Hands of a businessman holding green plants arranged as a word "CSR" / Business ethics / Moral behavior in business / Corporate social responsibility


4 menit

 

Menjalankan tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) berguna untuk membangun ekonomi berkelanjutan. Perusahaan tidak hanya fokus pada peningkatan bisnis semata, namun juga peduli untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan lingkungan sekitar.

Melansir Kompas.com, ada beberapa undang-undang yang mengatur CSR di Indonesia. Salah satunya adalah UU Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (PT). Dalam undang-undang tersebut disebutkan CSR merupakan bentuk tanggung jawab sosial perusahaan terhadap lingkungan.

Kemudian pada pasal 74 ayat 1 dan 3 dalam UU Nomor 40 Tahun 2007 menjelaskan PT yang menjalankan kegiatan usahanya di bidang dan/atau berkaitan dengan sumber daya alam wajib melaksanakan tanggung jawab sosial dan lingkungan. Apabila perusahaan tersebut tidak melakukan CSR maka akan dikenakan sanksi sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

Untuk menghindari sanksi tersebut, yuk pahami tanggung jawab sosial perusahaan dengan menyimak artikel ini!

A. Pengertian CSR

Pengertian csr adalah tanggung jawab perushaan, tanggung jawab sosial perusahaan
Sumber: Istimewa

CSR atau dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 disebut Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan adalah komitmen Perseroan untuk berperan serta dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat, baik bagi Perseroan sendiri, komunitas setempat, maupun masyarakat pada umumnya.

Baca juga: Bantuan yang Diperlukan Korban Kekringan Musim Kemarau

Sederhananya tanggung jawab sosial perusahaan merupakan suatu tindakan yang bersifat sukarela atau yang telah diatur oleh UU dengan menunjukkan sifat kepedulian sebuah perusahaan terhadap masyarakat dan lingkungan di sekitar.

B. Mengapa Perusahaan Melakukan CSR?

tanggung jawab sosial perusahaan
Sumber: Freepik

Ada tiga alasan yang melandasi perusahaan harus melakukan CSR. Dalam artikel Ecolify, perusahaan yang menjalankan program CSR berpedoman pada konsep Triple Bottom Line (TBL) atau lebih dikenal dengan istilah Profit, People, dan Planet (3P):

– Profit: Direksi dan komisaris perusahaan mendapat tanggung jawab dari pemegang saham untuk menghasilkan, mengumpulkan, dan menumbuhkan profit. Dengan kata lain ini merupakan tanggung jawab perusahaan.

– People: Tanggung jawab sosial perusahaan ke konsumen, karyawan, dan masyarakat perusahaan beroperasi. Keberadaan perusahaan selalu mengupayakan dampak positif dan meminimalisir dampak negatif.

– Planet: Tanggung jawab perusahaan untuk melestarikan lingkungan dan tidak melakukan perusakan seperti tidak mencemari lingkungan serta menggunakan sumber daya alam yang efisien untuk menjaga kehidupan generasi mendatang.

CSR pula bertujuan untuk menjaga nama baik perusahaan dan menciptakan hubungan baik dengan pemerintah serta masyarakat yang tinggal di sekitar lingkungan perusahaan.

C. Manfaat CSR

manfaat csr dan jenisnya
Sumber: tugu.com

Berdasarkan berbagai sumber, manfaat tanggung jawab sosial perusahaan atau CSR terbagi menjadi 4 yaitu bagi perusahaan, masyarakat, lingkungan hidup dan pemerintah.

1. Manfaat bagi Perusahaan

  • Meningkatkan citra baik perusahaan di masyarakat
  • Memperkuat personal branding perusahaan
  • Meningkatkan nilai perusahaan
  • Berpotensi menjalin kerja sama saling menguntungkan dengan berbagai pihak.

2. Manfaat bagi Masyarakat

  • Mampu menguatkan dan memberdayakan kehidupan masyarakat, baik secara ekonomi, kelembagaan sosial, dan memperkecil konflik sosial.
  • Meningkatkan kemandirian masyarakat untuk berusaha.
  • Turut membantu program pemerintah dalam pengentasan kemiskinan.
  • Membuka lapangan kerja untuk pengetahuan maupun keterampilan bagi masyarakat sekitar.

