Inilah 5 Penyebab Kamar Mandi Bau yang Jarang Disadari

2 menit

Kamar mandi modern ataupun model lama tetap harus dijaga kebersihannya. Merawat kamar mandi perlu dilakukan secara rutin untuk menghidari kesan jorok, kotor, muncul bau tidak sedap, dan bakteri mudah berkembang biak.

Kamar mandi adalah salah satu ruangan penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh. Munculnya bau tidak sedap di kamar mandi, tentu akan mengganggu kenyamanan ketika digunakan.

Sebenarnya, penyebab bau tidak sedap di kamar mandi bukan dari faktor kebersihan saja loh. Supaya terhindar bau tidak sedap di kamar mandi, Anda bisa mencegah dengan mengetahui penyebabnya.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut penyebab-penyebab kamar mandi bau yang jarang disadari.

1. Kotoran yang Menyumbat Saluran Pembuangan

Selain menghalau air kotor mengalir, penyumbatan limbah di saluran pembuangan air kamar mandi akan menimbulkan bau tidak sedap.

Jika kamar mandi Anda mengeluarkan bau, coba cek saluran pembuangan air di kamar mandi, lancar ataukah tersumbat.

Baca juga: Saluran Kamar Mandi Mampet? Ketahui 3 Penyebabnya

Penyumbatan di saluran pembuangan kamar mandi salah satunya ditenggarai oleh rambut rontok. Selain menghalau air kotor untuk mengalir, bila Anda terus membiarkannya, penyumbatan tersebut akan mengeluarkan bau yang tidak sedap.

2. Ventilasi Udara yang Buruk

Keberadaan ventilasi udara di sebuah ruangan sangat penting loh! Karena ventilasi udara berfungsi untuk menjaga sirkulasi udara tetap terjaga.

Oleh karena itu, kamar mandi pun memerlukan ventilasi udara. Faktor ventilasi buruk berpotensi membuat kamar mandi menjadi bau.

Ventilasi yang buruk di kamar mandi pun menyebabkan ruangan menjadi lembap. Untuk menghindari semua dampak negatif tadi, buatlah ventilasi dengan ukuran yang tidak terlalu kecil.

Subscribe

Subscribe untuk update artikel dan info promo menarik dari Pennyu

     

    3. Sampah Menumpuk di Kamar Mandi

    Beberapa orang memilih menaruh tempat sampah di kamar mandi atau toilet dengan tujuan menghindari membuang sampah sembarangan.

    Tapi hal ini bisa jadi senjata makan tuan, jika tidak diperhatikan. Membiarkan sampah menumpuk dapat menyebabkan bau tidak sedap merebak di kamar mandi.

    Baca juga: Cara Mudah Mengatasi Drainase Kamar Mandi Mampet

    Sebaiknya buang sampah yang berada di dalam kamar mandi setiap hari. Selain itu bersihkan tempat sampah secara rutin dengan air panas dan cairan pembersih.

    4. Handuk yang Menumpuk

    Jangan menggantung handuk basah hingga menumpuk di kamar mandi karena menyebabkan bau loh!

    Handuk basah jika tidak dijemur akan lembap dan mengeluarkan bau tidak sedap. Selain itu, handuk lembap rawan digunakan bakteri untuk berkembang biak.

    Hindari menumpuk handuk di kamar mandi, lebih baik setelah digunakan langsung jemur handuk di tempat terbuka. Anda juga sebaiknya mengganti handuk dua minggu sekali untuk menjaga kebersihannya.

    Disarankan mengganti dan membersihkan handuk secara rutin. Setidaknya ganti handuk 5 hari sekali.

    5. Tidak Menyiram Kotoran dengan Benar

    Selain untuk mandi, umumnya manusia menggunakan kamar mandi untuk buang air kecil dan besar.

    Kedua limbah domestik tersebut mempunyai bau yang tidak sedap. Jika seseorang tidak benar menyiramnya limbah akan meninggalkan bau tidak sedap.

    Baca juga: Bersihkan Kerak Kamar Mandi Pakai 5 Bahan Sederhana ini

    Untuk menghindari hal itu terjadi, pastikan Anda menyiram air ke kamar mandi ataupun kloset hingga benar-benar bersih. Selain itu Anda juga bisa melakukan perawatan rutin agar kamar mandi tetap bersih dan sehat.

    Selain itu bau tidak sedap muncul dari kloset juga bisa disebabkan oleh septic tank penuh dengan limbah. Untuk menghindari septic tank mudah penuh, gunakan Pennyu Bio Septic Tank. Anda bisa mengetahui informasi lebih detail tentang Pennyu Bio Septic Tank di sini “Keunggulan Pennyu Bio Septic Tank, Anti Sedot”.

    Itulah lima penyebab kamar mandi bau yang jarang disadari. Penyebab bau tidak tersebut bisa terjadi di kamar mandi modern maupun model lama ya. Jika kamar mandi di rumah Anda bau bisa saja disebabkan oleh lima faktor tadi.

    Dapatkan Produk Pennyu Sekarang Juga

    Komentar Dinonaktifkan