sedot septitank

Sumber: Ist


2 menit

Pentingnya rutin sedot septitank

Dalam rangka menjaga kebersihan, kesehatan, dan lingkungan yang baik, sedot septitank atau septic tank secara teratur sangatlah penting. Ada beberapa persepsi yang beredar di masyarakat menyebutkan jika semakin lama septic tank tidak disedot maka semakin baik pula kualitasnya. Faktanya persepsi ini tidak benar.

Anda perlu mencurigai jika septic tank konvensional di rumah tidak pernah penuh meskipun tak disedot secara berkala. Karena, ini berpotensi ada kebocoran pada septic tank.

Baca juga: Cara Mewujudkan Toilet Bersih dan Sehat Idaman Keluarga

Penyedotan lumpur tinja di septic tank konvensional merupakan salah satu syarat mutlak untuk memastikan septic tank berfungsi dengan baik. Dengan dilakukannya penyedotan septic tank konvensional secara berkala yakni berdasarkan SNI 2398:2017 sekitar 2-5 tahun sekali, anda telah memastikan jika limbah toilet terolah dengan baik.

Dampak Septitank Tidak Disedot

Septic tank konvensional harus memiliki ruang yang cukup untuk mengurai limbah toilet yang masuk dari kloset. Apabila lumpur hasil pengolahan tinja tidak disedot maka sistem penguraian yang seharusnya terjadi dalam septic tank tidak berjalan optimal.

Bahayanya, jika tidak terolah dengan baik, mikroorganisme yang terkandung dalam air limbah toilet bisa menjadi penyebab penyakit yang berdampak bagi kesehatan manusia di lingkungan sekitar.

Penyakit berbasis air seperti tifus dan diare sering terjadi karena air di lingkungan sekitar tercemar oleh limbah toilet. Oleh karena itu, lakukan sedot WC secara berkala untuk menghindari terjadinya pencemaran.

Maintenance Septitank Konvensional

Ini tidak kalah pentingnya dengan sedot WC secara berkala. Maintenance septic tank juga berfungsi untuk memastikan pengolahan limbah toilet berjalan dengan baik. Selain itu, maintenance septic tank juga berguna untuk mengganti bakteri pengurai limbah toilet yang mati karena pembersih berbahan pengurai.

Cara maintenance septic tank yaitu anda hanya perlu menambahkan bakteri pengurai limbah toilet melalui lubang kloset. Gunakan serbuk bakteri pengurai B-MAX dalam bentuk sachet. Hanya dengan 1 sachet B-MAX, Anda dapat mencegah toilet mudah penuh.

Informasi lebih lanjut mengenai B-MAX bisa anda cek di sini

Gunakan Pennyu Bio Septic Tank

Apabila tidak menginginkan sedot septic tank secara berkala, Anda bisa memilih Pennyu Bio Septic Tank sebagai pengolah limbah toilet. Pennyu Bio Septic Tank mempunyai 5 proses tahap penguraian yang optimal memastikan limbah toilet menjadi limbah cair yang ramah lingkungan.

Terbukti limbah hasil olahan sudah lolos uji laboratorium sucofindo dan dinas lingkungan hidup. Sesuai dengan Permen LHK No. P.68/Menlhk-Setjen/2016 tentang Baku Mutu Air Limbah Domestik.

Baca juga: Ternyata Penting loh Fungsi Seal Tape pada Drat, Ini Penjelasannya

kemudian Pennyu Bio Septic tank dibekali dengan garansi Dijamin Pabrik selama 12 tahun. Klaim garansi mudah hanya melalui Whatsapp atau SMS. Informasi lebih lanjut tentang Pennyu Bio Septic Tank bisa anda cek di sini.

Jangan lupa cek artikel menarik lainnya di blog Pennyu Indonesia ya! Selain artikel, berbagai pilihan produk sanitasi dapat anda dapatkan di Pennyu Indonesia loh. Yuk cek sekarang! Pennyu Pasti Beres.

Dapatkan Produk Pennyu Sekarang Juga

Komentar Dinonaktifkan