5 Cara Menciptakan Sanitasi Lingkungan yang Baik untuk Menjaga Kesehatan

3 menit

Menciptakan Sanitasi Lingkungan yang Baik

Apa itu sanitasi? Sanitasi lingkungan adalah cara menyehatkan lingkungan hidup manusia terutama lingkungan fisik, yaitu tanah, air, dan udara.

Atau, sebuah perilaku yang disengaja untuk membudayakan hidup dengan bersih. Ini bertujuan untuk mencegah manusia bersentuhan langsung dengan bahan-bahan kotor dan berbahaya.

Sebab itu, sanitasi di lingkungan sekitar memiliki pengaruh besar terhadap aspek kehidupan. Masyarakat harus ikut berperan aktif dalam menjaga dan mengelola sanitasi. Ini dilakukan untuk mewujudkan lingkungan bersih sehingga menumbuhkan hidup sehat.

Dengan demikian, pengaruh buruk dari lingkungan dapat dicegah. Tapi apakah Anda sudah tahu bagaimana caranya?

Sebenarnya, menciptakan sanitasi lingkungan yang baik dapat dilakukan sehari-hari dengan mudah loh! Contohnya seperti memulai kebiasaaan buang sampah pada tempatnya.

Baca juga: Yuk! Kenalan dengan Sanitasi dan Kenali Manfaatnya

Namun agar lebih paham, berikut 5 cara sederhana menciptakan sanitasi lingkungan yang baik.

1. Budayakan Perilaku Hidup Sehat

Tanamkan budaya berperilaku hidup sehat pada diri sendiri dan orang di sekitar Anda. Seperti biasakan mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. Hingga, hindari buang air besar maupun kecil sembarangan agar tidak mencemari lingkungan sekitar.

Dengan demikian, kuman ataupun virus penyebab penyakit di lingkungan tidak dapat berkembangbiak sehingga lingkungan dan masyarakat sekitar jadi lebih sehat.

Lakukan dan budayakan perilaku hidup sehat untuk menciptakan sanitasi lingkungan yang baik.

2. Memastikan Keamanan Saluran Pembuangan Limbah Cair

United Nations Children’s Fund (UNICEF) Indonesia menyebut, hampir 25 juta orang Indonesia tidak menggunakan toilet untuk buang air kecil maupun besar.

Ini adalah masalah sanitasi yang buruk dan pastinya berisiko negatif terhadap kesehatan masyarakat.

Anda harus melakukan pemisahan limbah cair rumah tangga melalui sumur resapan dan saluran pembuangan air limbah.

Dalam poin ini, Anda wajib memiliki tempat penampungan limbah cair yang memadai. Contohnya, membuat septic tank untuk tempat sekaligus pengolahan limbah cair dari wc atau kakus.

Baca juga: 5 Tips agar Septic Tank Tidak Mampet dan Mudah Penuh

Tapi harus dipastikan! Saat proses pembuatan, pastikan septic tank memiliki kualitas yang bagus. Letakkan septic tank di tempat yang setidaknya berjarak 15 meter dari sumber air bersih untuk menghindari pencemaran.

Seiring berkembangnya zaman, sejumlah produsen bergerak membuat inovasi septic tank. Seperti Pennyu Indonesia menciptakan Pennyu Bio Septic Tank.

Dengan teknologi pengolahan limbah yang terstruktur, Pennyu Bio Septic Tank mengubah limbah cair menjadi lebih ramah lingkungan, dapat dibuang langsung ke selokan.

Karena itu, Pennyu Bio Septic Tank tidak akan penuh dan anti sedot. Jadi, Kalau Pakai Pennyu Semua Pasti Sudah Beres.

Subscribe

Subscribe untuk update artikel dan info promo menarik dari Pennyu

     

    3. Jangan Biarkan Genangan Air

    Adanya genangan air di lingkungan salah satu penyebab bermulanya muncul penyakit. Nyamuk akan memanfaatkan genangan air untuk berkembang biak.

    Jika membiarkan ada genangan air di lingkungan, penyakit akibat nyamuk seperti demam berdarah dengue (DBD) sampai chikungunya akan merebak.

    Jadi jangan biarkan lubang atau sampah, kaleng penyebab genangan berada lingkungan sekitar. Segera bersihkan dan cek tempat-tempat yang berpotensi mudah tergenang air saat musim hujan.

    4. Mengolah Air Minum dan Makanan dengan Benar

    Anda harus memastikan minuman dan makanan yang hendak dikonsumsi sudah melalui pengolahan secara baik dan benar.

    Hal ini mencegah agar terhindar dari penyakit karena pengolahan makanan dan minuman yang tidak benar.

    Selain itu, kebersihan tempat atau wadah makanan dan minuman juga harus diperhatikan. Cuci bersih tempat makan maupun minuman sebelum dan sesudah digunakan.

    Gunakan Ceramic Water Filter Pennyu pada keran air untuk memastikan kebersihan dan kualitas air di rumah. Ceramic Water Filter Pennyu mampu menyaring 99% kontaminan dan kotoran hingga 0,2 micron.

    Kemudian untuk menampung air bersih, Anda dapat menggunakan Tangki Air Pennyu. Sebab, Tangki Air Pennyu dijamin bebas lumut dan memiliki kapasitas lebih besar dibanding produk-produk lain di pasaran.

    5. Membersihkan Kamar Mandi dan Toilet

    Kamar mandi dan toilet harus selalu dibersihkan. Karena lantai kamar mandi senantiasa basah terguyur air dan menjadikannya lembab.

    Kondisi lantai kamar mandi lembab dapat dimanfaatkan berbagai jenis bakteri penyebab penyakit berkembangbiak. Jika hal itu terjadi tentu berdampak buruk bagi kesehatan.

    Agar aman serta terbebas dari bakteri, bersihkan secara rutin kamar mandi dan toilet. Selain aspek kesehatan, membersihkan kamar mandi juga menambah kenyamanan saat digunakan.

    Penyakit karena Sanitasi Lingkungan Buruk

    Penyakit yang akan hinggap pada tubuh Anda jika sanitasi lingkungan buruk bukan cuma diare. Menurut WHO, bermacam-macam penyakit dapat tumbuh karena permasalahan di sanitasi.

    Hepatitis A

    Penyakit yang menyerang pada hati ini salah satunya disebabkan ketika mengkonsumsi makanan dan minuman yang tercemar.

    Infeksi Cacing Usus

    Sama halnya dengan hepatitis, mengkonsumsi makanan dan minuman yang tercemar karena sanitasi buruk dapat memunculkan infeksi cacing dalam usus.

    Tifus

    Infeksi bakteri Salmonella typhi bisa mengakibatkan Anda demam tinggi. Bakteri ini menyerang tubuh karena sanitasi yang buruk.

    Trachoma

    Infeksi bakteri Chlamydia Trachomatis pada mata bisa terjadi jika air kotor masuk ke dalam mata. Bakteri ini bisa menyebabkan mata seseorang buta permanen.

    Disentri

    Bakteri Shigella penyebab disentri menyerang badan lewat makanan dan minuman yang tercemar. Penderitanya mengalami diare berdarah.

    Pennyu Pasti Beres

    Dapatkan Produk Pennyu Sekarang Juga

    Komentar Dinonaktifkan