Sanitasi Aman dengan Pennyu Bio Septic Tank

3 menit

Sanitasi aman merupakan upaya membudayakan hidup bersih dan menjaga kesehatan. Fungsi sanitasi yang sangat krusial untuk kesehatan, menjadikan sanitasi penting dilakukan dan harus dijaga di setiap lingkungan, terutama di wilayah hunian.

Membangun tempat penampungan limbah domestik rumah tangga adalah salah satu bentuk dari sanitasi. Namun yang menjadi permasalahan, ketika membuat tempat penampung limbah atau septic tank konvensional kerap kali terjadi kebocoran.

Kebocoran pada septic tank konvensional berakibat pada tanah bahkan sumber air di sekitar bisa tercemar oleh limbah. Alhasil berbagai bakteri tumbuh dan menyebabkan penyakit.

Penyakit diare sampai stunting pada anak merupakan kasus yang sering ditemui karena adanya pencemaran limbah domestik di lingkungan sekitar.

Baca juga: 2 Tips untuk Bunda agar Anak Terhindar dari Stunting

Dengan sanitasi yang tidak bagus, keberadaan air bersih pun akan terancam. Di pedesaan bahkan perkotaan beberapa orang masih membuang limbah domestik ke aliran sungai.

Padahal hal itu berdampak buruk dalam jangka pendek maupun panjang bagi kesehatan manusia.

Target Air Bersih dan Sanitasi di Indonesia

Dalam sebuah acara Sector Ministers’ Meeting (SMM) Sanitation and Water for All (SWA), Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dengan 36 menteri dan 300 peserta dari 37 negara serta organisasi internasional membahas tentang solusi peningkatan air bersih dan sanitasi.

Menurut Basuki, akses terhadap air bersih dan sanitasi pada akhirnya akan mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (TPB/SDG).

Pada 2030 mendatang, Indonesia membidik target sebesar 100 persen akses sanitasi layak, 30 persen sanitasi aman, dan 100 persen akses air minum layak serta 30 persen air minum aman.

Oleh karena itu, menggunakan bio septic tank adalah sebuah jawaban untuk menciptakan sanitasi aman dan nyaman.

Keuntungan Menggunakan Bio Septic Tank

Bio septic tank mampu mengolah limbah domestik dibandingkan septic tank konvensional. Berikut keuntungan menggunakan bio septic tank.

1. Ramah Lingkungan

Kelebihan pertama menggunakan bio septic tank adalah ramah lingkungan. Saat menggunakan bio septic tank, Anda bisa memastikan bahwa limbah yang keluar dari bio septic tank aman untuk lingkungan karena sudah melalui tahap penguraian.

Keuntungan itu tidak dimiliki oleh septic tank konvensional loh! Septic tank konvensional biasanya terbuat dari pasangan batu bata dan cor beton bertulang dengan sejumlah penyaring pada bagian luar dinding septic tank dengan ijuk.

Karena itu limbah dalam septic tank konvensional rawan bocor dan mencemari lingkungan sekitar.

2. Tidak Mudah Bocor

Bio septic tank lebih kuat dan awet dengan bahan dasar pembuatannya dari polyethylene (PE).

Saat bio septic tank dipendam dalam tanah dengan waktu yang lama, Anda tidak perlu khawatir karena tidak mudah bocor.

Selain untuk kebaikan dan menjaga kesehatan, menggunakan bio septic tank untuk menampung dan mengolah limbah dapat mendukung program pemerintah.

Baca juga: Saluran Kamar Mandi Mampet? Ketahui 3 Penyebabnya

Kemudian untuk seorang kontraktor, memasang bio septic tank di proyek hunian yang sedang dibangun dapat menambah value positif.

Keunggulan Pennyu Bio Septic Tank

Pennyu Bio Septic Tank adalah pilihan tepat untuk Anda yang akan beralih dari septic tank konvensional ke bio septic tank.

Pennyu Bio Septic Tank merupakan solusi sanitasi di area terbatas, tanpa perlu khawatir pencemaran lingkungan. Ini adalah kelebihan yang dimiliki Pennyu Bio Septic Tank.

1. Limbah Efluen Ramah Lingkungan

Mengaplikasikan lima mekanisme mutakhir dan bioteknologi pada septic tank membuat limbah hasil pengolahan dapat langsung dialirkan menuju selokan atau bak peresap tanpa mencemari lingkungan.

Sistem dan perlengkapan Pennyu Bio Septic Tank sangat baik dalam proses pengolahan limbah sehingga mampu mengolah limbah domestik lebih efektif dan ramah lingkungan.

2. Penguraian Bertahap

Pennyu Bio Septic Tank menerapkan penguraian yang bertahap. Dimulai dari pengendapan dan penguraian hingga ke proses filtrasi serta pemurnian limbah sebelum dialirkan keluar ke selokan.

Baca juga: Gunakan Cara ini untuk Menghilangkan Bau Menyengat Septic Tank

Karena penguraian yang baik, limbah toilet yang dikeluarkan Pennyu Bio Septic Tank ramah lingkungan dan bisa langsung dialirkan ke selokan.

Subscribe

Subscribe untuk update artikel dan info promo menarik dari Pennyu

     

    3. Cocok untuk Hunian Padat Penduduk

    Memiliki ukuran compact sebagai pengolah limbah membuat Pennyu Bio Septic Tank cocok untuk hunian padat penduduk.

    Pennyu Bio Septic Tank tidak membutuhkan ruang yang besar untuk mengolah limbah domestik rumah tangga.

    4. Perawatan Mudah

    Tidak perlu menyedot wc secara berkala, Pennyu Bio Septic Tank anti sedot jika digunakan sesuai prosedur.

    Anda hanya perlu melakukan perawatan dengan menambahkan bakteri pengurai limbah domestik setiap enam bulan sekali dan cek klorin di lubang outlet.

    5. Sesuai Standar Baku Mutu Air Limbah

    Air limbah yang keluar dari outlet Pennyu Bio Septic Tank sudah sesuai dengan Peraturan Menteri (Permen) LHK No. P.68/Menlhk-Setjen/2016 tentang baku mutu air limbah domestik. Telah lolos uji Laboratorium Sucofindo dan Dinas Lingkungan Hidup.

    6. Garansi Dijamin Pabrik

    Pennyu Bio Septic Tank bergaransi 12 TAHUN dan DIJAMIN PABRIK.

    Klaim garansi pun tidak ribet, Anda cukup menghubungi lewat WhatsApp atau SMS di nomor yang telah tertera di stiker garansi. Resgitrasi Garansi hanya perlu dilakukan melalui WhatsApp atau SMS setelah barang diterima.

    Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Pennyu Bio Septic Tank klik di sini.

    Dapatkan Produk Pennyu Sekarang Juga

    Komentar Dinonaktifkan