Cara Memasang Bio Septic Tank dengan Baik dan Ideal, pennyu bio septic tank berukuran kecil

5 menit

Cara pemasangan bio septic tank secara ideal dan sesuai dengan petunjuk standar memastikan bio septic tank bekerja maksimal. Cara pemasangan bio septic tank yang ideal ini hampir seperti memasang septic tank konvensional.

Sebelum membahas cara pemasangan Pennyu Bio Septic Tank yang baik dan ideal sesuai dengan standar, alangkah lebih bijak jika teman-teman menambah pengetahuan tentang septic tank konvensional dan bio septic tank.

Pengertian Septic Tank Konvensional?

Berdasarkan SNI 2398:2017 septic tank konvensional adalah suatu kolam kedap air yang disekat terbagi dalam beberapa ruang dan ditempatkan di bawah tanah. Berfungsi sebagai tempat penampungan sekaligus mengurai limbah toilet. Tangki ini dibuat dengan bahan yang kedap air untuk mencegah cairan limbah meresap ke tanah dan berdampak pada pencemaran lingkungan.

Baca jugaKeunggulan Pennyu Bio Septic Tank, Anti Sedot

Pengertian Bio Septic Tank

Sebenarnya bio septic tank memiliki pengertian dan fungsi yang sama dengan septic tank konvensional. Namun bio septic tank adalah pengurai limbah toilet modern dengan memanfaatkan bioteknologi. Sehingga jumlah bakteri pengurai limbah lebih banyak jumlahnya dibadingkan septic tank konvensional. Dengan demikian limbah toilet akan terurai dengan baik menjadi cairan yang bisa langsung dialirkan ke selokan tanpa khawatir mencemari lingkungan.

Baca juga: Gunakan Cara ini untuk Menghilangkan Bau Menyengat Septic Tank

Keuntungan lainnya jika memilih bio septic tank sebagai pengurai limbah toilet yakni Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sedot WC selama 2,5 tahun sekali karena bio septic tank tidak mudah penuh. Selain itu karena cairan hasil penguraian ramah lingkungan, Anda tidak perlu membuat sumur resapan. Penggunaan bio septic tank sangat dianjurkan untuk mereka yang tinggal di daerah padat penduduk seperti perkotaan.

Apabila Anda mencari bio septic tank yang sudah terbukti kualitasnya, Pennyu Bio Septic Tank jawabannya.

Kemudian apabila sudah memilih Pennyu Bio Septic Tank sebagai pengurai limbah toilet di hunian Anda, berikut ini kami akan jelaskan cara pemasangan Pennyu Bio Septic Tank.

Subscribe

Subscribe untuk update artikel dan info promo menarik dari Pennyu

     

    Pemasangan Pennyu Bio Septic Tank yang ideal:

    1. Memilih Lokasi untuk Pennyu Bio Septic Tank

    Pertama yang harus dilakukan adalah memilih atau menentukan lokasi yang akan digunakan untuk menempatkan Pennyu Bio Septic Tank baik di dalam atau luar ruangan. Pastikan pemilihan tempat dipertimbangkan terlebih dahulu supaya lahan pada tempat hunian anda tepat guna dan tidak mengganggu di kemudian hari.

    Kemudian pemilihan tempat juga harus berdekatan dengan toilet minimal 1,5 meter sesuai Permenkes No. 3 Tahun 2014. Pertimbangkan pula letak Pennyu Bio Septic Tank dekat dengan selokan untuk mengalirkan efluen atau limbah cair hasil penguraian dari saluran outlet. Jika tidak, Anda bisa membuat sumur resapan dengan jarak minimal 5 meter dari Pennyu Bio Septic Tank.

    2. Mengenali Jenis Tanah

    Setelah menentukan tempat, Anda harus mengenali jenis tanah yang akan digali untuk tempat Pennyu Bio Septic Tank. Umunya ada dua jenis tanah yakni:

    a. Tanah normal

    Jenis tanah ini relatif lebih kering atau bisa disebut normal tidak berair.

    b. Tanah berair

    Kondisi pori-pori tanah terisi oleh air. Jadi jika semakin dalam lubang galian, air akan keluar dari tanah.

    3. Menyiapkan Lubang Galian

    Saat membuat lubang galian pastikan sesuai dengan ukuran atau diameter produk ditambah 20 cm lebar dan tinggi 30 cm dari tinggi total Pennyu Bio Septic Tank. Hal ini berfungsi untuk memudahkan Anda dalam memasang septic tank dan instalasi perpipaan.
    Kemudian ketika membuat lubang galian pada tanah jenuh air atau tanah berair, Anda memerlukan bantuan pompa celup untuk memompa jika ada air menggenang di dasar galian.

    4. Membuat Alas dan Melapisi Dinding Lubang Galian

    Anda wajib membuat alas dasar beton yang rata dengan ketebalan 10 cm. Gunakan waterpass untuk memastikan tingkat kerataan dari alas dasar beton tersebut. Perlu diperhatikan:

    a. Tanah Berair

    Ketika membuat alas dasar pada lubang galian di tanah berair, Anda bisa terlebih dahulu mencetak alas dasar beton di luar lubang galian. Jika alas cetakan sudah kering, langkah selanjutnya yaitu menyedot genangan air pada lubang galian dengan pompa celup. Lalu meletakkan alas dasar yang sudah tercetak ke dalam lubang galian.

    b. Area Ramai Aktivitas

    Apabila Anda menempatkan Pennyu Bio Septic Tank di dalam ruangan seperti di carport, Anda wajib menambah dinding batu bata yang diplester semen pada galian untuk menahan tekanan dari aktivitas luar.

