Rahasia Membuat Septic Tank Di Tanah Berair Dijamin Aman

2 menit

Cara Mudah Membuat Septic Tank

Septic tank adalah komponen penting untuk menciptakan sanitasi lingkungan yang baik di rumah Anda. Oleh karena itu, penting membuat septic tank dengan baik dan benar.

Umumnya, septic tank berfungsi sebagai tempat dan pengolahan limbah domestik rumah tangga yang berasal dari toilet. Ketika membuat septic tank, dianjurkan menempatkannya tidak terlalu dekat dengan sumur agar tidak mencemari air bersih, minimal 10-15 meter.

Selain itu, usahakan juga letak septic tank lebih rendah dari toilet. Hal ini berguna untuk memperlancar proses pembuangan.

Tapi disamping itu semua, bagaimana caranya membuat septic tank di tanah berair? Pasalnya ketika Anda menggali, tanah ini mudah sekali mengeluarkan air.

Baca juga: 5 Tips Awet Muda dengan Menjaga Kesehatan Kulit

Baiklah kita bahas rahasia membuat septic tank di tanah berair:

Menggali dan Menguras Air di Lubang

Pertama, untuk membuat septic tank sesuaikan galian tanah dengan ukuran septic tank yang akan dibuat.

Ketika menggali tanah di tipe berair, pasti air akan muncul dari tanah hingga menggenangi galian. Nah, langkah selanjutnya yaitu menguras air yang menggenangi galian hingga surut.

Membuat Alas Septic Tank

Ketika selesai menguras air di dalam lubang galian, Anda harus segera membuat alas atau landasan untuk septic tank.

Direkomendasikan ketika membuat adonan untuk alas septic tank gunakan takaran semen lebih banyak dan jangan campurkan air terlalu banyak.

Baca juga: Coba 5 Ritual ini untuk Cegah Senin Mager

Ini berfungsi untuk mempercepat proses pengeringan alas. Atau, Anda dapat mencampurkan obat pengering semen agar lebih rekat dan kuat.

Memasang Buis Beton

Setelah alas septic tank dari semen cor sudah cukup kering, langsung letakkan buis atau gorong-gorong beton ke dinding galian. Pastikan buis terpasang dengan benar dan sejajar dengan ketinggian galian.

Subscribe

Subscribe untuk update artikel dan info promo menarik dari Pennyu

     

    Memasang Pipa ke Saluran Inlet dan Outlet

    Langkah berikutnya yaitu memasang instalasi pipa ke saluran inlet dan outlet Pennyu Bio Septic Tank. Pastikan tidak ada kesalahan saat memasang.

    Gunakan Pennyu Bio Septic Tank

    Bio Septic Tank adalah septic tank modern memanfaatkan sistem bioteknologi yang kini sudah hadir sebagai pilihan terbaik bagi masyarakat.

    Cara kerja bio septic tank ini sebenarnya memiliki fungsi yang hampir sama dengan septic tank konvensional, yaitu menampung dan mengolah kotoran manusia.

    Bedanya, bio septic tank menggunakan tempat penampungan kotoran yang lebih modern.

    Bio septic tank biasanya berbahan dasar plastik PE, sehingga terbukti lebih kuat dan memiliki usia cenderung lebih lama.

    Baca juga: Pertimbangkan 5 Poin ini agar Rumahmu Ramah Lingkungan

    Dengan begitu, limbah yang ada di bio septic tank tidak akan menembus atau menetes ke tanah. Jadi lingkungan sekitar aman dari pencemaran limbah toilet.

    Pennyu Bio Septic Tank juga mampu mengurai limbah domestik (khususnya black water) menjadi lebih ramah sehingga limbah bisa langsung dialirkan menuju selokan.

    Keunggulan Pennyu Bio Septic Tank salah satunya yaitu jika penggunaannya sesuai tidak perlu sedot rutin seperti septic tank konvensional sehingga anti sedot. Jadi, bila bio septic tank terpasang dengan benar dijamin tidak akan penuh.

    Anda dapat mengetahui keunggulan Bio Septic Tank lebih lengkap di “Pengertian dan Keunggulan Pennyu Bio Septic Tank, Anti Sedot” dan klik ini untuk cara pemasangannya “Memasang Bio Septic Tank dengan Baik dan Ideal”.

    Jika ingin menanyakan mengenai harga bio septic tank, Anda bisa langsung menghubungi email [email protected] atau 0817-0736-698.

    Catatan:

    • Pastikan instalasi perpipaan inlet dan outlet Pennyu Bio Septic Tank sudah terpasang dengan benar.
    • Jika Pennyu Bio Septic Tank diletakkan di tempat rawan genangan, buat lubang saluran di bawah tanah untuk mengalirkan air genangan ke sumur resapan.
    • Isi Pennyu Bio Septic Tank dengan air penuh sebelum menimbunnya dengan tanah.

    ~Pennyu Pasti Beres~

    Dapatkan Produk Pennyu Sekarang Juga

    Komentar Dinonaktifkan