Dapur estetik warna natural dan minimalis

Sumber: Unsplash


4 menit

Memiliki desain dapur minimalis sederhana adalah impian bagi banyak orang. Penataan ruang yang sederhana tapi tetap terkesan rapi dan menarik adalah kelebihan dari desain dapur minimalis.

Desain minimalis akhir-akhir ini memang menjadi primadona karena cocok diaplikasikan pada rumah dengan lahan terbatas seperti di perkotaan. Desain dapur minimalis sederhana dirancang memanfaatkan ruang yang ada dengan memaksimalkan fungsi dari ruangan itu sendiri.

Lalu bagaimana sih desain dapur minimalis sederhana anti mainstream dan tentunya nyaman untuk memasak? Yuk temukan inspirasinya di sini!

Inspirasi Desain Dapur Minimalis Sederhana

Biasanya proses membangun atau merenovasi dapur dengan konsep minimalis tidak sulit dan bisa selesai dengan cepat. Dapur minimalis berfokus pada perabotan rendah, tidak banyak warna, permukaan yang keras, dan tata letak benda simpel.

1. Dapur Minimalis Berdesain Earth Tone

dapur minimalis sederhana bertema earth tone
Sumber: Istimewa

Kata siapa desain minimalis harus kaku berwarna putih atau monokrom? Anda bisa saja loh mengkombinasikan warna-warna netral dengan material bernuansa earth tone.

Hasil dari kombinasi warna tersebut akan menghasilkan nuansa dapur minimalis yang hangat dan klasik. Anda bisa mencoba mengkolaborasikan material kayu dengan tembok keramik motif marble serta menambahkan sedikit ornamen hijau dari tanaman.

2. Dapur Minimalis Leter U

Dapur minimalis sederhana leter u, dapur nyaman untuk memasak
Sumber: Istimewa

Pada desain dapur minimalis leter U, Anda bisa menyimpan berbagai peralatan dapur pada kabinet bawah. Dengan demikian dapur Anda akan terlihat bersih dan minimalis. Kemudian Anda juga bisa menambahkan ornamen kabinet atas untuk menyimpan bumbu dan barang-barang dapur lainnya. Desain dapur minimalis sederhana leter U membuat semua area mudah dijangkau saat mengambil maupun menyimpan alat-alat dapur.

Baca juga: Cara Hemat Membangun Rumah untuk Pasangan Baru Menikah

3. Dapur Minimalis dengan Meja Bar

Dapur minimalis dengan desain meja bar
Sumber: Brilio.com

Ini adalah pilihan bijak jika Anda ingin memasak sekaligus memakannya langsung di dapur. Untuk ruangan dapur yang tidak terlalu besar, tidak apa jika membuat kitchen set dibuat seminimalis mungkin, yang terpenting cukup untuk meletakkan kompor dengan cookware lainnya.

Desain ini memiliki keunikan tersendiri karena menggabungkan kitchen set terhubung dengan meja makan ala bar. Dapur minimalis dengan meja bar ini sangat cocok bagi Anda yang suka mengabadikan hasil masakan Anda dengan jepretan foto yang estetik.

4. Dapur Minimalis Berkonsep Natural

dapur minimalis sederhana dengan konsep natural
Sumber: qhomemart.com

Konsep natural pada dapur akan membawa Anda ke imajinasi memasak di ruang terbuka hijau yang tenang dan menyegarkan. Desain dapur ini cocok sekali bagi Anda yang suka berpetualang dan menikmati keindahan alam.

Dapur minimalis sederhana berkonsep natural menonjolkan ornamen bernuansa kayu dan tanaman. Namun material kayu yang digunakan berukuran besar sehingga menampilkan keindahan motif kayu. Meja dapur sengaja terhubung dengan meja makan serta menambahkan kursi panjang berwarna coklat untuk memberi kesan simpel dan minimalis.

Tidak lupa agar terkesan lebih natural buatkan jendela yang mengarah ke taman atau lingkungan yang penuh dengan pepohonan hijau. Selanjutnya terapkan konsep ekspos atau menampilkan susunan bata merah pada salah satu dinding dapur dan tambahkan tanaman kecil yang sedikit menjalar. Ruang dapur akan lebih estetik dan berkarakter bukan?

5. Dapur Minimalis dengan Dekorasi Lampu Unik

Dekorasi lampu brass yang berada di dapur minimalis
Sumber: Unsplash

Keberadaan lampu sangat penting untuk menerangi ruangan, tidak terkecuali pada dapur minimalis sederhana. Agar tidak anti mainstream tapi tetap tampil minimalis, Anda bisa memanfaatkan lampu untuk dekorasi dapur.

