Ukuran tandon air untuk kebutuhan perusahaan dan kantor

Sumber: Pennyu Group


3 menit

Tandon air merupakan penampungan air bersih. Ukuran tandon air sangat bervariasi, tersedia dari ukuran kecil mulai 320 liter hingga besar sampai 10.500 liter. Semakin banyak pengguna air di suatu hunian atau gedung, semakin besar pula tandon air yang diperlukan.

Jika demikian, ketika hendak membeli penampungan air, Anda harus bisa menghitung kebutuhan air bersih setiap harinya untuk menentukan ukuran tandon air yang ideal.

Dalam Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta No: 122/2005 kebutuhan air bersih dikelompokkan berdasarkan peruntukan bangunannya. Misalnya untuk bangunan rumah biasa kebutuhan air per penghuni setiap harinya 150 liter. Berbeda dengan tipe bangunan rumah mewah 250 liter/penghuni/hari.

Baca juga: Ukuran Tandon Air 1000 Liter Cocok untuk Penggunaan Apa?

Lalu bagaimana menentukan atau menghitung kebutuhan air untuk perusahaan? Yuk kita bahas tuntas dalam artikel ini.

A. Pentingnya Penampungan Air di Gedung Perusahaan

instalasi tandon air, kualitas tandon air
Sumber: Pennyu Group

Seperti yang telah dijelaskan singkat sebelumnya, tandon air adalah penampungan air bersih. Karena fungsinya tersebut, sebuah gedung perusahaan atau kantor memerlukan tandon air untuk memastikan ketersediaan air bersih mencukupi kebutuhan konsumsi hingga sanitasi setiap harinya.

Dengan tandon air pula bisa menghemat penggunaan listrik di gedung kantor karena mengurangi intensitas mesin air menyala. Setelah mengetahui pentingnya keberadaan tandon air, berikut ini adalah cara menghitung kebutuhan air dan ukuran tandon air untuk gedung perusahaan.

B. Ukuran Tandon Air untuk Gedung Perusahaan

ukuran tandon air untuk kantor atau perusahaan
Sumber: Freepik.com

Untuk mengetahui kebutuhan ukuran tandon air bersih di gedung perusahaan, Anda bisa menghitungnya dengan rumus:

Jumlah orang/pegawai x penggunaan = Total kebutuhan

Keterangan:

Jumlah orang/pegawai: banyaknya pengguna air dalam satu hari.

Penggunaan: jumlah pengguna air dalam satu hari.

Total kebutuhan: Total kebutuhan air dalam satu hari untuk menentukan kapasitas tangki air.

Setelah mengetahui total kebutuhan air bersih, Anda akan memperoleh acuan ukuran tandon air yang tepat. Supaya lebih jelas mari kita simulasikan penghitungan kebutuhan ukuran tandon air untuk gedung perusahaan yang mempunyai pegawai 20 orang.

20 orang x 50 liter/pegawai/hari = 1000 liter

Jadi, kebutuhan tandon air untuk gedung perusahaan yang mempunyai 20 pegawai per harinya adalah 1000 liter. Apabila ingin persediaan air bersih lebih lama atau selama 2 hari, maka Anda bisa mengalikan-nya dua kali.

1000 liter x 2 hari = 2000 liter

Kemudian supaya memudahkan penghitungan, Pennyu Group membuat kalkulator tangki air digital. Anda hanya perlu mengubah tipe bangunan dan mengisi jumlah pengguna. Klik link ini untuk menggunakan “Kalkulator Digital Tangki Air”

C. Rekomendasi Tandon Air Berkualitas

ukuran tangki air pennyu untuk perusahaan
Sumber: Pennyu Group

Apabila Anda sudah menemukan ukuran tandon air yang sesuai untuk gedung perusahaan, langkah selanjutnya adalah memilih tandon air yang berkualitas. Salah satu indikator tandon air mempunyai kualitas baik adalah sudah tersertifikasi SNI dan tandon air dijamin anti lumut.

Lumut mempengaruhi kualitas air yang ditampung oleh tandon air. Sebaiknya pilihlah tandon air yang memiliki lapisan Dijamin Anti Lumut seperti Tangki Air Pennyu. Dengan lapisan extra light barrier layer Tangki Air Pennyu kedap cahaya matahari sehingga lumut tidak bisa tumbuh.

Baca juga: Cara agar Tandon Air Mengalir Deras

Selain itu kapasitas Tangki Air Pennyu lebih besar 12 persen dibandingkan penampungan air lain di pasaran. Dengan begitu tandon air dapat menampung air bersih lebih banyak dibandingkan tangki air lainnya.

Informasi lebih lengkap bisa di klik di sini “Tangki Air Pennyu” atau bisa menanyakan langsung ke Service & Support Center Pennyu Indonesia 08170-736698.

Tidak usah khawatir desain dapur minimalis sederhana rusak, karena Pennyu Filter Air Keramik mempunyai bentuk yang elegan dan berwarna netral. Informasi lebih lanjut dapat Anda cek di sini “Pennyu Filter Air Keramik” atau hubungi Info & Service Center Pennyu Indonesia 081-7073-6698.

Kawan Pennyu jangan lupa cek artikel menarik seputar sanitasi lainnya di blog Pennyu Indonesia dan apabila Anda mencari produk-produk sanitasi terpercaya konsultasikan ke kami. Pennyu Indonesia menyediakan produk sanitasi berkualitas dan terpecaya. Butuh produk sanitasi yang berkualitas? Dengan Pennyu Pasti Beres.

 

Komentar Dinonaktifkan