5 Tips Jitu Tidak Boros Listrik saat Mencuci Pakaian

2 menit

Tagihan listrik bisa membengkak jika tidak dimanajemen secara benar. Contohnya ketika terlalu sering menggunakan mesin cuci yang membutuhkan energi listrik cukup besar.

Mencuci pakaian adalah kegiatan rumah tangga yang rutin dilakukan. Biasanya orang-orang mencuci pakaian setiap dua atau tiga kali dalam seminggu.

Ketika mencuci pakaian dengan mesin cuci, pompa air seringkali menyala dan pembayaran tagihan listrik jadi membengkak.

Hal itu tentu tidak bagus untuk perencanaan keuangan Anda. Lalu bagaimana solusinya? Apakah harus mengurangi intensitas mencuci? Tapi, jika begitu caranya nanti pakaian kotor malah menumpuk.

Baca juga: Ciptakan Hidup yang Sehat dengan Cuci Tangan yang Benar

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar tidak boros atau menghemat listrik saat mencuci pakaian.

1. Atur Durasi Putaran Mesin Cuci

Mengatur durasi putaran dapat mempersingkat waktu Anda menyalakan mesin cuci. Alhasil, mesin cuci tidak akan menggunakan banyak listrik.

Namun sebelum melakukan cara ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti tingkat kekotoran baju yang dicuci, seberapa banyak jumlahnya, dan jenis-jenis pakaiannya.

Bila pakaian yang akan Anda cuci tidak terlalu kotor, jumlahnya tidak banyak, dan jenis pakaiannya mudah untuk dicuci, maka cukup memutar mesin cuci sekitar 5-10 menit saja untuk membilas.

2. Mengeringkan Pakaian secara Alami

Umunya setiap mesin cuci dirangkai dengan pengering. Apa Anda sadar jika penggunaan pengering mesin cuci juga menghabiskan energi listrik yang banyak?

Jadi untuk mengirit penggunaan listrik saat mencuci pakaian, hindari menggunakan mesin pengering. Usahakan mengeringkan pakaian secara alami dengan memerasnya.

Baca juga: Bersihkan Kerak Kamar Mandi Pakai 5 Bahan Sederhana ini

Selanjutnya agar pakaian cepat kering, Anda dapat menjemur pakaian di luar ruangan dengan memanfaatkan angin dan sinar matahari.

Subscribe

Subscribe untuk update artikel dan info promo menarik dari Pennyu

     

    3. Mengatur Temperatur Mesin Cuci

    Beberapa mesin cuci telah dibekali pengaturan suhu pada saat mencuci dan pengeringan. Supaya tidak terlalu boros listrik saat mencuci pakaian, Anda bisa mengatur temperatur mesin cuci sesuai jumlah pakaian yang hendak dicuci.

    Selain menghemat pemakaian listrik, cara ini juga berguna untuk menjaga serat kain tidak mudah rusak.

    4. Membilas Manual

    Biasanya ketika mencuci pakaian kotor kita mengulangi putaran dan mengganti air sampai tiga kali. Hal ini tentu akan memerlukan listrik yang cukup banyak untuk menyalakan mesin cuci dan pompa air.

    Untuk mengurangi penggunaan listrik, Anda bisa membilas pakaian secara manual di mesin cuci.

    Baca juga: 6 Tips Memilih Kran Air Wastafel Dapur, Anti Muncrat

    Misalnya putaran ke satu dan dua menggunakan mesin cuci, lalu putaran ketiga bilas secara manual.

    5. Menggunakan Tangki Air

    Saat mencuci pakaian, Anda pasti membutuhkan air yang tidak sedikit. Dengan demikian pompa air akan sering menyala untuk menyedot air. Dampaknya tagihan listrik akan membengkak. Untuk mengatasinya, Anda bisa memasang tangki atau tandon air di rumah.

    Menggunakan tangki air dapat mencegah Anda terlalu sering menyalakan pompa air sehingga tidak boros listrik.

    Gunakan tangki air berspesifikasi anti lumut atau bebas Lumut, agar air di rumah Anda terjaga.

    Tangki Air Pennyu bisa jadi pilihan penampung air di rumah Anda, sebab Dijamin Bebas Lumut, Garansi Pabrik, dan banyak pilihan warna.

    Info lebih lanjut tentang produk Tangki Air Pennyu, Anda dapat simak selengkapnya di sini.

    Dapatkan Produk Pennyu Sekarang Juga

    Komentar Dinonaktifkan