Inilah 4 Bahan Sederhana untuk Membersihkan Keran Air Berkarat

3 menit

Pembersih karat bisa Anda temukan di kandungan bahan-bahan sederhana lho! Anda bisa menyimpannya di rumah untuk menjaga kebersihan barang-barang Anda.

Salah satunya seperti kebersihan keran harus tetap terawat untuk menjaga kualitas kemurnian air yang Anda gunakan sehari-hari. Biasanya kendala pada keran air yang kerap kali ditemui yakni handle dol, keran berkerak, dan berkarat.

Keran dengan bahan besi atau logam memang berpotensi berkarat. Karat pada keran akan memperngaruhi kualitas air bersih di rumah Anda.

Bagaimana bisa? Ketika mengalirkan air bersih, karat yang menempel pada keran bisa mencemari rasa, memberi bau karat pada air, dan serpihan karat berpotensi hanyut terbawa aliran air.

Baca juga: 10 Penyebab Aliran Keran Air di Rumah Mengecil

Lalu jika keran air di rumah berkarat haruskah diganti baru? Tidak juga kok! Selama karat pada keran bisa dibersihkan Anda tidak perlu mengganti keran dengan yang baru.

Daripada langsung menggantinya, yuk coba bersihkan karat pada keran air terlebih dahulu!

Dirangkum dari berbagai sumber, inilah lima bahan sederhana untuk hilangkan karat di keran air.

1. Pembersih Karat dari Cuka Putih

Bukan cuma untuk menambah asam makanan lho, ternyata cuka bisa digunakan sebagai pembersih karat di keran air.

Kandungan asam asetat dalam cuka putih, dapat bereaksi dan memisahkan logam dari oksida besi atau karat.

Cara menggunakan cuka putih untuk membersihkan karat tidaklah sulit. Anda hanya perlu merendam keran berkarat dengan cuka putih kurang lebih selama 30 menit. Setelah itu ambil keran dan sikat hingga karat hingga rontok.

2. Air Campuran Garam dan Lemon

Garam adalah zat natrium klorida (NaCl). NaCl sangat mempengaruhi laju korosi pada suatu material. Air campuran garam ditambah dengan lemon yang mempunyai kadar asam tinggi bisa digunakan untuk pembersih karat pada keran air.

Cara menghilangkan karat di keran dengan air campuran garam dan lemon sangat mudah. Anda hanya perlu memeras beberapa potong lemon, tambah sedikit air, dan tabur garam secukupnya.

Baca juga: 6 Tips Memilih Keran Air Wastafel Dapur, Anti Muncrat

Kemudian aduk hingga merata. Rendam keran air berkarat ke dalam campuran perasan lemon dan garam kurang lebih 2 jam. Selanjutnya gosok menggunakan sikat atau alumunium foil.

Subscribe

Subscribe untuk update artikel dan info promo menarik dari Pennyu

     

    3. Pembersih Karat dari Baking Soda

    Natrium bikarbonat atau lebih dikenal dengan sebutan baking soda adalah bahan kimia yang bereaksi terhadap oksidasi besi untuk menghilangkan karat dengan mudah.

    Caranya campurkan baking soda dengan air hingga mengental menyerupai pasta, lalu oles ke bagian keran air yang berkarat.

    Diamkan beberapa saat, lalu gosok dengan alumunium foil atau sikat gigi sampai karat rontok. Terakhir bilas dengan air hingga bersih.

    4. Gunakan Asam Oksalat

    Mungki sebagian orang masih asing dengan asam oksalat. Asam oksalat mempunyai rumus C2H2O. Sebenarnya asam oksalat ada dalam tanaman organik yang dapat ditemukan di berbagai macam tumbuhan. Beberapa jenis makanan yang mengandung asam oksalat meliputi kentang, ubi, hingga alpukat.

    Salah satu kegunaan asam oksalat adalah sebagai daya tahan atau menghilangkan karat. Anda bisa membeli asam oksalat di e-commerce.

    Ketika menggunakan cairan oksalat untuk menghilangkan karat, pastikan lindungi tangan Anda dengan sarung tangan dan hindari mencium bau asam oksalat. Selain itu Anda juga harus hindari menyalakan api di dekat cairan ini.

    Cara menggunakan asam oksalat untuk menghilangkan karat tidak susah kok. Pertama, cuci keran berkarat dengan air terlebih dahulu, lalu diamkan hingga kering. Selanjutnya campur 25 ml asam oksalat dengan air hangat sebanyak 250 ml.

    Lalu rendam keran berkarat ke dalam campuran asam oksalat selama 30 menit. Setelah itu angkat keran dan gosok dengan sikat kawat atau abrasif hingga karat terlepas.

    Baca juga: Rahasia Memasang Keran Air agar Tidak Miring

    Terakhir, jika keran air sudah benar-benar bersih dari karat, Anda bisa membilasnya dengan air.

    Bila tidak ingin keran air di rumah berkarat, Anda bisa mengganti keran di rumah dengan jenis plastik.

    Tapi yang perlu Anda perhatikan gunakan keran air plastik yang penutup lubang aliran atau stopper-nya terbuat dari karet seal. Hal ini agar kualitas air yang mengalir melalui keran benar-benar terhindar dari karat.

    Pennyu Keran Air adalah pilihan tepat untuk Anda. Mempunyai berbagai jenis sesuai peruntukannya, meliputi keran air untuk kamar mandi, wastafel dapur, sampai taman.

    Selengkapnya tentang Pennyu Keran Air bisa Anda klik di sini.

    Sumber:

    https://nakita.grid.id/read/022752411/wah-nyesel-barutahu-menghilangkan-karat-pada-pisau-ternyata-bisa-menggunakan-cuka-dan-caranya-gampang-banget?page=all

    https://www.alodokter.com/mengenal-asam-oksalat-dan-dampaknya-terhadap-kesehatan

    https://id.wikihow.com/Menghilangkan-Karat

    https://media.neliti.com/media/publications/174781-ID-sinergisme-konsentrasi-nacl-dan-ukuran-p.pdf

    Dapatkan Produk Pennyu Sekarang Juga

    Komentar Dinonaktifkan