undang-undang yang mengatur CSR di Indonesia, salah satunya UU No 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (PT). Bunyinya, CSR merupakan bentuk tanggung jawab sosial perusahaan terhadap lingkungan. Apabila perusahaan tersebut tidak melakukan CSR maka akan dikenakan sanksi sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

Nah untuk menghindari sanksi tersebut dan menjawab pertanyaan Anda yuk simak tujuan dan contoh CSR di bawah ini.

A. Tujuan CSR

contoh csr untuk perusahaan
Sumber: Istimewa

Sejatinya ada tiga tujuan perusahaan harus melakukan CSR. Perusahaan yang menjalankan program CSR berpedoman pada konsep Triple Bottom Line (TBL) yaitu profit, people, dan planet (3P).

Singkatnya tujuan CSR adalah agar perusahaan bisa melakukan dan meningkatkan tiga dimensi 3P. Berikut ini penjelasan tentang 3P di antaranya:

1. Profit

Perusahaan mendapatkan tanggung jawab untuk menciptakan dan menumbuhkan profit. Namun nantinya perusahaan juga ikut andil membagi keuntungan tersebut kepada masyarakat umum. Sebagai contoh perusahan mendapatkan keuntungan dari keberhasilan bisnis dan masyarakat sekitar bisa membuka usaha di sekitar perusahaan.

2. People

Perusahaan mempunyai tanggung jawab terhadap konsumen, karyawan, dan masyarakat sekitar untuk menumbuhkan dampak positif dan meminimalisir dampak negatif terjadi.

Contohnya perusahaan memberikan bantuan untuk peningkatan kualitas hidup baik di internalnya maupun eksternal.

Baca juga: Bantuan yang Diperlukan Korban Kekeringan Musim Kemarau

3. Planet

Ini mengacu pada dampak ekologis atau lingkungan. Perusahaan turut serta melestarikan lingkungan dengan tidak membuat kerusakan. Contohnya perusahaan bisa melakukan reboisasi.

B. Contoh Program CSR

contoh csr sosial seni dan budaya
Sumber: JICT CSR

1. Contoh CSR di Bidang Sosial dan Budaya

Biasanya CSR dalam bidang sosial dan budaya erat kaitannya dengan pelestarian nilai-nilai budaya dan adat istiadat. Berikut ini contoh CSR di bidang sosial dan budaya.

Kesenian dan Budaya

Perusahaan bisa ikut serta berpartisipasi memberikan sponsor kepada lembaga atau tokoh budaya melalui program CSR. Dengan mendukung seni dan budaya khususnya lokal, perusahaan berkontribusi dalam pertumbuhan komunitas seni dan melestarikan keberagaman budaya.

Anti Kekerasan

Program CSR di bidang sosial dan budaya selanjutnya adalah perusahaan bisa menjalankan kampanye anti kekerasan di lingkungan sekitar dengan bekerjasama atau menggandeng perangkat lingkungan setempat. Tujuan CSR ini yaitu untuk menciptakan lingkungan yang aman dan damai.

2. Contoh CSR di Bidang Pendidikan

Program CSR selanjutnya adalah perusahaan bisa memberi bantuan pendidikan untuk anak-anak dari keluarga kurang mampu. Dengan bantuan ini perusahaan memberikan kesempatan pada individu atau komunitas yang membutuhkan. Inilah contoh CSR di bidang pendidikan.

Beasiswa

Ada beberapa perusahaan yang sudah menggelontorkan dana untuk menjalankan program beasiswa. Bantuan beasiswa bisa langsung berupa uang tunai untuk biaya semesteran sekolah, buku atau membayar seragam.

Pembangunan Sarana Belajar

Contoh CSR lainnya di bidang pendidikan yaitu membantu pembangunan sekolah dan fasilitasnya. Perusahaan bisa mensurvei sebelum memberikan bantuan. Sebaiknya pilih sekolah yang benar-benar membutuhkan bantuan seperti belum mempunyai bangunan dan fasilitas memadai.

Dalam hal ini perusahaan bisa memberi bantuan dengan memberikan fasilitas tambahan berupa komputer, lapangan olahraga sampai memperbaiki gedung sekolah agar layak untuk tempat belajar.

3. Contoh CSR di Bidang Kesehatan

CSR atau bakti sosial perusahaan di bidang kesehatan biasanya untuk meningkatkan kualitas dan kesehatan hidup masyarakat. Perusahaan bisa memberi bantuan berupa alat kesehatan atau bisa menjalankan kampanye kesehatan untuk meningkatkan kesadaran tentang masalah kesehatan tertentu atau meningkatkan kepedulian masyarakat dengan menerapkan kehidupan sehat.

Ambulance Gratis

Bentuk perusahaan berkontribusi terhadap kesehatan masyarakat yang pertama dengan memberi bantuan ambulance gratis ke rumah sakit atau puskesmas yang membutuhkan. Fungsi ambulance untuk membantu berbagai kondisi gawat darurat.

