Kran air bocor

Sumber: Freepik


3 menit

Apakah Anda bingung bagaimana cara membuka kran air wastafel yang rusak dengan mudah? Sebenarnya membuka kran air wastafel rusak tidaklah sulit kok.

Namun jangan meremehkan hal ini karena jika Anda salah membuka atau melepasnya potensi drat kran air patah akan terjadi. Oleh karena itu Anda wajib mengetahui cara melepas kran air wastafel rusak dengan benar. Yuk kita simak penjelasannya di bawah ini!

Cara Membuka Kran Air Wastafel Rusak di Rumah

1. Matikan sumber aliran air

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum melepas kran air rusak adalah mematikan sumber aliran air. Ini bertujuan untuk mempermudah perbaikan keran air dan mencegah air terbuang sia-sia.

Apabila instalasi perpipaan rumah Anda dipasang ball valve, putar tuasnya untuk menutup aliran air.

Baca juga: Cara Menutup Kran Air Bocor Gampang Banget!

2. Persiapkan alat dan kran air wastafel baru

Anda mungkin membutuhkan alat seperti kunci pas atau tang pegas untuk memudahkan proses melepas kran air wastafel yang rusak. Selain itu, siapkan seal tape untuk memastikan keran merekat sempurna tanpa rembes.

Jangan lupa, sediakan keran air wastafel baru. Anda bisa menggunakan Pennyu Kran Air ABS yang berkualitas dan anti rembes.

3. Membuka kran air yang rusak

Setelah menutup aliran air dan mempersiapkan alat serta keran air wastafel baru, langkah selanjutnya adalah membuka keran air yang rusak.

Caranya, Anda cukup memutar bagian bodi keran yang terhubung dengan dinding atau tembok berlawanan arah dari jarum jam hingga terlepas. Manfaatkan kunci pas untuk memudahkan Anda membuka keran air yang rusak.

Namun apabila kran air terpasang dengan baut, sebelum membuka mur baut keran air, lepaskan terlebih dahulu selang flexible yang terhubung ke bodi kran.

4. Membersihkan dudukan kran air

Jika sudah berhasil terlepas, biasanya keran air yang sudah terpasang cukup lama ada banyak kotoran yang menumpuk pada dudukan kran air. Bersihkan kotoran tersebut agar nanti air yang mengalir dari keran air baru tetap bersih.

5. Memasang kran air baru

Sebaiknya sebelum memasang kran air, untuk mencegah sambungan rembes lilitkan seal tape pada drat. Anda bisa membaca artikel ini untuk mengetahui fungsi seal tape “Ternyata Penting Loh Fungsi Seal Tape di Drat, Ini Penjelasannya”

Sedangkan untuk kran air wastafel jenis meja proses pemasangannya yakni dengan memasukkan bodi keran ke lubang drat lalu pasang mur dari bawah dan kencangkan secukupnya.

Supaya memudahkan pemasangan, Anda bisa mengikuti panduan atau petunjuk yang ada di dalam kemasan. Kemudian hubungkan selang flexible ke bodi keran dan kencangkan secukupnya.

6. Nyalakan kembali sumber aliran air

Apabila kran air wastafel baru sudah terpasang, hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah memastikannya tidak bocor atau rembes. Pertama, nyalakan kembali sumber aliran air. Amati kerja kran air, apabila tidak ada rembesan di sambungan dan air mengalir lancar berarti sudah siap digunakan.

Baca juga: Inilah 4 Bahan Sederhana untuk Membersihkan Keran Air Berkarat

Namun jika ada rembes pada sambungan, Anda bisa melepasnya kembali untuk menambahkan lilitan seal tape.

7. Merawat Kran Air Wastafel

Setelah Anda berhasil memasang kran air wastafel dengan benar, lakukan perawatan agar bisa bekerja optimal dan awet.

8. Rutin membersihkan kran air

Sebaiknya buat jadwal rutin membersihkan kran air wastafel untuk mencegah penyebaran bakteri dari kotoran. Gunakan lap lembut dan air sabun untuk membersihkan kran air.

9. Hindari pemakaian kasar

Jangan memaksakan atau memutar handle kran air terlalu kuat karena bisa menyebabkan dol. Gunakan sedikit tekanan saja saat membuka handle kran air.

10. Melindungi kran air dari kerak

Jika daerah Anda memiliki air yang tinggi kandungan mineralnya, mungkin kerak akan terbentuk pada keran. Gunakan cuka putih untuk menghilangkan kerak tersebut.

Rendam kain dengan cuka putih dan bungkus pada bagian yang terkena kerak, biarkan selama beberapa waktu, lalu gosok dengan lembut dan bilas dengan air bersih.

Begitulah cara membuka kran air wastafel yang rusak dan menggantinya dengan yang baru. Selain itu, ikuti 3 tips perawatannya agar keran air wastafel di rumah kamu bekerja optimal dan awet. Selamat mencoba!

Kawan Pennyu jangan lupa cek artikel menarik seputar sanitasi lainnya di blog Pennyu Indonesia. Apabila Anda mencari produk-produk sanitasi terpercaya, konsultasikan ke kami. Pennyu Indonesia menyediakan produk sanitasi berkualitas dan terpercaya. Butuh produk sanitasi yang berkualitas? Dengan Pennyu Pasti Beres.

Dapatkan Produk Pennyu Sekarang Juga

Komentar Dinonaktifkan