Pencemaran sungai, pencemaran tinja

Sumber: Istimewa


3 menit

Sungai adalah salah satu sumber air yang harus dilindungi kebersihannya. Namun sadarkah Anda masih banyak air sungai tercemar tinja? Tentunya hal tersebut mengkhawatirkan karena bakteri pada tinja bisa menimbulkan penyakit terutama menyerang pencernaan.

UNICEF pada 2022 menggala Kampanye #DihantuiTai yang bertujuan memberikan pemahaman kepada keluarga-keluarga Indonesia tentang sanitasi aman dan dampak pencemaran sumber air oleh tinja terhadap kesehatan. Dalam kampanye tersebut dikatakan sebanyak 70 persen dari 20.000 sumber air minum rumah tangga yang diuji tercemar tinja yang menyebabkan penyakit diare.

Hal tersebut bisa terjadi dari air sungai yang tercemar tinja bercampur dengan tanah sekitar hingga mencemari sumber air bawah tanah seperti sumur.

Karena itu pemahaman keliru yang menganggap sungai adalah septic tank raksasa adalah hal yang harus diluruskan. Pernah terpikirkan tidak dampak membuang feses atau tinja di sungai? Tentunya bakteri patogen akan mencemari air sungai dan menyebabkan timbulnya penyakit seperti diare, tifus, serta infeksi pencernaan lainnya.

Karena dampak yang merugikan tersebut, sudah seharusnya masyarakat mulai sadar dan perlu lebih peduli untuk melakukan perubahan berhenti membuang tinja ke sungai.

Baca juga: Inilah 5 Dampak Buruk Krisis Air Bersih Terhadap Kehidupan

Jika anda merupakan salah satu orang yang masih membuang tinja ke sungai, sebaiknya hentikan perbuatan tersebut. Sebaiknya buatlah tempat penguraian tinja yang benar dan baik supaya bisa diurai dengan optimal sehingga tidak mencemari lingkungan sekitar. Anda bisa membangung septic tank tempat penguraian limbah toilet sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI).

Namun apabila menganggap membangun septic tank sesuai SNI terlalu rumit, Anda mempunyai pilihan lain yaitu membuat penguraian limbah toilet atau tinja dengan Pennyu Bio Septic Tank.

Mengapa Pennyu Bio Septic Tank?

apa itu septic tank, ramah lingkungan, septic tank konvensional, gambar septic tank, sanitasi air bersih
Sumber: Pennyu

Dengan memanfaatkan pennyu bio septic tank sebagai penguraian limbah toilet, anda akan mendapatkan beragam benefit dibandingkan dengan septic tank konvensional.

Berikut ini benefit yang anda peroleh jika menggunakan Pennyu Bio Septic Tank sebagai pengurai tinja:

Ramah lingkungan

menjaga sanitasi air bersih, ramah lingkungan
Sumber: Istimewa

Pennyu Bio Septic Tank memiliki lima tahap penguraian yang optimal, mengubah tinja menjadi limbah cair ramah lingkungan. Efluen atau limbah cair hasil pengolahan Pennyu Bio Septic Tank terbukti ramah lingkungan, lolos uji Laboratorium Sucofindo dan Dinas Lingkungan Hidup sesuai Peraturan Menteri (Permen) LHK No. P.68/Menlhk-setjen/2016 tentang baku mutu air limbah domestik.

Dengan demikian cairan dari pengolahan Pennyu Bio Septic Tank aman apabila langsung dialirkan ke selokan tanpa harus melalui sumur resapan.

Anti sedot

bio septic tank, anti sedot, septic tank, air sungai tercemar tinja
Sumber: Istimewa

Proses penguraian limbah yang baik membuat Pennyu Bio Septic Tank tidak mudah penuh oleh limbah toilet. Oleh karena itu anda tidak perlu melakukan penyedotan rutin seperti septic tank konvensional atau tradisional.

Ukuran kecil kinerja optimal

bio septic tank pennyu, septitank
Sumber: Pennyu

Pennyu Bio Septic Tank mempunyai ukuran lebih kecil dibandingkan dengan bio septic tank pada umumnya, namun kinerjanya tetap optimal.

Baca juga: Jaga Kualitas Air di Rumah, Rawat 3 Benda Ini

Benefit lainnya yang anda dapatkan dari Pennyu Bio Septic Tank sebagai pengurai limbah bukan tempat penampungan limbah saja yaitu memiliki ukuran yang kecil namun kinerja optimal. Jadi sangat cocok untuk pengurai limbah toilet di area lahan terbatas seperti perkotaan.

Penempatan fleksibel

penempatan septi tang
Sumber: Pennyu

Kenapa Pennyu Bio Septic Tank penempatannya lebih fleksibel dibandingkan septic tank tradisional yang harus berjarak minimal 10 meter dari sumber air bersih?

Karena Pennyu Bio Septic Tank menggunakan material polyethylene (PE) kuat, tidak mudah bocor karena tekanan tanah.

Nah itulah cara mencegah air sungai tercemar tinja dengan membuatkan tempat pengolahan menggunakan Pennyu Bio Septic Tank. Semoga bermanfaat!

Kawan Pennyu jangan lupa cek artikel menarik seputar sanitasi lainnya di blog Pennyu Indonesia dan apabila Anda mencari produk-produk sanitasi terpercaya konsultasikan ke kami. Pennyu Indonesia menyediakan produk sanitasi berkualitas dan terpecaya. Butuh produk sanitasi yang berkualitas? Dengan Pennyu Pasti Beres.

Konsultasikan kebutuhan penampungan air bersama Tim Pennyu Indonesia

Komentar Dinonaktifkan