penyebab stunting anak dari sanitasi buruk

Sumber: Istimewa


3 menit

Isitilah stunting menjadi topik hangat pembicaraan masyarakat semenjak calon wakil presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka mengangkat permasalahan stunting dan sanitasi dalam debat Cawapres 2024.

Menurut Gibran, untuk mengatasi stunting tidak hanya dengan memberikan asupan tambahan kepada ibu hamil saja. Namun juga harus memperhatikan sanitasi di rumah tinggal.

Selama ini stunting atau gizi buruk pada anak-anak dianggap hanya karena asupan nutrisi yang buruk. Namun stunting bukan cuma karena anak kurang gizi belaka, namun juga disebabkan oleh sanitasi yang buruk.

Apakah Anda bingung apa hubungan stunting dengan sanitasi yang buruk? Untuk menjawab kebingungan Anda yuk kita bahas satu persatu.

 

Pengertian Sanitasi mungkin untuk sebagian besar orang sering mendengar istilah tersebut. Tetapi tidak mengetahui betul artinya. Atau bahkan masih banyak yang tidak mengetahui apa itu sanitasi?

Sudah waktunya bagi kita paham betul tentang sanitasi. Sebab dengan pengaplikasian yang benar, sanitasi di lingkungan akan membuat kehidupan jadi lebih bersih dan sehat.

Baca juga: Hal-hal yang Harus Diperhatikan saat Pemasangan Bio Septic Tank

Pengertian Sanitasi

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sanitasi yaitu usaha menciptakan suatu keadaan yang baik di bidang kesehatan masyarakat. Dengan cara menyehatkan lingkungan hidup manusia terutama lingkungan fisik, meliputi tanah, air dan udara.

World Health Organization (WHO) menyatakan, sanitasi adalah usaha mengawasi beberapa faktor lingkungan fisik yang berpengaruh kepada manusia. Terutama terhadap hal-hal yang memberi efek seperti merusak perkembangan fisik, kesehatan, dan kelangsungan hidup.

Dengan demikian, pengertian sederhana sanitasi adalah upaya manusia untuk menjamin dan mewujudkan kondisi memenuhi syarat-syarat kesehatan.

Oleh karena itu, jika sanitasi di suatu lingkungan buruk berdampak pada munculnya berbagai sumber penyakit yang mengganggu kesehatan.

Jika sistem sanitasi di lingkungan suatu daerah tidak bagus, dampaknya akan membuat pencemaran lingkungan yang berakibat fatal untuk kesehatan, terutama pada anak-anak.

Subscribe

Subscribe untuk update artikel dan info promo menarik dari Pennyu

    Untuk memahami sanitasi lebih lanjut, berikut ini akan kami jelaskan macam-macam sanitasi lingkungan.

    Macam-macam Sanitasi Lingkungan

    1. Pengertian Sanitasi Air

    Sanitasi air merupakan sistem penjagaan untuk kebersihan air sebagai kebutuhan rumah tangga hingga industri. Anda dapat menampung air bersih di tangki air.

    2. Pengertian Sanitasi Makanan

    Jenis sanitasi makanan dapat dilihat dari cara menyimpan makanan, pertumbuhan bakteri di dalamnya. Bahan kimia yang digunakan apa akan berakibat buruk jika dikonsumsi.

    3. Pengertian Sanitasi Pengolahan Sampah

    Terakhir, sanitasi pengolahan sampah. Ini jenis sanitasi yang dilakukan dengan cara memisahkan macam-macam sampah dari mulai rumah tangga sampai dengan industri.

    Manfaat Sanitasi Lingkungan

    Setelah mengetahui tentang sanitasi, tentu sedikit banyak Anda mulai dapat menangkap bergunanya sanitasi lingkungan bagi kehidupan manusia bukan?

    Bagaimana jadinya jika sanitasi lingkungan buruk? Tentu berbagai penyakit, salah satunya diare akan menyerang kesehatan manusia.

    Menurut data WHO pada 2020, setidaknya 1,7 miliar orang belum memiliki layanan sanitasi dasar seperti toilet atau jamban pribadi.

    Lalu, 10 persen populasi manusia di dunia diperkirakan mengkonsumsi makanan yang dialiri oleh air limbah. Sungguh mengerikan ya!