3. Manfaat bagi Lingkungan Hidup

  • Dapat membantu pelestarian lingkungan melalui kegiatan seperti menanam pohon, memperbaiki saluran air dan menyediakan air bersih.

4. Manfaat bagi Pemerintah

  • Mendukung program pemerintah
  • Membantu pemerintah dalam mengurangi masalah sosial
  • CSR ikut berperan dalam memajukan bangsa dan negara

D. Ide CSR Menggunakan Tangki Air

tanggung jawab sosial perusahaan memberi bantuan air korban bencana kekeringan
Sumber: Pennyu Indonesia

Tentunya untuk sebagian besar orang sudah tidak asing dengan tangki air. Yup! Tangki air adalah penampungan air bersih yang umum digunakan di kawasan perumahan. Dengan demikian tangki air berfungsi untuk menyimpan persediaan air bersih sehingga meminimalisir dampak kekeringan.

Baca juga: Kelompok Tani Boyolali Bisa Hemat Karena Biogas

Lalu apa hubungannya dengan CSR? Tentu saja bisa menjalankan tanggung jawab sosial perusahaan menggunakan tangki air. Bantuan tangki air pada kawasan rawan kebencanaan sangat diperlukan untuk menampung dan memastikan ketersediaan air bersih guna meminimalisir dampak kekeringan.

Dengan memberi tangki air kepada masyarakat yang terdampak bencana kekeringan, perusahaan telah mengupayakan dampak positif dan menguatkan serta memberdayakan kehidupan masyarakat.

Namun perlu Anda ketahui karena kebencanaan alam adalah situasi yang genting dan terkadang memiliki akses yang sedikit lebih susah tentunya diperlukan tangki air yang mudah untuk didistribusikan.

Oleh karena itu, disarankan menggunakan Tangki Air Pennyu Hidran Umum (HU). Sebab Tangki Air Pennyu HU memang dirancang khusus untuk penggunaan massal seperti kondisi tanggap darurat di daerah terdampak bencana atau kawasan yang mengalami kesulitan air bersih.

Keunggulan Tangki Air Pennyu HU adalah pada pendistribusian yang praktis dengan desain menyerupai bak yang dapat ditumpuk untuk menghemat tempat saat pengiriman. Selain itu air bisa mengalir 4 x lebih deras karena memiliki empat lubang outlet sehingga memudahkan penyaluran air bersih karena tidak mengantre di satu titik.

Tangki Air Pennyu SATU dan Pennyu BLAKE

tangki air, plastik pe, toren air, gambar toren, air berkualitasNamun tidak menutup kemungkinan pula memberi CSR tangki air yang biasa digunakan untuk menampung air bersih kebutuhan rumah tangga. Pilihlah Tangki Air Pennyu SATU dan Pennyu BLAKE. Pertimbangannya, Tangki Air Pennyu SATU dan Pennyu BLAKE adalah penampungan air bersih dengan lapisan extra light berrier layer, mencegah lumut tumbuh di dalam tangki. Selain itu Tangki Air Pennyu SATU dan Pennyu BLAKE bergaransi 21 tahun.

Salah satu instansi yang telah menggunakan Tangki Air Pennyu SATU untuk CSR yaitu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur. BPBD Jawa Timur memberi bantuan Tangki Air Pennyu SATU kepada masyarakat korban kekeringan.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai Tangki Air Pennyu HU, Tangki Air Pennyu SATU, dan Pennyu BLAKE bisa tanyakan langsung ke Info Service & Support Center Pennyu Indonesia 08170-736698.

Kawan Pennyu jangan lupa cek artikel menarik seputar sanitasi lainnya di blog Pennyu Indonesia dan apabila Anda mencari produk-produk sanitasi terpercaya konsultasikan ke kami. Pennyu Indonesia menyediakan produk sanitasi berkualitas dan terpecaya. Butuh produk sanitasi yang berkualitas? Dengan Pennyu Pasti Beres.

Dapatkan Produk Pennyu Sekarang Juga

Komentar Dinonaktifkan