Kampanye Kesehatan Mental

Ini adalah contoh CSR lainnya dalam bidang kesehatan. Perusahaan bisa menggandeng orang atau instansi yang ahli menangani masalah kesehatan mental. Misalnya psikiater, psikolog atau pemerintahan setempat yang mempunyai kapabilitas di bidang kesehatan mental untuk membuat workshop dan kampanye di media sosial.

4. Contoh CSR di Bidang Hak Asasi Manusia

Perusahaan bisa memiliki andil cukup besar dalam mendukung kemajuan hak asasi manusia (HAM). Berikut ini beberapa contoh CSR perusahaan di bidang HAM.

Kampanye Anti Diskriminasi

Melalui sebuah kampanye, perusahaan bisa meredam perilaku diskriminasi. Praktik yang bisa dilakukan oleh perusahaan untuk menjalankan kampanye anti diskriminasi melalui diversity training dan memastikan lingkungan kerja yang suportif dan bebas diskriminasi.

Baca juga: 5 Manfaat Mewujudkan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR)

Kesetaraan Hak Asasi Manusia

Salah satu contoh kesetaraan hak asasi manusia yaitu perusahaan memberikan peluang kepada individu disabilitas untuk bekerja di bidang tertentu sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

5. Contoh CSR di Bidang Kemanusiaan

CSR di bidang kemanusiaan biasanya disebut filantropi. Aktivitas filantropi merupakan kegiatan kemanusiaan untuk menolong orang-orang yang sedang mengalami kesusahan. Berikut ini adalah contoh CSR di bidang kemanusiaan.

Pelatihan UMKM

Perusahaan bisa menggelar pelatihan untuk para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Melalui pelatihan para pelaku UMKM bisa mendapatkan ilmu baru, jaringan bisa lebih luas sehingga berdampak positif pada produknya.

Donasi kepada Korban Bencana Alam

Pada saat terjadi bencana alam, masyarakat yang terdampak tentu butuh bantuan. Perusahaan bisa menjalankan CSR melalui penyaluran donasi. Contohnya ketika ada bencana alam kekeringan, perusahaan bisa berdonasi air bersih dan tangki air sebagai penampungan.

Dengan memberi tangki air kepada masyarakat yang terdampak bencana kekeringan, perusahaan telah mengupayakan dampak positif dan menguatkan serta memberdayakan kehidupan masyarakat.

Namun perlu Anda ketahui karena kebencanaan alam adalah situasi yang genting dan terkadang memiliki akses yang sedikit lebih susah tentunya diperlukan tangki air yang mudah untuk didistribusikan.

Oleh karena itu, disarankan menggunakan Tangki Air Pennyu Hidran Umum (HU). Sebab Tangki Air Pennyu HU memang dirancang khusus untuk penggunaan massal seperti kondisi tanggap darurat di daerah terdampak bencana atau kawasan yang mengalami kesulitan air bersih.

Keunggulan Tangki Air Pennyu HU adalah pada pendistribusian yang praktis dengan desain menyerupai bak yang dapat ditumpuk untuk menghemat tempat saat pengiriman. Selain itu air bisa mengalir 4 x lebih deras karena memiliki empat lubang outlet sehingga memudahkan penyaluran air bersih karena tidak mengantre di satu titik.

Tangki Air Pennyu SATU dan Pennyu BLAKE

tangki air anti lumut, contoh csr dengan tangki air pennyu
Sumber: Pennyu Indonesia

Namun tidak menutup kemungkinan pula memberi CSR tangki air yang biasa digunakan untuk menampung air bersih kebutuhan rumah tangga. Pilihlah Tangki Air Pennyu SATU dan Pennyu BLAKE. Pertimbangannya, Tangki Air Pennyu SATU dan Pennyu BLAKE adalah penampungan air bersih dengan lapisan extra light berrier layer, mencegah lumut tumbuh di dalam tangki. Selain itu Tangki Air Pennyu SATU dan Pennyu BLAKE bergaransi 21 tahun.

Salah satu instansi yang telah menggunakan Tangki Air Pennyu SATU untuk CSR yaitu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur. BPBD Jawa Timur memberi bantuan Tangki Air Pennyu SATU kepada masyarakat korban kekeringan.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai Tangki Air Pennyu HU, Tangki Air Pennyu SATU, dan Pennyu BLAKE bisa tanyakan langsung ke Info Service & Support Center Pennyu Indonesia 08170-736698.

Kawan Pennyu jangan lupa cek artikel menarik seputar sanitasi lainnya di blog Pennyu Indonesia dan apabila Anda mencari produk-produk sanitasi terpercaya konsultasikan ke kami. Pennyu Indonesia menyediakan produk sanitasi berkualitas dan terpercaya. Butuh produk sanitasi yang berkualitas? Dengan Pennyu Pasti Beres.

Dapatkan Produk Pennyu Sekarang Juga

Komentar Dinonaktifkan