Cara Mudah Bergaya Hidup Ramah Lingkungan di Rumah

2 menit

Gaya hidup ramah lingkungan bisa Anda lakukan sehari-hari lho! Siapa bilang menerapkan kebiasaan ramah lingkungan di rumah susah? Tidak kok. Sebenarnya mudah banget untuk menerapkan kebiasaan baik ini.

Dengan gaya hidup ramah lingkungan, menandakan Anda menyayangi bumi. Coba bayangkan jika Anda tidak segera menerapkan hidup berkelanjutan ini, bukan tidak mungkin bumi akan tamat karena banyak lingkungan yang rusak.

Baca juga: Pertimbangkan 5 Poin ini agar Rumahmu Ramah Lingkungan

Oleh karena itu, ayo lakukan gaya hidup ramah lingkungan atau green lifestyle mulai sekarang. Berikut langkah-langkah mudah menerapkannya dalam kehidupan.

1. Menggunakan Produk Hemat Energi

Produk hemat energi terbukti lebih ramah terhadap lingkungan. Sekarang banyak produk ramah lingkungan atau hemat energi dijual di pasaran. Dengan demikian Anda bisa membeli produk tersebut dengan mudah.

2. Memisahkan Sampah Sesuai Jenisnya

Guna menerapkan gaya hidup ramah lingkungan, Anda dapat memisahkan sampah berdasarkan jenisnya.

Ini dilakukan untuk memudahkan pengolahan sampah. Jenis sampah organik dapat dimanfaatkan untuk membuat kompos atau pupuk tanaman. Sedangkan sampah anorganik bisa Anda manfaatkan untuk berkreasi seperti, sampah botol minuman dapat Anda manfaatkan sebagai vas tanaman.

Subscribe

Subscribe untuk update artikel dan info promo menarik dari Pennyu

     

    3. Tidak Menggunakan Barang Sekali Pakai

    Ketika Anda menggunakan barang sekali pakai, berdampak pada penumpukan sampah yang berlebih. Sampah yang menumpuk tentu berakibat buruk terhadap lingkungan.

    Baca juga: 5 Cara Menciptakan Sanitasi Lingkungan yang Baik untuk Menjaga Kesehatan

    Sebaiknya gunakan barang yang bisa dipakai berkali-kali. Seperti hindari menggunakan botol sekali pakai dan ganti dengan botol yang bisa diisi ulang.

    4. Gaya Hidup 3 R

    Menerapkan 3 R (Reuse, Reduce, Recycle) bisa menjadi solusi mengurangi jumlah sampah. Anda bisa mendaur ulang sampah organik menjadi pupuk tanaman dan sampah anorganik seperti botol plastik diubah vas bunga.

    5. Melindungi Sumber Air

    Sumber air bersih adalah faktor penting bagi kehidupan. Oleh karena itu, melindungi sumber air sangat perlu dilakukan.

    Caranya, hindari membuang sampah ataupun limbah kimia langsung ke tanah atau ke aliran air. Selain itu, Anda juga harus mengecek atau memastikan septic tank di rumah tidak bocor.

    Sebab kebocoran septic tank akan mencemari lingkungan sekitar, termasuk sumber air bersih di hunian Anda.

    Baca juga: Sanitasi Aman dengan Pennyu Bio Septic Tank

    Untuk mencegah kebocoran pada septic tank, sebaiknya gunakan Bio Septic Tank Pennyu. Kenapa Pennyu Bio Septic Tank?

    Pennyu Bio Septic Tank adalah solusi pengolahan limbah toilet di ruang terbatas, tidak perlu kuras atau sedot.

    Melalui 5 tahap penguraian, limbah dari hasil Pennyu Bio Septic Tank bisa langsung dialirkan ke selokan. Untuk mengetahui lebih lanjut klik di sini.

    Dapatkan Produk Pennyu Sekarang Juga

    Komentar Dinonaktifkan