manhole adalah, fungsi manhole, tangki septik, bio septic tank, memilih bio septic tank

2 menit

Manhole adalah lubang inspeksi struktur yang dirancang untuk memberikan akses untuk seseorang melakukan pengecekan atau perawatan. Seperti pengertiannya, keberadaan manhole pada bio septic tank berfungsi untuk pemeliharaan secara mandiri maupun petugas sanitasi.

Karena memiliki peran penting pada bio septic tank, penting untuk memahami manhole.

Pengertian Manhole

Secara fisik manhole adalah lubang besar yang ditutup dan terletak pada bagian atas bio septic tank. Komponen utama manhole berupa tutup (cover) yang menutupi lubang. Kemudian material manhole tergantung pada bahan yang digunakan untuk membuat bio septic tank.

Baca juga: 5 Rahasia agar Septic Tank Tidak Mudah Penuh

Fungsi Manhole Adalah untuk Mengatasi WC Mampet

mengatasi wc mampet, toilet macet, manhole adalah
Sumber: Istimewa

Fungsi manhole yakni untuk mengatasi jika WC atau septic tank mampet karena limbah anorganik atau barang yang tidak dapat teruarai seperti tissue menyumbat saluran kloset menuju septic tank. Selain limbah toilet, WC mampet juga disebabkan oleh barang yang tidak dapat diurai masuk ke kloset.

Misalnya secara sengaja orang membuang tisu, pembalut, dan sampah lain ke lubang kloset yang menyebabkan WC mampet. Jika terjadi kasus seperti ini, Anda harus menanganinya secara mandiri atau bisa memanggil jasa sedot WC untuk mengatasinya melalui manhole.

Caranya Anda bisa membuka manhole dan mencari lubang pipa inlet yang berasal dari kloset. Kemudian Anda bisa menggunakan alat untuk menarik sampah yang menyumbat di saluran pipa.

Jangan  Kubur Manhole

manhole adalah, pengertian manhole, fungsi manhole
Sumber: realhome.com

Begitu krusial fungsi manhole pada bio septic tank. Oleh karenanya pemasangan bio septic tank harus benar tanpa mengubur manhole. Meskipun begitu ada beberapa orang yang masih ngeyel mengubur manhole, alasan karena tidak ingin membangun pelindung dari buis karena dinilai mahal. Namun hal tersebut akan merepotkan Anda nantinya.

Fungsi manhole sebagai sarana maintenance septic tank tentunya harus mudah untuk diakses kapanpun. Jadi misalnya Anda memutuskan mengubur manhole, lalu suatu saat bio septic tank mengalami masalah Anda harus membongkar kembali manhole untuk diakses. Hal ini tentu sangat tidak efektif karena memerlukan tenaga ekstra, biaya pembongkaran, dan membuang-buang waktu.

Baca juga: Awas! Air Sabun Buat Kloset Mampet, Ini Alasannya

Jika Anda tetap mengubur manhole dengan alasan agar lebih ekonomis karena tidak membangun kotak buis beton sebagai pelindung, tapi juga pikirkan dampak ke depan yang pasti akan merepotkan Anda.

Nah itulah pengertian dan fungsi-fungsi manhole yang perlu Anda ketahui. Lalu apabila saat ini Anda mencari bio septic tank ramah lingkungan dan mempunyai spesifikasi berkualitas, Pennyu Bio Septic Tank adalah jawabannya. Simak penjelasannya di bawah ini.

Gunakan Pennyu Bio Septic Tank

Pennyu, bio septic tank, pengurai limbah, apa itu ipal, manhole adalah
Sumber: Pennyu Indonesia

Apabila Anda sedang mencari bio septic tank berkualitas, tidak mudah penuh, lapisan dinding kuat, dan tidak mudah bocor Pennyu Bio Septic Tank pilihannya. Pennyu Bio Septic Tank adalah tangki pengurai limbah toilet dengan 5 metode penguraian sehingga dan tidak perlu repot sedot secara berkala.

Limbah hasil penguraian Pennyu Bio Septic Tank lebih ramah lingkungan, sudah terbukti lolos uji Laboratorium Sucofindo dan Dinas Lingkungan Hidup. Sesuai dengan Permen LHK No. P.68/Menlhk-Setjen/2016 tentang Baku Mutu Air Limbah Domestik. Informasi lebih lanjut mengenai Pennyu Bio Septic Tank bisa langsung ditanyakan ke Customer Service Indonesia 08170736698.

Semoga informasi di atas membantu ya! Kawan Pennyu jangan lupa cek artikel menarik seputar sanitasi lainnya di blog Pennyu Indonesia dan apabila anda mencari produk-produk sanitasi terpercaya konsultasikan ke kami. Pennyu Indonesia menyediakan produk sanitasi berkualitas dan terpercaya. Butuh produk sanitasi yang berkualitas? Pennyu Pasti Beres

Komentar Dinonaktifkan