tower atas, desain tempat tandon air, ukuran tandon 5000 liter

3 menit

Tandon air memiliki beberapa ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Pernah gak sih merasa bingung menentukan berapa ukuran tandon air yang sesuai kebutuhan? Atau bertanya-tanya ukuran tandon air 5000 untuk apa?

Sebaiknya pahamilah cara memilih ukuran atau kapasitas tandon air yang tepat. Karena hal tersebut masuk ke dalam tips memilih tandon air yang tepat. Ketidaksesuaian ukuran tandon dengan kebutuhan akan air bersih berdampak pada frekuensi pengisian air yang lebih sering. Sehingga jumlah pemakaian listrik melonjak karena pompa akan lebih sering menyala.

Dalam artikel ini, Pennyu akan menginformasikan bagaimana cara yang tepat menghitung dan mengetahui ukuran tandon air 5000 liter ideal untuk kebutuhan apa. Jadi simak artikel ini hingga selesai ya!

A. Cara Menghitung Ukuran Tandon Air Sesuai Kebutuhan

Ukuran tandon air untuk kebutuhan perusahaan dan kantor
Sumber: Pennyu Group

Sebenarnya tidaklah susah lho menentukan ukuran tandon air yang sesuai kebutuhan jika Anda memahami rumus menghitung tandon air. Berikut rumus menghitung ukuran tandon air beserta penjelasannya.

Jumlah orang/pegawai x penggunaan = Total kebutuhan

Keterangan:

Jumlah orang/pegawai: banyaknya pengguna air dalam satu hari.

Penggunaan: jumlah pengguna air dalam satu hari.

Total kebutuhan: Total kebutuhan air dalam satu hari untuk menentukan kapasitas tangki air.

Hitung Kebutuhan Tangki Air yang cocok untuk tipe Bangunan Anda

Agar lebih jelas mari kita simulasikan penghitungan kebutuhan ukuran tandon air sesuai kebutuhan. Misalkan, berapakah ukuran tandon air yang sesuai untuk sebuah rumah berpenghuni 7 orang?

7 orang x 150 liter/pegawai/hari = 1.050 liter

Maka kebutuhan ukuran tandon air untuk rumah berpenghuni 7 orang/hari adalah 1.050 liter. Selanjutnya jika Anda ingin mempunyai persediaan air bersih lebih banyak dengan durasi lebih lama bisa mengalikan-nya dua kali.

1.050 liter x 2 hari = 2.100 liter

Untuk memudahkan penghitungan, Pennyu Group membuat kalkulator digital tangki air. Anda hanya perlu mengubah tipe bangunan dan mengisi jumlah pengguna. Klik link ini untuk menggunakan “Kalkulator Digital Tangki Air”

Baca juga: Rekomendasi Ukuran Tandon Air untuk Perusahaan

B. Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Tandon Air

tangki air, plastik pe, toren air, gambar toren, air berkualitas

1. Menghitung Jumlah Pengguna

Jumlah pengguna air menentukan seberapa besar ukuran tandon air yang Anda butuhkan. Seperti perhitungan di atas, jika semakin banyak jumlah orang yang menggunakan air semakin besar pula ukuran tandon air yang Anda butuhkan.

2. Kualitas Tandon Air

Salah satu ciri tandon air berkualitas adalah memiliki lapisan anti lumut. Dengan lapisan tersebut lumut tidak akan bisa tumbuh di dalam tandon air sehingga kemurnian air tetap terjaga. Indikator tandon air berkualitas selanjutnya adalah tandon air harus sudah tersertifikasi SNI.

3. Memiliki Garansi

Garansi pada sebuah produk sangat penting untuk menjamin kualitasnya. Hal tersebut tak terkecuali untuk produk tandon air. Jika tandon air memiliki garansi, Anda bisa mengajukan klaim apabila produk tidak sesuai deskripsi.

C. Ukuran Tandon Air 5000 Liter untuk Apa

ukuran tangki air pennyu 5000 liter untuk pertanian
Sumber: Pennyu Group

Tandon air dengan ukuran 5000 liter masuk ke dalam kategori penampungan air dengan kapasitas besar. Ukuran tandon air 5000 liter cocok untuk penggunaan berskala besar seperti perhotelan, perkantoran, apartemen maupun beberapa bangunan besar sejenisnya.

Selain itu ukuran tandon air 5000 liter juga cocok untuk penampungan air keperluan pertanian dan perkebunan. Dengan daya tampung air yang besar, tentu menjamin ketersediaan air dan proses mengairi tanaman.

Baca juga: Stop Lakukan Pemasangan Tandon Air yang Tidak Benar

Tandon air yang berada di persawahan atau perkebunan sangat bermanfaat untuk meminimalisir dampak kekeringan. Anda bisa menggunakan Tangki Air Pennyu karena memiliki kapasitas lebih besar 12 persen dibandingkan penampungan air lainnya yang beredar di pasaran.

Tidak perlu khawatir jika Anda menginginkan tangki air dengan ukuran lebih besar karena, Tangki Air Pennyu mempunyai 11 varian ukuran dengan kapasitas terbesar 10.500 liter. Informasi lebih lengkap bisa Anda klik di “Tangki Air Pennyu” atau dapat menanyakan langsung ke Info Service & Support Center Pennyu Indonesia 08170-736698.

Kawan Pennyu jangan lupa cek artikel menarik lainnya di blog Pennyu Indonesia ya! Selain artikel, berbagai pilihan produk sanitasi dapat Anda dapatkan di Pennyu Indonesia loh. Yuk cek sekarang! Pennyu Pasti Beres.

Hitung Kebutuhan Tangki Air yang cocok untuk tipe Bangunan Anda

Komentar Dinonaktifkan