2 Tips untuk Bunda agar Anak Terhindar dari Stunting

2 menit

Stunting adalah gangguan yang terjadi pada pertumbuhan dan perkembangan keadaan tubuh anak sehingga sangat pendek atau kerdil.

Munculnya stunting merupakan ancaman utama terhadap kualitas manusia dan kemampuan daya saing negara Indonesia.

Bukan hanya mengganggu pertumbuhan fisik, tetapi stunting juga memperlambat perkembangan otak anak.

Stunting pada anak disebabkan oleh beberapa faktor seperti, kurangnya nutrisi gizi, tidak adanya stimulasi psikososial pada anak, dan infeksi penyakit karena lingkungan yang kotor.

Seperti diketahui anak-anak rentan akan serangan penyakit, oleh karena itu menjaga kebersihan lingkungan penting dilakukan untuk mencegah stunting pada anak.

Dalam data Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan RI, angka stunting nasional di 2021 mencapai 24,4 persen.

Baca juga: Supaya Awet, Kenali 6 Penyebab Tangki Air Bocor

Ayo bebaskan balita atau anak dari stunting, salah satunya menciptkan lingkungan bersih dengan memperhatikan akses sanitasi dan air bersih.

Berikut dua cara mewujudkan lingkungan bersih untuk mencegah stunting anak.

1. Memasang Filter Air

Air yang terlihat bersih belum tentu terbebas dari kuman atau pencemaran. Oleh karena itu, memasang filter di saluran output pompa air dan keran air penting dilakukan.

Kemampuan filter untuk menyaring pencemaran membuat kualitas air semakin terjaga. Tapi jangan menggunakan filter air dengan spesifikasi abal-abal atau sembarangan.

Pilihlah filter air dengan lapisan keramik, karbon aktif, dan polypropylene. Kandungan karbon aktif dalam filter air berfungsi untuk menyerap bau pada air dan bahan keramik dapat menurunkan ion besi (Fe) dan mangan (Ma) penyebab bau karat di air. Sedangkan, polypropylene berfungsi untuk menyaring serpihan karbon agar tidak tidak larut terbawa air.

Pennyu Keramik Filter Air mempunyai tiga tahap penyaringan meliputi, keramik, karbon aktif, dan polypropylene. Dengan demikian, dapat menghalau pencemaran air seperti bau karat, endapan, lumut, sisa klorin, bahkan partikel terlarut berukuran 0,2 micron.

Baca juga: Coba 5 Ritual ini untuk Cegah Senin Mager

Menggunakan Pennyu Keramik Filter Air adalah cara ampuh menjaga kualitas air di rumah Anda.

Subscribe

Subscribe untuk update artikel dan info promo menarik dari Pennyu

     

    2. Memastikan Limbah Domestik Tidak Mencemari Lingkungan

    Pencemaran limbah domestik ke lingkungan dapat terjadi jika sanitasi terutama septic tank tidak tertata dengan baik.

    Misalkan adanya kebocoran septic tank dapat mencemari tanah dan air bersih di sekitar. Munculnya pencemaran mengakibatkan tumbuhnya berbagai penyakit yang bisa menyebabkan anak stunting.

    Gunakan Pennyu Bio Septic Tank agar sanitasi aman hidup nyaman. Pennyu Bio Septic Tank adalah bio septic tank anti sedot dan ramah lingkungan. Memiliki ukuran compact tapi powerfull mengolah limbah domestik.

    Efluen atau limbah buangan dari pengolahan Bio Septic Tank sesuai dengan Permen LHK No. P.68/Menlhk-Setjen/2016 tentang Baku Mutu Air Limbah Domestik dan Lulus Uji Standar Baku Mutu Air Limbah dari Sucofindo.

    Dengan demikian, efluen bisa langsung dialirkan ke selokan tanpa khawatir mencemari lingkungan sekitar.

    Baca juga: 5 Tips Awet Muda dengan Menjaga Kesehatan Kulit

    Pennyu Bio Septic Tank berbahan dasar plastik Linear Low Density Polyethylene (LLDPE), lebih kuat terhadap tekanan tanah dan tidak mudah bocor dibandingkan produk lain.

    Penempatan Pennyu Bio Septic Tank sangat fleksibel, cocok digunakan di perumahan padat penduduk.

    Dapatkan Produk Pennyu Sekarang Juga

    Komentar Dinonaktifkan