sedot wc, biaya sedot wc

Sumber: Kompasiana


3 menit
Ketika WC di rumah bermasalah dan membutuhkan jasa sedot WC berarti Anda sedang berada di artikel yang tepat. Di sini kita akan membahas rincian biaya sedot WC di berbagai daerah. Tentunya setiap daerah memiliki tarif sedot WC yang berbeda-beda. Berikut ini faktor-faktor yang mempengaruhi mahal murahnya biaya sedot WC di berbagai daerah.

Faktor-faktor yang mempengaruhi biaya sedot WC

biaya sedot wc, sedot wc jkt, ongkos sedot wc, wc mampet
Sumber: sedotwcjakarta.id
Umumnya semakin besar ukuran septic tank yang harus dibersihkan semakin mahal pula harga sedot WC yang harus dibayarkan. Namun, selain itu ada beberapa faktor yang memengaruhi biaya sedot WC meliputi:

1. Vendor

Tarif jasa sedot WC dapat berbeda antara penyedia, sebaiknya Anda membandingkan harga dari beberapa vendor sebelum memilih yang terbaik.

2. Tempat

Tarif sedot WC dapat berbeda-beda tergantung pada lokasi geografis Anda; biaya mungkin lebih tinggi di kota-kota besar daripada di daerah pedesaan. Lokasi tempat Anda tinggal dapat memengaruhi biaya penyedotan.

3. Ukuran WC

Tarif sedot WC juga dapat dipengaruhi oleh ukurannya. Toilet yang lebih besar mungkin memerlukan lebih banyak waktu dan tenaga saat proses penyedotan, sehingga menghasilkan biaya yang lebih mahal.

4. Aksebilitas

Jika akses WC sulit dijangkau, seperti berada di lantai atas atau manhole septic tank dipendam, biaya sedot WC mungkin lebih mahal. Karena usaha yang diperlukan bertambah besar untuk menyelesaikan sedot WC.

5. Jenis Layanan

Biaya sedot WC bervariasi tergantung pada jenis layanan yang Anda butuhkan, seperti penyedotan lumpur, penyedotan tinja, dan pembebasan sumbatan.

Biaya Sedot WC Termurah 2023 di Berbagai Daerah

biaya sedot wc, penyedotan wc
Sumber: The Spruce
Berikut ini akan kami uraikan biaya sedot WC di berbagai daerah.

1. Kota Bandung

Harga sedot WC di Kota Bandung diatur dalam Peraturan Direksi No.657/Perdir.03 PDAM/2018. Adapun dalam perjanjian tersebut tarif sedot WC dikelompokkan menjadi beberapa macam.
– Kelompok sosial: Rp220.000/m3
– Kelompok rumah tangga: Rp330.000/m3
– Instansi: Rp330.000/m3
– Kelompok Niaga: Rp385.000/m3
– Kelompok Industri: Rp440.000/m3

2. Lumajang

Kemudian untuk biaya sedot WC di daerah Lumajang sekitar Rp225.000/m3 hingga Rp260.000/m3 untuk rumah tangga

3. Depok

– Rumah tangga: Rp70.000/m3
– Lokasi komersil seperti perkantoran, hotel, dan kos: Rp150.000/m3
– Tempat sosial seperti rumah ibadah, gedung sekolah: Rp30.000/m3
– Rumah tangga dikenakan biaya Rp70.000/m3

4. DKI Jakarta

Dikutip dari Paljaya, berikut ini rincian tarif sedot WC di daerah Jakarta.
– Rumah tangga: Rp333.000
– Selain pelanggan rumah tangga: Rp166.500

5. Palangkaraya

Berdasarkan harga CV Cahaya Mandiri salah satu jasa sedot WC di Palangkaraya, berikut ini biaya jasa sedot WC di Palangkaraya sekitar Rp500.000-Rp700.000.

6. Surabaya

Biaya jasa sedot WC di area Surabaya mulai dari Rp300.000-Rp700.000. Mahal murahnya biaya sedot WC tergantung pada lebarnya septic tank.

7. Kota Bogor

Kemudian harga sedot WC untuk wilayah Kota Bogor diatur dalam Perda Kota Bogor No. 4/2012. Ini adalah tarif penyedotan WC dalam daerah dengan kapasitas tangki septik 3 m3 sebagai berikut:
– Rumah tinggal Rp250.000/rit
– Asrama, kantor pemerintah, lembaga sosial Rp300.000/rit
– Kantor swasta, toko, rumah sakit Rp600.000/rit
– Penyedotan tangki septik di dalam daerah untuk motor tangki maksimal 400 L
– Rumah tinggal Rp100/rit
– Asrama, kantor pemerintah, lembaga sosial Rp150.000/rit
– Kantor swasta, toko, rumah sakit Rp250.000/rit
* Perhatian! Harga sedot WC bisa berubah sewaktu-waktu.

Pentingnya rutin sedot septic tank

Dalam rangka menjaga kebersihan, kesehatan, dan lingkungan yang baik, sedot WC atau septic tank konvensional secara teratur sangatlah penting. Menurut SNI 2398:2017 melakukan sedot WC secara rutin minimal 2 tahun dan maksimal 5 tahun sekali.
Namun persepsi tersebut belum dimengerti dengan baik. Fenomenanya masih banyak masyarakat menganggap jika semakin lama usia septic tank dan tidak pernah penuh berarti tidak masalah.
Faktanya persepsi ini tidak benar. Anda perlu mencurigai jika septic tank konvensional di rumah tidak pernah penuh meskipun tak disedot secara berkala. Hal itu bisa disebabkan tangki septik mengalami kebocoran.

Gunakan Pennyu Bio Septic Tank

Apabila tidak menginginkan sedot septic tank secara berkala, Anda bisa memilih Pennyu Bio Septic Tank sebagai pengolah limbah toilet. Pennyu Bio Septic Tank mempunyai 5 proses tahap penguraian yang optimal memastikan limbah toilet menjadi limbah cair yang ramah lingkungan.
Terbukti limbah hasil olahan sudah lolos uji laboratorium sucofindo dan dinas lingkungan hidup. Sesuai dengan Permen LHK No. P.68/Menlhk-Setjen/2016 tentang Baku Mutu Air Limbah Domestik.
Kemudian Pennyu Bio Septic tank dibekali dengan garansi Dijamin Pabrik selama 12 tahun. Klaim garansi mudah hanya melalui Whatsapp atau SMS. Informasi lebih lanjut tentang Pennyu Bio Septic Tank bisa Anda tanyakan ke Customer Care kami di 08170736698.
Semoga informasi di atas membantu ya! Kawan Pennyu jangan lupa cek artikel menarik seputar sanitasi lainnya di blog Pennyu Indonesia dan apabila anda mencari produk-produk sanitasi terpercaya konsultasikan ke kami. Pennyu Indonesia menyediakan produk sanitasi berkualitas dan terpercaya. Butuh produk sanitasi yang berkualitas? Pennyu Pasti Beres

Dapatkan Produk Pennyu Sekarang Juga

Komentar Dinonaktifkan