instalasi pipa bio septic tank

Sumber: Istimewa


3 menit

Supaya Pennyu Bio Septic Tank bekerja dengan maksimal mengurai limbah toilet, saat pemasangan Anda harus membuat instalasi saluran pipa bio septic tank dengan benar dan baik. Sebab, apabila asal-asalan bisa mengakibatkan saluran perpipaan menuju Pennyu Bio Septic Tank mampet.

Saat membuat saluran perpipaan bio septic tank, usahakan jangan terlalu banyak belokkan atau lekukkan. Karena limbah dari kloset menuju ke tangki septik dapat terhambat dan besar kemungkinan menyebabkan mampet. Sebaiknya, pahami dulu bagaimana desain dan pemasangan bio septic tank dengan benar sebelum benar-benar melakukan pemasangan.

Rancang dan buatlah saluran perpipaan Pennyu Bio Septic Tank yang dominan lurus atau tidak terlalu banyak belokkan. Karena itu tempatkan Pennyu Bio Septic Tank berdekatan dengan toilet agar saluran perpipaan tidak terlalu panjang untuk meminimalisir banyak kelokkan.

Baca juga: Begini Tips Mencegah Air Sungai Tercemar Tinja

Supaya instalasi perpipaan tersebut berfungsi dengan benar, anda harus mengetahui syarat apa saja yang harus dipenuhi saat merancang perpipaan kloset menuju bio septic tank, yuk simak penjelasan di bawah ini!

Syarat Pipa Penyaluran Air Limbah Rumah Tangga Pennyu Bio Septic Tank

  1. Diameter minimum pipa pvc untuk inlet 6 inch
  2. Diameter minimum pipa pvc untuk outlet 4 inch
  3. Sambungan pipa pada inlet dan outlet tangki septik harus kedap air
  4. Kemiringan minimum ditetapkan 2 persen
  5. Belokan pipa 90 derajat dilaksanakan dengan membuat dua kali belokan masing
  6. Masing 45 derajat menggunakan bak kontrol

Cara Pemasangan Pennyu Bio Septic Tank

Pennyu, bio septic tank, pengurai limbah
Sumber: Pennyu Indonesia

1. Menentukan tempat peletakan pennyu bio septic tank

Langkah pertama yang perlu dilakukan yaitu memastikan apakah Anda ingin meletakkan Pennyu Bio Septic Tank di dalam atau luar ruangan.

Sebaiknya letakkan Pennyu Bio Septic Tank berdekatan dengan toilet karena akan lebih menguntungkan untuk meminimalisir terjadinya sumbatan dari saluran kloset menuju tangki septik.

2. Membuat lubang galian

Fungsi lubang galian ini yaitu tempat untuk memendam Pennyu bio septic tank. Idealnya buatlah lubang dengan diameter 110 cm untuk Pennyu Bio Septic Tank PB06 dan diameter 150 cm untuk Pennyu Bio Septic Tank PB12.

Kemudian tinggi lubang galian PB06 sekitar 115 cm dan untuk PB12 berkisar 127 cm. Ukuran tersebut dimulai dari dasar lubang sampai leher tangki septik.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membuat lubang galian. Pertama, pastikan pipa inlet dirancang mempunyai kemiringan 2 persen dari panjang saluran. Lalu perhitungkan juga jarak outlet dengan selokan atau tempat pembuangan efluen.

Baca juga: Ternyata Ini Alasan Pennyu Bio Septic Tank Berukuran Kecil

Kedua, memperhitungkan lebar galian untuk ruang kontrol dan akses lubang inspeksi. Jangan kubur manhole atau tutup Pennyu Bio Septic Tank untuk proses pemantauan.

Ketiga, membuat saluran pembuangan atau outlet. Jika selokan terlalu jauh, anda bisa membuat sumur resapan untuk pembuangan limbah cair hasil pengolahan Pennyu Bio Septic Tank.

3. Buat pondasi plester semen

Buatlah pondasi dari plester semen supaya lubang galian tetap stabil dan posisi Pennyu Bio Septic Tank tidak berubah-ubah. Pastikan tidak ada tonjolan atau benda tajam pada pondasi tersebut.

4. Melapisi lubang galian dengan batu-bata

Jika tinggal di daerah yang mempunyai tanah tidak stabil atau air tanah tinggi, lapisi dinding lubang galian dengan batu-bata. Atau, anda bisa menggunakan buis beton berdiameter 1 meter sebagai pelapis pengganti batu-bata.

Namun apabila anda tinggal di daerah dengan tanah stabil dan air tanah tidak tinggi, tidak perlu melapisi buis beton maupun batu-bata.

5. Pelatakkan Pennyu Bio Septic Tank

Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan saat meletakkan Pennyu Bio Septic Tank. Yaitu, memastikan kembali saluran buang dari toilet dan saluran buang menuju selokan sudah tersambung sempurna dengan Pennyu Bio Septic Tank.

Periksa kembali landasan plester semen bersih dari benda asing seperti batu dan benda yang berpotensi menyebabkan kebocoran tangki septik. Selanjutnya masukkan perlahan Pennyu Bio Septic Tank ke dalam lubang galian. Perhatikan tangki septik berada di posisi yang tepat.

Lubang inlet tangki septik menghadap ke saluran buang dari kloset sedangkan lubang outlet sejajar dengan saluran menuju pembuangan kloset atau sumur resapan. Pasang masing-masing sambungan dan rekatkan dengan lem agar tidak terjadi kebocoran.

Baca juga: Pentingnya Sedot Septitank untuk Kebersihan dan Kesehatan Lingkungan

Setelah instalasi tersambung, anda bisa menimbun lubang galian dengan perlahan mulai dari sisi dengan tanah. Lakukan juga pengisian air secara bersamaan ke dalam tangki septik agar tekanan di luar dan di dalam tetap sama.

Kembali memastikan jangan sampai mengubur bagian manhole atau lubang inspeksi agar dapat membuka tutupnya untuk proses pengecekan. Lalu sambung saluran ventilasi dengan pipa menuju area terbuka.

6. Sebelum pemakaian Pennyu Bio Septic Tank

Ada beberapa poin yang harus anda lakukan sebelum menggunakan Pennyu Bio Septic Tank yaitu memastikan kemasan plastik pembungkus tablet klorin pada tabung disinfektan sudah dibuka. Kemudian memasukkan bakteri pengurai seperti B-MAX ke dalam kloset saat Pennyu Bio Septic Tank digunakan. Fungsi bakteri pengurai yaitu untuk mengurai limbah toilet di dalam Pennyu Bio Septic Tank.

Itulah fungsi meminimalisir jumlah lekukan pada instalasi pipa dan cara pemasangan Pennyu Bio Septic Tank. Jika tertarik dengan Pennyu Bio Septic Tank tapi ingin berkonsultasi terlebih dahulu hubungi customer care Pennyu Indonesia 08170736698.

Kawan Pennyu jangan lupa cek artikel menarik seputar sanitasi lainnya di blog Pennyu Indonesia dan apabila anda mencari produk-produk sanitasi terpercaya konsultasikan ke kami. Pennyu indonesia menyediakan produk sanitasi berkualitas dan terpecaya. Butuh produk sanitasi yang berkualitas? Dengan Pennyu Pasti Beres

Komentar Dinonaktifkan