Kitchen Sink Bau Tak Sedap? Intip Cara Menghilangkannya

2 menit

Menghilangkan bau tidak sedap pada kitchen sink itu gimana ya? Pernah dengar pertanyaan itu atau Anda sendiri pernah mengalaminya?

Kitchen sink atau wastafel dapur merupakan salah satu komponen di dapur yang mudah mengeluarkan bau tidak sedap jika tidak dirawat dengan benar. Karena saat mencuci piring atau peralatan dapur ada sisa limbah yang mengendap dan membusuk di wastafel.

Bau tidak sedap dari wastafel tidak hanya mengganggu kenyamanan Anda ketika berada di dapur loh, jika tidak dibersihkan limbah tersebut bisa menjadi tempat berkembang biak bakteri.

Tapi tidak perlu khawatir, dilansir dari Treehugger ada beberapa cara untuk menghilangkan bau tidak sedap di kitchen sink kok.

1. Menghilangkan Bau Kitchen Sink Menggunakan Air Panas

Pertama rebus air dalam katel sampai mendidih, lalu tuangkan ke dalam saluran pembuangan kitchen sink secara perlahan.

Baca juga: Penyebab Air Keran Bau Karat dan Cara Mudah Menghilangkan Bau

Tunggu beberapa saat jika bau tidak kunjung hilang, ulangi menyiram wastafel dengan air panas. Tapi tambahkan beberapa bahan ke dalam air mendidih, seperti sabun pencuci piring efektif menghilangkan sumber bau dari endapan minyak.

Perhatikan! Cara ini khusus untuk wastafel berpipa pembuangan berbahan PVC. Tidak disarankan diaplikasikan ke wastafel yang menggunakan pipa pembuangan spiral karena berpotensi leleh.

2. Menghilangkan Bau Kitchen Sink dengan Baking Soda, Cuka, dan Air Hangat

baking soda with white vinegar

Caranya yaitu siram lubang pembuangan kitchen sink dengan satu gelas air hangat, lanjutkan dengan menabur satu gelas baking soda dan diamkan beberapa menit.

Anda juga bisa menambahkan garam kasar ke dalam baking soda untuk memperkuat sifat abrasi. Kemudian tuang satu gelas cuka ke dalam lubang pembuangan kitchen sink.

Baca juga: Gunakan Cara ini untuk Hilangkan Bau Menyengat Septic Tank

Bila memunculkan reaksi buih yang meluap dari percampuran tersebut, tutup lubang dengan benda kedap udara.

Tunggu berapa jam atau bahkan satu malam agar baking soda, cuka, dan air hangat bekerja dengan sempurna. Terakhir, siram kembali lubang pembuangan dengan air hangat.

Subscribe

Subscribe untuk update artikel dan info promo menarik dari Pennyu

     

    3. Menghilangkan Bau Kitchen Sink dengan Periksa Filter Pembuangan

    Sumbatan limbah cuci di filter pembuangan kitchen sink jika terus dibiarkan akan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Oleh karena itu periksa dan pastikan filter pada pembuangan kitchen sink tetap bersih.

    Cara membersihkan filter pembuangan yaitu Anda bisa melepasnya terlebih dahulu dari kitchen sink, lalu buang kotoran cuci yang tersaring.

    Kemudian rendam filter menggunakan air hangat dan basuh dengan cuka putih. Lakukan hal ini secara rutin untuk mencegah filter pembuangan bau tidak sedap.

    4. Membersihkan Garburator

    Jika kithcen sink di rumah Anda memiliki garburator, kemungkinan bau tidak sedap muncul dari situ. Untuk memastikannya periksa garburator kitchen sink.

    Anda dapat merawat garburator kitchen sink dengan membersihkannya menggunakan perasan jeruk nipis, selanjutnya membilasnya dengan air.

    Baca juga: Bagaimana Menghilangkan Bau Tidak Sedap di Rumah?

    Asam dari jeruk berfungsi untuk merontokkan kotoran penyebab bau. Lakukan perawatan ini secara berkala untuk mendapatkan hasil yang optimal.

    5. Mencegah Bau di Kitchen Sink

    Demi kebaikan kedepannya, lebih baik cegah kitchen sink mengeluarkan bau tidak sedap daripada menanggulanginya. Anda dapat melakukan perawatan secara rutin.

    Biasakan menaburkan satu sendok makan baking soda ke dalam saluran pembuangan kitchen sink dan siram dengan air panas.

    Selain itu pastikan air limbah mengalir dengan sempurna dan pipa pembuangan kitchen sink tidak bocor.

    Tidak ketinggalan juga, periksa filter penyaringan pembuangan dan pastikan limbah tidak menumpuk di tempat tersebut.

    Direkomendasikan gunakan kitchen sink anti karat untuk menjaga kebersihannya. Gunakan Pennyu Kitchen Sink. Tersedia dalam empat ukuran, berbahan dasar stainless steel anti karat, dan lipatan ujung aman tidak melukai ketika digunakan.

    Ketahui Pennyu Kitchen Sink lebih lanjut dengan klik di sini.

    Dapatkan Produk Pennyu Sekarang Juga

    Komentar Dinonaktifkan