    Baca juga: Cara Mewujudkan Toilet Bersih dan Sehat Idaman Keluarga

    Oke! Agar menambah wawasan Anda, simak pentingya dan berbagai manfaat sanitasi lingkungan yang baik di bawah ini.

    1. Mengurangi penyebaran infeksi cacing usus yang banyak terjadi di negara-negara tropis seperti Indonesia.

    2. Meningkat taraf kesehatan masyarakat secara keseluruhan

    3. Menjaga ketersediaan air bersih dan tidak tercemar limbah

    4. Memangkas dampak malnutrisi

    Hubungan Sanitasi dengan Stunting

    Melansir dari Kompas.com, Asisten Ilmuwan Ibu dan Anak dari ICDDR, B-Organisasi Penelitian Kesehatan Internasional yang berbasis di Dhaka, Bangladesh, Dr Shah Mohammad Fahim, pemicu sanitasi buruk tidak adanya akses air bersih yang menyebabkan potensi kontaminasi air.

    Anak-anak yang mengkonsumsi air tercemar bakteri, kuman atau bakteri memiliki risiko tinggi terkena inferksi yang mengganggu penyerapan nutrisi.

    Hal tersebut mengganggu sistem kekebalan tubuh hingga berpotensi meningkatkan peradangan dan kerusakan usus. Pada akhirnya kondisi tersebut membuat anak mengalami gangguan penyerapan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi sehingga memicu kekurangan gizi.

    Nantinya anak-anak yang terpapar sanitasi buruk dalam jangka panjang akan mengalami keterlambatan pertumbuhan fisik dan mental.

    Lebih parahnya tidak hanya risiko stunting, tetapi dampak sanitasi buruk juga meningkatkan risiko anemia dan kekurangan zat besi pada anak-anak. Kemudian dalam langkah mencegah atau menanggulangi masalah ini, para ahli menyarankan untuk lebih fokus pada praktik sanitasi yang baik.

    Seperti memperbaiki akses sanitasi dan kecukupan air bersih di lingkup rumah tangga, mengurangi kontaminasi feses pada makanan dan air.

    Menciptakan Sanitasi Baik dengan Mengolah Limbah Toilet

    anti sedot, bio septic tank, eco friendly, tangki septik, penyebab stunting anak karena sanitasi burukSeperti yang telah diterangkan sebelumnya, limbah toilet berupa feses jika tidak diolah dengan baik berisiko mencemari sumber air bersih di lingkungan sekitar. Dampaknya anak-anak akan berpotensi terkena stunting.

    Saat ini banyak kasus septic tank tradisional yang mudah bocor dan mencemari sumber air bersih di tanah. Untuk menanggulanginya Anda bisa membangun pengolahan limbah toilet dengan Pennyu Bio Septic Tank.

    Pennyu Bio Septic Tank adalah septic tank modern dengan teknologi penguraian limbah memanfaatkan bioteknologi. Dengan 5 tahap proses penguraian limbah toilet akan lebih optimal sehingga air limbah hasil olahan atau efluen tidak akan mencemari lingkungan.

    Hal ini dibuktikan oleh air limbah yang keluar dari outlet Pennyu Bio Septic Tank sudah lolos uji Lab Sucofindo dan sesuai dengan Peraturan Menteri (Permen) LHK No. P.68/Menlhk-Setjen/2016 tentang Baku Mutu Air Limbah Domestik.

    Selain itu, material Pennyu Bio Septic Tank menggunakan plastik Polietilena (PE) tebal yang tidak mudah pecah walaupun di pendam dalam tanah. Pennyu Bio Septic Tank merupakan penguraian limbah toilet yang cocok untuk perumahan padat penduduk seperti di perkotaan. Untuk kelebih Pennyu Bio Septic Tank lainnya dalam mengurai limbah toilet bisa Anda tanyakan langsung ke Customer Service Pennyu Indonesia 0817-0736-698.

    Kawan Pennyu jangan lupa cek artikel menarik seputar sanitasi lainnya di blog Pennyu Indonesia dan apabila Anda mencari produk-produk sanitasi terpercaya konsultasikan ke kami. Pennyu Indonesia menyediakan produk sanitasi berkualitas dan terpecaya. Butuh produk sanitasi yang berkualitas? Dengan Pennyu Pasti Beres.

    Dapatkan Produk Pennyu Sekarang Juga

    Komentar Dinonaktifkan