Supaya Awet, Kenali 6 Penyebab Tangki Air Bocor

2 menit

Biasanya, banyak masyarakat memilih tangki air berbahan baku plastik polyethylene (PE) sebagai penampung air bersih di hunian. Meskipun terkenal kuat, tapi tangki air berbahan PE terkadang juga bisa mengalami keretakan atau bocor.

Banyak faktor penyebab tangki air retak atau bocor, salah satunya karena adanya benturan.

Ketika tangki air bocor, Anda tentu harus memperbaikinya. Bahkan jika terjadi bocor yang parah tentunya Anda harus mengganti dengan yang baru.

Dengan mengetahui penyebabnya, Anda dapat meminimalisir kebocoran dan memperpanjang umur tangki air.

Lalu apa saja sih penyebab tangki air retak atau bocor? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Penyebab Tangki Air Bocor

1. Melubangi Tangki Air

Karena ingin mempercepat debit air dari tangki ke kran, beberapa orang melubangi tangki air dengan alat dan cara asal-asalan tanpa perhitungan.

Baca juga: 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Membersihkan Tangki Air

Padahal cara tersebut berisiko besar membuat tangki air bocor. Bukan hanya itu, dengan Anda meng-custom atau melubangi tangki sendiri, biasanya garansi tangki air tidak berlaku atau hangus.

2. Landasan Tidak Rata

Meletakkan tangki air di alas tidak datar dan bersih dapat membuat kebocoran. Idealnya perhatikan dan pastikan landasan yang digunakan untuk meletakkan tangki air benar-benar rata, datar, dan bersih dari benda-benda tajam, seperti krikil atau paku.

Baca juga: Tips Memilih Tangki Air Terbaik, Dijamin Awet

Selain itu, hindari landasan yang miring untuk mencegah tangki air jatuh. Kemudian, jangan letakkan tangki air di landasan yang tidak seukuran dengan diameternya. Hal ini bisa membuat tangki air retak saat menampung beban air.

3. Benturan

Benturan yang terjadi pada tangki air bisa mengakibatkan kebocoran. Oleh karena itu, sebisa mungkin saat pemasangan hindari membenturkan tangki air.

Terlebih hindari benturan tangki air dengan barang lancip seperti, paku dan ujung tembok.

Subscribe

Subscribe untuk update artikel dan info promo menarik dari Pennyu

     

    4. Penyebab Mekanis

    Pemasangan pipa outlet yang tidak tepat dapat menyebabkan kebocoran pada tangki. Sebab pipa outlet yang disambungkan pada mesin pendorong akan menghasilkan getaran.

    Jika terus dibiarkan, getaran mesin pendorongakan menggerakkan lubang outlet hingga robek dan air dalam tangki rembes.

    Sebaiknya pastikan pipa outlet terpasang dengan benar dan beri jarak antara tangki air dengan mesin pendorong setidaknya 1 meter untuk meredam getarannya.

    5. Pelapukan Kimia

    Tangki air bocor bisa disebabkan oleh pelapukan kimia. Contohnya, Anda menggunakan cat bercampur tiner untuk mengecat tangki. Hal tersebut dapat menyebabkan lapisan dinding tangki air retak dan berakibat kebocoran.

    Baca juga: Ini Saran Penempatan Tangki Air di Rumah Supaya Rapi

    Sebaiknya hindari mengecat tangki air untuk meminimalisir kerusakan pada lapisan dinding tangki air karena pelapukan kimia.

    6. Umur Tangki Air

    Kualitas tangki air seiring berjalannya waktu dan pemakaian akan semakin berkurang. Umumnya tangki air dengan kualitas terbaik dapat bertahan sampai puluhan tahun.

    Sedangkan tangki air dengan kualitas buruk mungkin cuma bertahan 5-6 tahun. Karena itu, pilihlah tangki air dengan merek terpercaya dan bahan baku yang bagus.

    Gunakan Tangki Air Pennyu yang dijamin bebas lumut. Bukan hanya itu, Tangki Air Pennyu juga mempunyai garansi dijamin pabrik hingga 12 tahun.

    Nah itulah beberapa penyebab tangki air rusak. Jadi, sebaiknya Anda hindari dari sekarang ya penyebab-penyebab kerusakan tersebut agar tangki air di rumah berumur panjang. Semoga bermanfaat.

    Konsultasikan kebutuhan penampungan air bersama Tim Pennyu Indonesia

    Komentar Dinonaktifkan