seal tape pipa

Sumber: Ist


2 menit

Fungsi Penting Seal Tape pada Drat

Umumnya melilitkan seal tape pada bagian ulir dilakukan sebelum Anda memasang produk keran air atau per-plumbingan. Jika Anda menganggap fungsi seal tape pada drat itu tidak penting, mulai sekarang saatnya ubah pemikiran itu. Berikut ini adalah alasan mengapa Anda harus memakai seal tape pada drat atau bagian ulir.

Mengapa Harus Pakai Seal Tape?

Seal tape yang dipasang pada drat pipa maupun keran air berfungsi mencegah kebocoran atau air rembes. Intinya seal tape membuat drat luar dan drat dalam rapat sehingga tidak ada celah kosong untuk dilewati air.

Baca juga: Mitos Apa Fakta Semakin Tebal Lapisan Tangki Air Lebih Bagus?

Ulir-ulir ini memang dilihat secara kasat mata sudah rapat. Tapi apabila Anda tidak memasang seal tape, air akan mudah mengalir melalui celah-celah antara drat luar dan drat dalam.

Cara Pemasangan Seal Tape

Setelah mengetahui fungsi seal tape, sekarang kita cari tahu pemasangan seal tape. Pemasangan seal tape sebenarnya tidaklah susah kok. Anda hanya tinggal memutarnya pada bagian ulir drat luar secara merata dan sesuaikan ketebalannya. Di bawah ini ada beberapa contoh cara pemasangan seal tape di sock drat luar tangki air dan keran air.

Pemasangan Seal Tape pada Sock Drat Luar (SDL)

1. Siapkan sock drat luar (SDL) dan seal tape
2. Balutkan seal tape ke arah kiri atau berlawanan dengan arah ulir pada bagian drat secara merata
3. Kemudian pasang SDL. Caranya ulir ke arah kanan pada lubang outlet Tangki Air Pennyu
4. Pastikan SDL terpasang kencang dan benar

Pemasangan Seal Tape pada Keran Air

1. Siapkan keran air dan seal tape
2. Pemasangan seal tape sebaiknya Anda lakukan setelah mengukur jarak tembok dan kran air. lepas kran air dan lilit drat kran dengan seal tape sebanyak empat sampai lima putaran atau sesuaikan dengan kondisi drat.
3. Kemudian saat Anda melilitkan seal tape pada drat kran air, usahakan ujung drat dibalut lebih tipis dibandingkan bagian pangkalnya.

Baca juga: Ide Desain Dapur Minimalis Primadona Ibu-ibu

4. Hal ini mencegah drat kran air sulit dipasang atau masuk ke drat dalam. Setelah semua bagian drat kran air terbalut seal tape pasang kran ke drat dalam.

Kawan Pennyu jangan lupa cek artikel menarik seputar sanitasi lainnya di blog Pennyu Indonesia dan apabila Anda mencari produk-produk sanitasi terpercaya konsultasikan ke kami. Pennyu Indonesia menyediakan produk sanitasi berkualitas dan terpecaya. Butuh produk sanitasi yang berkualitas? Dengan Pennyu Pasti Beres.

Dapatkan Produk Pennyu Sekarang Juga

Komentar Dinonaktifkan