Anda bisa menambahkan lampu berukuran besar seperti lampu brass atau bisa custom lampu model unik dan menarik namun tidak meninggalkan fungsi utamanya yaitu menerangi ruangan.

Lebih dari 1500 Mitra Telah Membuktikan Keuntungannya

6. Dapur Minimalis dengan Kombinasi Taman Kecil

Desain dapur plus taman
Sumber: Pinterest

Tidak hanya mengedepankan keindahan semata, tapi dapur minimalis satu ini juga memperhatikan sirkulasi udara dan penataan barang yang simpel. Dengan taman kecil meningkatkan kenyamanan membuat masak jadi lebih semangat.

Baca juga: Jangan Tinggalkan Aspek Sanitasi di Rumah Minimalis Modern Anda

Anda bisa mendesain taman kecil tersebut dengan tanaman yang mini dan mudah dirawat seperti monstera, bromelia merah, kaktus mini, sansevieria, dan tanaman hias lainnya.

7. Dapur Minimalis Beraksen Charcoal

Dapur bercorak chorcoal matte
Sumber: Istimewa

Bagi Anda yang belum mengetahui aksen charcoal itu apa, Pennyu jelaskan terlebih dahulu ya!! Jadi charcoal itu arang atau karbon. Anda bisa menggunakan warna arang matte untuk mempertegas desain dapur.

Aksen charcoal bisa Anda terapkan pada lemari, storage, maupun ubin lantai dapur. Mix and match warna arang matte dengan satu warna cerah. Namun tetap pastikan warna charcoal dominan.

8. Dapur Minimalis Memanfaatkan Island Storage

Desain dapur dengan island storage
Sumber: Istimewa

Adanya island storage membuat ruangan dapur Anda terlihat minimalis karena simpel dan rapi. Fungsi island storage adalah untuk menyimpan barang berbagai alat dan bumbu, jadi dapur akan lebih terorganisir dengan rapi.

Anda juga bisa memanfaatkan island storage untuk meja dapur. sebaiknya pilihlah island storage berwarna netral untuk menjaga kesan dapur minimalis sederhana.

9. Dapur Minimalis Full Kayu

Desain dapur kayu jati
Sumber: Istimewa

Dengan sentuhan full kayu dapur minimalis sederhana idaman Anda akan terlihat klasik dan estetik. Pilihlah warna-warna senada dengan satu kontras yang nantinya dikombinasikan dengan furnitur kayu. Bisa saja Anda mengkombinasikan warna hitam, lalu warna putih di ornamen lampu, dan gabungkan dengan furnitur kayu.

10. Dapur Minimalis dengan Backsplash Kreatif

desain backplash dapur bermotif bunga
Sumber: Istimewa

Kunci utama pada dapur minimalis sederhana ini adalah di desain backsplash. Anda bisa memainkan ide kreatif untuk mendesain backsplash agar tidak terkesan monoton.

Anda bisa memberi tekstur 3D pada dinding di area kompor atau biasa disebut backsplash. Agar menambah unsur estetik, Anda bisa memasang lampu dari balik kabinet dapur. Nantinya lampu tersebut juga akan memberikan pencahayaan yang baik sehingga memudahkan proses memasak.

Baca juga: Desain Kamar Mandi Minimalis Keren untuk Berbagai Gaya Rumah

Itulah 10 inspirasi desain dapur minimalis sederhana anti mainstream. Saat mendesain dapur kesayangan Anda, jangan terlalu takut untuk bermain warna dan sekreatif mungkin ya. Melansir dari International Design School (IDS) warna mempengaruhi emosi manusia loh. Untuk menimbulkan rasa nyaman saat memasak, sebaiknya kombinasikan warna hangat pada dapur minimalis sederhana kalian.

Lalu untuk menjaga kualitas air bersih dari keran di dapur minimalis Anda, pasanglah Pennyu Filter Air Keramik! 99 persen mampu menghalau polutan dan memastikan air aman digunakan.

Tidak usah khawatir desain dapur minimalis sederhana rusak, karena Pennyu Filter Air Keramik mempunyai bentuk yang elegan dan berwarna netral. Informasi lebih lanjut dapat Anda cek di sini “Pennyu Filter Air Keramik” atau hubungi Info & Service Center Pennyu Indonesia 081-7073-6698.

Kawan Pennyu jangan lupa cek artikel menarik seputar sanitasi lainnya di blog Pennyu Indonesia dan apabila Anda mencari produk-produk sanitasi terpercaya konsultasikan ke kami. Pennyu Indonesia menyediakan produk sanitasi berkualitas dan terpecaya. Butuh produk sanitasi yang berkualitas? Dengan Pennyu Pasti Beres.

Lebih dari 1500 Mitra Telah Membuktikan Keuntungannya

Komentar Dinonaktifkan