    5. Memasang Instalasi Perpipaan

    Instalasi perpipaan yang dibutuhkan oleh Pennyu Bio Septic Tank terdiri dari satu jalur inlet, dan satu jalur untuk outlet. Gunakan pipa PVC berdiameter 3 inch untuk outlet. Untuk masing-masing panjangnya bisa disesuaikan. Disarankan menambah pipa knee pada ujung pipa outlet dan mengarahkannya sesuai dengan arus untuk mencegah air selokan masuk ke dalam saluran outlet.
    Perlu diperhatikan: Pastikan saluran perpipaan inlet mempunyai tingkat kemiringan minimum 2 persen untuk mempermudah air dan limbah toilet masuk ke dalam Pennyu Bio Septic Tank. Sama halnya saluran pipa outlet juga harus memiliki tingkat kemiringan atau elevasi minimum 2 persen untuk memudahkan membuang cairan hasil penguraian atau efluen ke selokan.

    6. Menurunkan Pennyu Bio Septic Tank ke Dalam Lubang Galian

    Setelah lubang galian dan semua instalasi perpipaan siap, langkah selanjutnya yaitu menurunkan Pennyu Bio Septic Tank dalam lubang galian. Pastikan posisi atau arah sambungan inlet dan outlet di body Pennyu Bio Septic Tank sesuai dengan instalasi pipa yang telah dirancang. Kemudian pastikan Pennyu Bio Septic Tank sudah mendarat dengan sempurna. Jangan sampai menggantung atau miring ya!

    7. Memasang Instalasi Perpipaan ke Pennyu Bio Septic Tank

    Saat menyambung instalasi perpipaan gunakan lem pipa untuk merekatkan pipa satu dengan yang lain. Kemudian cek semua sambungan pipa untuk memeastikan perpipaan sudah tersambung dengan sempurna.

    8. Mengisi Air dan Menguruk Pennyu Bio Septic Tank

    Setelah pipa terkoneksi dengan sempurna, langkah selanjutnya adalah mengisi air sampai keluar dari saluran pipa outlet dan menguruk Pennyu Bio Septic Tank secara bersamaan. Lakukan pengurukan lubang galian dengan pasir halus secara bertahap. Pertama uruk galian setinggi 40 cm lalu padatkan secara manual. Ulangi cara ini beberapa kali hingga pipa outlet tertimbun.
    * Menambah air dan menguruk pasir secara bersamaan berfungsi agar Pennyu Bio Septic Tank stabil serta lebih kuat menahan tekanan tanah.

    9. Menentukan Instalasi Bagian Atas Pennyu Bio Septic Tank

    Setelah memendam Pennyu Bio Septic Tank. Selanjutnya memembuat instalasi tutup beton lubang inspeksi untuk melindungi Pennyu Bio Septic Tank. Anda bisa menggunakan metode cor bertulang atau plat besi.

    10. Memasang Pipa Ventilasi

    Gunakan pipa PVC berdiameter 2 inch. Selanjutnya pasang pipa ventilasi setinggi 2 meter dari permukaan tanah dan disarankan menambah pipa T pada bagian ujung untuk mencegah air hujan masuk ke dalam Pennyu Bio Septic Tank. Pipa ventilasi berfungsi untuk menjaga sirkulasi keluar masuk udara di dalam Pennyu Bio Septic Tank.

    11. Membuka Kemasan Klorin dan Menambahkan Bakteri Pengurai

    Ini adalah langkah terakhir dari pemasangan Pennyu Bio Septic Tank yaitu melepaskan bungkus plastik klorin desinfektan dan menambahkan bakteri pengurai limbah toilet. Namun jangan menambahkan bakteri pengurai limbah toilet jika Pennyu Bio Septic Tank belum digunakan dalam jangka waktu dekat.

    Perawatan Pennyu Bio Septic Tank:

    1. Hindari memasukkan limbah anorganik atau benda tidak dapat terurai ke dalam kloset. Hal ini mencegah saluran WC mampet.

    2. Menggunakan cairan pembersih kloset secukupnya. Karena bahan kimia pada cairan pembersih kloset dapat membunuh bakteri pengurai tinja dalam bio septic tank.

    3. Menambahkan bakteri pengurai tinja atau bakteri starter secara rutin setiap 6 bulan sekali. Fungsinya untuk membantu proses penguraian agar lebih efektif.

    4. Mengecek tablet klorin disenfektan berkala setiap 6 bulan sekali. Ini bertujuan agar efluen lebih ramah lingkungan saat dialirkan langsung ke selokan. Tambahkan klorin apabila yang berada di dalam lubang tube habis.

    5. Jika terjadi permasalahan kloset mampet atau output bio septic tank tersumbat, lakukan pengecekan melalui lubang inspeksi (manhole) untuk mendeteksi ruang mana yang bermasalah.

    Dengan memasang dan memperlakukan Pennyu Bio Septic Tank sesuai anjuran produk, banyak sekali manfaat yang akan dirasakan.

    Seperti limbah toilet yang menjadi ramah lingkungan, tidak mudah penuh, awet, simpel dan terjangkau dalam pemasangan. Selengkapnya Tentang Pennyu Bio Septic Tank

    Dapatkan Produk Pennyu Sekarang Juga

    Komentar Dinonaktifkan