Bersihkan Kerak Kamar Mandi Pakai 5 Bahan Sederhana ini

2 menit

Kebersihan kamar mandi adalah hal yang harus dijaga. Kuman dan bakteri berpotensi muncul jika Anda membiarkan kamar mandi kotor. Kamar mandi kotor bisa ditandai dengan tumbuhnya kerak pada lantai dan dinding yang membuat kusam serta menjijikan.

Karena itu, sudah sewajarnya jika Anda ingin membersihkan kerak di lantai atau dinding kamar mandi.

Baca juga: Rahasia Membuat Septic Tank di Tanah Berair, Dijamin Aman

Berdasarkan beberapa sumber, inilah bahan sederhana untuk membersihkan kerak kamar mandi.

1. Cuka

Bukan hanya untuk penyedap makanan, ternyata cuka putih bisa digunakan untuk menghilangkan kerak pada kamar mandi.

Caranya, Anda siapkan setengah gelas cuka putih dan setengah gelas air mineral. Lalu campurkan keduanya dan aduk sampai merata.

Selanjutnya pindahkan kedua cairan yang sudah menyatu ke dalam botol spray. Kemudian semprotkan cairan tersebut pada bagian kamar mandi yang berkerak.

Setelah itu tunggu sampai beberapa menit dan sikat hingga bersih. Jika kerak masih membandel, semprotkan cuka yang bercampur air dan gosok kembali. Terakhir yaitu bila kerak sudah terangkat, bilas menggunakan air bersih.

2. Sitrun

Sudah bukan rahasia jika sitrun adalah zat pembersih. Bukan hanya itu, Sitrun dapat digunakan untuk menghilangkan kerak pada kamar mandi.

Sitrun atau asam sitrat bisa Anda dapatkan dalam kandungan lemon atau jeruk nipis. Namun jika tidak ingin repot, Anda bisa membeli sitrun dalam bentuk sachet di marketplace.

Untuk menggunakannya, cukup siapkan 1-2 sendok makan sitrun dan campurkan pada satu liter air.

Baca juga: Rahasia Memasang Kran Air agar Tidak Miring

Kemudian pindahkan campuran tersebut ke dalam botol spray. Semprotkan sitrun yang sudah tercampur air ke bagian kamar mandi yang berkerak dan gosok menggunakan sikat.

Subscribe

Subscribe untuk update artikel dan info promo menarik dari Pennyu

     

    3. Baking Soda

    Kandungan natrium pada baking soda dapat dipakai untuk menghilangkan noda kerak di kamar mandi. Cara menggunakannya pun cukup mudah.

    Anda hanya perlu menabur baking soda ke bagian kamar mandi yang berkerak dan diamkan beberapa menit.

    Ketika baking soda terlihat sudah bekerja, gosok menggunakan sikat. Setelah kerak terangkat, bilas menggunakan air mengalir hingga benar-benar bersih.

    4. Siram Air Panas

    Cobalah menyiramkan air panas pada permukaan kamar mandi yang berkerak. Air panas berguna untuk membuka pori-pori keramik kamar mandi.

    Jika sudah menyiram kerak dengan air panas, gosok menggunakan sikat. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, Anda bisa menambah cairan pemebersih kerak dan menggosoknya menggunakan sikat.

    5. Kaporit

    Gunakan kaporit untuk membersihkan kerak. Terlebih dahulu Anda harus menyiram bagian berkerak dengan air panas, lalu taburkan bubuk kaporit.

    Baca juga: Antisipasi Dampak Kekeringan dengan Memanen Air Hujan, Begini Caranya

    Gosok menggunakan sikat hingga kerak terangkat, setelah bersih bilas menggunakan air.

    Yuk rawat kamar mandimu agar bersih tidak ada kerak menempel.

    Dapatkan Produk Pennyu Sekarang Juga

    Komentar Dinonaktifkan