bakteri e coli, colifrom, penyebab pencemaran air bersih

Sumber: Shutterstock


3 menit

Penyebab pencemaran air bersih oleh bakteri coliform harus diwaspadai. Yuk kupas tuntas bakteri satu ini dan ketahui bagaimana cara melindungi air bersih dari bakteri ini.

Dalam jurnal penelitian, bakteri adalah sel prokariotik yang khas, uniseluler dan rata-rata berukuran lebar 0,5 -1,0 m serta panjang hingga 10 m. Bakteri memiliki peranan penting untuk lingkungan yaitu sebagai pengurai di daratan maupun perairan.

Tetapi juga mampu menimbulkan efek negatif menimbulkan penyakit bagi manusia, hewan, dan tumbuhan. Bakteri yang merugikan untuk makhluk hidup terutama manusia bersifat patogen sangat berpotensi mengganggu kesehatan bahkan dalam keadaan akut bisa menyebabkan kematian.

Pasti anda pernah mendengar seseorang sakit karena mengkonsumsi air yang tercemar. Tapi tahukah anda salah satu bakteri yang sering ditemukan mencemari air bersih adalah coliform. Bakteri ini adalah salah satu indikator untuk menilai kualitas air besih dan sebagai syarat air bersih menurut Kementerian Kesehatan RI.

Bakteri Coliform Adalah

penyebab pencemaran air
Sumber: Istimewa

Menurut Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunung Kidul, menjelaskan bakteri coliform adalah bakteri gram negatif berbentuk batang bersifat anaerob atau fakultatif anaerob, tidak membentuk spora, dan memfermentasi laktosa untuk menghasilkan asam dan gas pada suhu 35-37 derajat celcius.

Baca juga: Inilah Penyebab, Dampak, hingga Solusi Pencemaran Air

Penggolongan bakteri coliform dan sifat-sifatnya, dibagi menjadi dua yaitu coliform fekal diantaranya bakteri escherichia coli berasal dari tinja manusia. Escherichia coli ini dapat dijumpai pada air, makanan, tanah yang terkontaminasi oleh tinja. Coliform non fekal diantaranya aerobacter dan klebsiella berasal dari hewan atau tanaman yang telah mati.

Bahaya Air Tercemar Bakteri Coliform

diare, konsumsi air tercemar
Sumber: freepik

Anda harus ekstra hati-hati agar tidak mengkonsumsi air yang tercemar bakteri coliform. Air yang mengandung bakteri patogen tersebut berbahaya bagi kesehatan manusia. Dalam buku Kesehatan Lingkungan dituliskan air yang tercemar bakteri atau bahaya biologis bisa menempel saat proses mencuci makanan.

Baca juga: Pengolahan Air Bersih dapat Dilakukan dengan Cara Ini

Dampak dari mengkonsumsi air maupun makanan yang tercemar oleh bakteri coliform berkadar tinggi adalah sakit pencernaan seperti diare.

Melindungi Air Bersih dari Bakteri Coliform

apa itu septic tank, ramah lingkungan, septic tank konvensional, gambar septic tank, sanitasi air bersih
Sumber: Pennyu

Penyebab pencemaran air bersih oleh bakteri coliform berasal dari tinja atau bangkai hewan maupun tumbuhan yang bercampur dengan air. Oleh karena itu agar kualitas air bersih tetap terjaga, sebaiknya anda melindunginya dari hal-hal yang berpotensi dapat mencemari.

Seperti jika anda memanfaatkan air bersih dari sungai, sudah seharusnya rawat dan perhatikan kebersihannya. Hindari membuang sampah sembarangan ke sungai tersebut. Apalagi jangan pernah buang air kecil maupun besar di kawasan sungai itu.

Baca juga: Inilah 5 Dampak Buruk Krisis Air Bersih Terhadap Kehidupan

Kemudian jika saat ini anda memanfaatkan air bersih dari sumur galian, pastikan membangun saluran pengolahan limbah toilet dengan benar dan baik sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI). Misalnya buatlah septic tank tempat pengolahan limbah toilet berjarak minimal 10 meter dari sumur. Lalu buat sumur resapan untuk menyaring dan memastikan cairan hasil olahan septic tank tidak mencemari lingkungan.

Mungkin membuat septic tank berjarak minimal 10 meter dari sumur merepotkan untuk orang yang tinggal di rumah dengan lahan terbatas. Jika seperti itu bagaimana solusinya?

Bagi anda yang tinggal di rumah dengan lahan terbatas bisa menggunakan Pennyu Bio Septic Tank pengolah limbah berukuran compact, tidak mudah bocor sehingga bisa diletakkan kurang dari 10 meter dari sumur.

Pennyu Bio Septic Tank mempunyai lima tahap proses penguraian oleh bakteri, cairan hasil pengolahan lebih ramah lingkungan dan bisa langsung dialirkan ke selokan. Terbukti efluen (cairan hasil olah) lolos uji Laboratorium Sucofindo dan Dinas Lingkungan Hidup sesuai dengan Permen LHK No. P.68/Menlhk-setjen/2016 tentang Baku Mutu Air Limbah Domestik.

Kawan Pennyu jangan lupa cek artikel menarik seputar sanitasi lainnya di blog Pennyu Indonesia dan apabila Anda mencari produk-produk sanitasi terpercaya konsultasikan ke kami. Pennyu Indonesia menyediakan produk sanitasi berkualitas dan terpecaya. Butuh produk sanitasi yang berkualitas? Dengan Pennyu Pasti Beres.

Dapatkan Produk Pennyu Sekarang Juga

Komentar Dinonaktifkan