Sering Dilakukan, Ini 5 Penyebab Jerawat yang Sering Diabaikan

2 menit

Penyebab jerawat muncul itu beraneka ragam. Jerawat bisa menimpa siapa saja tanpa mengenal umur dan gender.

Namun, jerawat lebih berisiko muncul saat masa pubertas atau di usia remaja. Terlebih kepada orang-orang dengan kulit sensitif.

Munculnya jerawat di wajah menimbulkan rasa nyeri dan terkadang mengurangi rasa percaya diri seseorang.

Baca juga: Ciptakan Hidup Sehat dengan Cuci Tangan yang Benar

Anda bisa meminimalisir munculnya jerawat dengan mengetahui penyebabnya. Banyak orang tidak sadar ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan sebabkan jerawat. Berikut 5 penyebab jerawat yang sering diabaikan.

1. Paparan Cahaya Matahari

Penyebab jerawat pertama yaitu paparan cahaya matahari yang terus menerus di siang hari dapat meningkatkan produksi minyak yang berlebih di wajah.

Dampaknya komedo berpotensi menumpuk dan menyebabkan jerawat di wajah. Oleh karena itu sebisa mungkin minimalisir paparan cahaya matahari langsung ke kulit wajah.

Jika harus beraktivitas di bawah terik matahari, Anda bisa menggunakan tabir surya dengan kandungan minimal SPF 30.

2. Tidak Membersihkan Make Up

Membiarkan make up terus menempel di wajah dapat mengakibatkan jerawat lho. Jadi sebaiknya Anda menghapus make up jika sudah tidak memerlukannya.

Baca juga: Amazing! Ternyata Begini Cara Merawat Kulit Sensitif yang Benar

Selain itu jangan asal-asalan memilih produk make up karena dapat mengakibatkan timbulnya jerawat. Jadi sesuaikan jenis make up dengan tipe kulit Anda ya!

Subscribe

Subscribe untuk update artikel dan info promo menarik dari Pennyu

     

    3. Menyentuh dan Memecah Jerawat

    Menyentuh bahkan memecah dapat membuat peradangan di jerawat. Bukan hanya itu, nantinya jerawat yang Anda pecah akan meninggalkan bekas seperti flek hitam dan parut jerawat.

    Kemudian saat Anda memecah jerawat, cairan di dalamnya akan menyebar ke permukaan kulit wajah berpotensi mengakibatkan muncul jerawat baru.

    4. Tidak Mencuci Muka

    Ketika seharian Anda berkegiatan di luar ruangan, tidak bisa dihindari jika debu dan kotoran lain menempel pada kulit wajah. Bila dibiarkan tanpa mencucinya, kotoran akan menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat.

    Sebaiknya cucilah muka secara rutin, apalagi ketika wajah Anda terasa kotor. Lebih bagus lagi gunakan sabun cuci muka agar kulit wajah lebih bersih dan segar.

    5. Menggunakan Air Kotor

    Cuci muka dengan air kotor atau tercemar sangat berpotensi menyebabkan jerawat tumbuh. Untuk memperoleh air yang benar-benar bersih, Anda bisa memasang filter air pada keran.

    Tapi jangan asal memilih filter air ya! Gunakan filter air yang mempunyai filtrasi keramik, karbon aktif, dan polypropylene agar penyaringan optimal.

    Baca juga: 5 Tips Awet Muda dengan Menjaga Kesehatan Kulit

    Pennyu Filter Air Keramik, mempunyai tiga sistem penyaringan meliputi keramik, karbon aktif, dan polypropylene. Dengan tiga penyaringan tersebut, Pennyu Filter Air Keramik mampu menyaring endapan dengan kerapatan 0,2 micron.

    Jadi air benar-benar bersih dan aman digunakan untuk merawat kulit yang berjerawat. Cari tahu Pennyu Filter Air Keramik di sini.

    Sumber:

    https://www.alodokter.com/kamu-pasti-belum-tahu-perawatan-wajah-berjerawat-yang-ini

    https://www.halodoc.com/artikel/perawatan-yang-tepat-untuk-kulit-berjerawat

    https://health.grid.id/read/353094526/begini-cara-merawat-kulit-berjerawat-yang-tepat-jangan-sampai-salah?page=all

    Dapatkan Produk Pennyu Sekarang Juga

    Komentar Dinonaktifkan