Cara Memasang Tangki Pendam di Rumah

< 1 menit

Cara memasang tangki air pendam yang baik dan tepat perlu dilakukan agar bisa bekerja dengan optimal. Tangki air pendam adalah penampungan air bersih yang ditempatkan ditanam dalam tanah.

Tangki air pendam yang baik bermaterial Polyethylene (PE) yang tebal, karena lebih kuat ketika dipendam di dalam tanah. Supaya tangki air pendam semakin awet berada di bawah tanah, Anda bisa membuat pondasi dari beton atau semen.

Atau bisa juga membuat tembok pengamanan (hanya untuk menahan tanah) dan dasar lubang dengan cor semen yang rata dan halus, maka tangki pendam akan aman dan awet.

Berikut ini adalah cara memasang tangki air pendam yang bisa Anda ikuti.

Subscribe

Subscribe untuk update artikel dan info promo menarik dari Pennyu

     

    Langkah Langkah Memasang Tangki Air Pendam yang Ideal

    • Buat lubang galian dengan ukuran sesuai diameter tangki ditambah 20 cm pada sekelilingnya (untuk pemasangan batu bata) dengan kedalaman sesuai tinggi tangki ditambah  20 cm (untuk pemasangan batu bata pada dasar dan dak beton).
    • Pasang batu bata pada dasar dan dinding lubang, rekatkan dengan semen. –
    • Dinding semen dan batu bata dibuat sebagai kerangka penguat untuk menahan seandainya tanah tidak stabil atau bergerak.
    • Pastikan dasar lubang rata dan tidak ada tonjolan tajam di dalamnya. Kemudian Masukkan tangki pendam kedalam lubang dengan hati-hati (jangan dijatuhkan).

    • Sambung ring inlet dengan pipa dari sumber air sedangkan ring outlet (menuju kran) pada  rangkaian pipa hisap Pompa air. Sebaiknya diberi pelampung otomatis agar tangki selalu dalam keadaan penuh.

    cara memasang tangki air pendam

    • Tutup lubang galian dengan dak beton yang dapat dibuka dan ditutup sebagai akses untuk inspeksi (pemeriksaan). Lubang inspeksi dapat ditutup dengan plat boardes.

    cara memasang tangki air pendam

    Menggunakan tangki pendam dapat mengatasi masalah sumber air bersih bertekanan lemah. Selain itu menggunakan tangki air pendam untuk menampung air bersih adalah solusi untuk Anda yang tidak ingin menghabiskan terlalu banyak ruang. dengan Pemasangan dan instalasi yang sesuai pengguna akan mendapatkan manfaat yang maksimal dari Tangki Pendam Pennyu. Informasi lebih lengkap tentang Pennyu Tangki Air Pendam.

    Konsultasikan kebutuhan penampungan air bersama Tim Pennyu Indonesia

    Komentar Dinonaktifkan