cara hemat, membangun rumah, pasangan muda

Sumber: Shutterstock


3 menit

Sebagai pasangan baru menikah mempunyai rumah sebagai tempat tinggal adalah hal yang harus dipikirkan. Namun biaya membuat rumah sesuai impian tidaklah murah. Oleh karena itu banyak pasangan muda mencari tips cara hemat membangun rumah.

Sebenarnya Anda membuat strategi untuk memangkas beberapa pengeluaran yang kurang perlu saat membangun rumah. Alhasil, pengeluaran biaya membangun rumah tidak akan membengkak.

Baca juga: Pertimbangkan 5 Poin Ini Agar Rumahmu Ramah Lingkungan

Berikut ini merupakan cara hemat membangun rumah impian yang bisa diikuti oleh pasangan muda.

1. Membandingkan Harga Rumah KPR

Rumah KPR, Rumah pasangan muda
Sumber: Liputan6

Sekarang banyak developer kredit pemilikan rumah (KPR) memberi penawaran yang terlihat menguntungkan untuk Anda. Tapi sebaiknya jangan mudah terkecoh dengan hal itu. Anda harus jeli dalam menghitung tawaran bunga KPR.

Terutama tentang skema pinjaman yang akan dipilih untuk mengetahui bunga yang harus dibayar nantinya. Selain itu, sebaiknya Anda harus memilih rumah dengan lingkungan yang tepat. Jangan terlena dengan harga yang murah, pastikan lingkungan calon rumah sesuai dengan yang Anda inginkan.

2. Pastikan Sudah Memiliki Tanah

sebidang tanah, pembangunan rumah
Sumber: Pixabay

Ini bisa menjadi alternatif memudahkan pasangan muda ingin mempunyai rumah non-KPR yaitu sudah memiliki tanah kosong. Apabila Anda sudah mempunyai tanah kosong terlebih dahulu, tentu bisa memangkas cukup banyak budget untuk membangun hunian tinggal.

Adapun kriteria untuk Anda ketika ingin membeli tanah yaitu pastikan tanah tersebut tidak sengketa. Jangan lupa mengecek status kepemilikan tanah sebelum Anda membelinya.

Anda bisa mencari tanah yang berada di pinggir perkotaan agar dapat harga yang lebih murah. Selanjutnya jangan lupa mengurus izin mendirikan bangunan (IMB) tanah agar semakin terjamin untuk membangun rumah di tanah tersebut.

3. Hitung Pengeluaran Berdua

ilustrasi uang, pengeluaran boros, cara hemat membangun uang
Sumber: Istimewa

Finansial adalah salah satu pondasi penting yang harus dipersiapkan oleh pasangan muda untuk membangun rumah impian. Oleh karena itu pastikan menghitung pengeluaran bulanan kalian berdua. Jangan sampai jumlah pengeluaran melebihi 30 persen dari jumlah pendapatan Anda bersama pasangan.

Baca juga: Cara Mudah Bergaya Hidup Ramah Lingkungan di Rumah

Anda bersama pasangan harus lebih berhemat dan cermat menekan pengeluaran demi menabung untuk membangun rumah impian. Dengan memiliki tabungan Anda bisa hemat saat mencicil, membeli atau membangun rumah baru.

4. Memilih Material Bangunan

bahan bangunan, cara hemat membangun rumah
Sumber: semen tiga roda

Cara hemat membangun rumah selanjutnya adalah memilih material bangunan yang lebih prioritas. Maksudnya belilah material yang penting dan lebih dibutuhkan terlebih dahulu dibandingkan printilan yang kurang dibutuhkan dalam membangun rumah.

Contohnya, daripada membeli meja makan, Anda harus mendahulukan membeli pintu, semen, dan genteng saat membangun rumah. Lalu cara hemat membangun rumah lainnya yakni, gunakan material lokal atau produk dalam negeri yang berkualitas dengan budget lebih murah.

5. Referensi Model Rumah

desain rumah, rumah minimalis
Sumber: Pixabay

Kemudian cara hemat membangun rumah yang bisa Anda lakukan berikutnya adalah mencari referensi model rumah. Cari referensi desain rumah sesuai dengan keinginan sekaligus budget Anda.

Desain rumah minimalis sejauh ini menjadi konsep rumah terbaik, terutama untuk pasangan muda seperti Anda.

6. Membuat RAB dengan Teliti

rancangan rab rumah, rumah minimalis, pasangan muda
Sumber: Freepik

Rencana anggaran biaya (RAB) sangat penting dirumuskan dan dibuat dengan teliti untuk menghindari pembengkakkan biaya membuat rumah.

Dalam RAB terdapat rincian biaya yang harus dikeluarkan ketika membangun sebuah rumah. Sebaiknya tambahkan kenaikan 5 persen anggaran RAB untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan kerja atau kenaikan harga material, dan sebagainya.

Apabila keenam poin ini sudah tergambarkan, hal yang tak kalah penting lainnya untuk diperhatikan saat membangun rumah impian adalah memilih tempat penampungan air. Umumnya orang-orang menggunakan tangki air sebagai penampungan air bersih di hunian mereka. Namun sebaiknya Anda jangan sembarangan membeli tangki air karena berpengaruh pada kualitasnya.

Tangki air kualitas rendah akan mudah berlumut dan bocor. Lumut dalam tangki akan mencemari air bersih yang ditampung. Karena itu gunakan tangki air yang berkualitas. Tangki Air Pennyu penampungan air Dijamin Bebas Lumut, awet, sesuai dengan SNI, dan dilindungi garansi dijamin pabrik selama 21 tahun.

Tersedia bermacam-macam warna dan ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Informasi lebih lengkap mengenai Tangki Air Pennyu bisa Anda cek di sini ya!

Kawan Pennyu jangan lupa cek artikel menarik seputar sanitasi lainnya di blog Pennyu Indonesia. Apabila Anda mencari produk-produk sanitasi terpercaya, konsultasikan ke kami. Pennyu Indonesia menyediakan produk sanitasi berkualitas dan terpercaya. Butuh produk sanitasi yang berkualitas? Dengan Pennyu Pasti Beres.

Dapatkan Produk Pennyu Sekarang Juga

Komentar Dinonaktifkan