Ini Saran Penempatan Tangki Air di Rumah Supaya Rapi, pemasangan tandon air yang benar

3 menit

Sebagai penampungan air bersih, kebersihan tangki air harus selalu terjaga. Untuk mewujudkan hal tersebut, Anda harus memastikan pemasangan tandon air yang benar dan melakukan perawatan secara rutin.

Dalam praktiknya, ada beberapa keteledoran pemasangan yang menyebabkan tumbuhnya lumut pada tandon air. Jika tandon air ditumbuhi lumut, tentunya air yang ditampung akan tercemar dan menjadi keruh.

Untuk mengantisipasi agar hal tersebut tidak terjadi, yuk simak penyebab tangki air berlumut karena keteledoran pemasangan.

Jika Pemasangan Tandon Air yang Benar Tidak Dilakukan Akan Berlumut

1. Tutup Kurang Rapat

Keteledoran tidak menutup tangki air dengan rapat ini kerap kali terjadi. Dampaknya cahaya matahari penyebab lumut akan menembus dinding tangki air dan menyebabkan lumut tumbuh.

Hal tersebut juga berlaku pada tangki air dijamin bebas lumut. Oleh karena itu, pastikan saat pemasangan dan sebelum digunakan, tutup tangki air tertutup dengan rapat.

2. Menempatkan Tangki Air Langsung Terkena Terik Matahari

Apabila Anda menggunakan tangki air yang tidak dijamin bebas lumut, sangat tidak disarankan untuk menempatkannya langsung di bawah terik matahari. Lapisan dinding yang tipis dan mudah ditembus oleh cahaya matahari menyebabkan tangki air akan ditumbuhi lumut.

Baca juga: Pemilik Tangki Air 5000 Liter Wajib Perhatikan Hal Ini

Jika ingin menempatkan tangki air di ruang terbuka, sebaiknya gunakan tangki air dijamin bebas lumut yang benar-benar kedap cahaya matahari. Dengan begitu, lumut tidak akan bisa tumbuh.

3. Tidak Memasang SDL di Saluran Inlet

Sock drat luar (SDL) di saluran inlet berfungsi untuk sambungan pipa ke dalam tangki air. Apabila Anda tidak memasang SDL dan melepas ring ulir pada lubang inlet tangki air, akan terjadi kebocoran cahaya matahari karena ada celah atau rongga kosong.

4. Menggunakan Pipa Warna Putih untuk Saluran Inlet

Pipa warna putih sangat rawan ditembus oleh cahaya matahari. Karena itu potensi tumbuhnya lumut di pipa sangat besar. Jika begitu, tidak menutup kemungkinan lumut yang ada pada pipa akan ikut terbawa ke dalam tangki dan mencemari air yang ditampung. Sebaiknya gunakan pipa berwarna gelap untuk mencegah lumut tumbuh.

5. Cara Membersihkan Lumut di Dalam Tangki Air

Sebenarnya Anda mempunyai dua pilihan dalam membersihkan tangki air berlumut. Pertama, Anda bisa membersihkannya sendiri dan kedua, Anda bisa memanggil jasa pembersih tangki air.

Berikut kita akan membahas secara rinci cara membersihkan tandon air dari lumut.

A. Membersihkan Tangki Air Sendiri Menggunakan Sitrun

1. Mematikan Sumber Air dan Buka Tutup Tangki Air

Hal awal yang harus dilakukan sebelum Anda melakukan pengurasan yaitu terlebih dahulu matikan sumber air yang mengarah ke tangki air. Setelah sumber air dimatikan mulailah dengan membuka tutup tangki air.

2. Mulai Menguras Air

Langkah kedua yang harus Anda lakukan yaitu mulai menguras tangki air dengan membuka tutup di lubang kuras yang terletak di bagian bawah.  Namun jangan kuras air sampai habis, sisakan air 1/4 atau 1/2 volume tangki.

Fungsinya yaitu untuk memudahkan Anda membersihkan tangki atau memudahkan Anda menyikat tangki untuk merontokkan kotoran yang menempel pada dinding tangki.

3. Meracik Larutan Sitrun

Cara membuat atau meracik larutan sitrun tidaklah susah kok. Anda hanya perlu menyiapkan tempat seperti ember bisa juga menggunakan gayung untuk mencampur sitrun dengan air. Dalam tahap ini Anda akan meracik larutan sitrun yang sudah disiapkan dengan melarutkannya dengan air ke dalam wadah yang sudah disiapkan.

Baca juga: Benarkah Tandon Air Atas dan Pendam Harus Terisi Penuh?

Mengenai seberapa banyak sitrun dan air, sebenarnya tidak ada takaran pasti mengenai hal tersebut. Anda dapat memperkirakan sendiri sesuai kebutuhan sebanyak apa sitrun harus dilarutkan ke air.

4. Mengguyur Tangki Air dengan Larutan Sitrun

Langkah selanjutnya yang Anda harus lakukan yaitu mengguyur dinding bagian dalam tangki air dengan larutan sitrun.

Usahakan Anda mengguyur larutan sitrun ke bagian dalam tangki air dengan rata. Setelah itu diamkan sekitar 20-45 menit supaya sitrun bekerja dengan baik merontokkan lumut atau endapan yang menempel.

5. Bersihkan Tangki Air dengan Sikat

Agar mendapatkan tangki air yang bersih maksimal, Anda harus menggosok tangki air bagian dalam dengan sikat atau spons. Jangan gunakan sikat abrasif karena dapat melukai dinding tangki air dan menyebabkan kebocoran.

Gunakan sikat dengan gagang yang panjang untuk memudahkan Anda menggosok bagian dinding tangki yang kotor. Atau, jika tangki air berukuran besar, untuk mempermudah Anda dapat masuk ke dalamnya. Supaya dinding tangki tidak terlalu kering saat disikat, Anda dapat memanfaatkan sisa air dalam tangki air.

B. Membersihkan Tangki Air Menggunakan Jasa

Jika tidak mempunyai waktu untuk menguras tangki air sendiri, Anda bisa memanggil jasa pembersih tangki air. Dengan bantuan profesional, Anda tidak perlu repot-repot menyiapkan peralatan dan bahan untuk membersihkan tangki air.

Anda bisa mencegah tumbuhnya lumut jika menggunakan tangki air dijamin bebas lumut. Tangki air dijamin bebas lumut dipastikan kedap cahaya matahari, karena itu dipastikan lumut tidak akan tumbuh.

Gunakan Tangki Air Pennyu, penampungan air dijamin bebas lumut. Dengan demikian memastikan kemurnian air yang ditampung tidak akan tercemar oleh lumut. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Tangki Air Pennyu yuk klik di sini

Kawan Pennyu jangan lupa cek artikel menarik lainnya di blog Pennyu Indonesia ya! Selain artikel, berbagai pilihan produk sanitasi dapat Anda dapatkan di Pennyu Indonesia loh. Yuk cek sekarang! Pennyu Pasti Beres.

Konsultasikan kebutuhan penampungan air bersama Tim Pennyu Indonesia

Komentar Dinonaktifkan