penyebab wc baut idak enak, toilet mampet, wc tersumbat

Sumber: Shutterstock


2 menit

Pernah mengalami ketika masuk ke toilet ada bau menyengat dari WC? Tentu pengalaman ini tidak menyenangkan bukan? Ada beberapa penyebab WC mengeluarkan bau tidak sedap, yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Penyebab WC Bau Tidak Sedap

1. Penumpukan Jamur

toilet bau, kloset kotor, bio septic tank
Sumber: Istimewa

Bau menyengat dan tajam pada WC bisa saja disebabkan oleh penumpukkan jamur di kloset. Jika kamu merasa telah rajin membersihkan WC namun masih muncul bau, ini bisa jadi karena jamur yang berkembangbiak di tepi-tepi WC yang terabaikan.

Baca juga: 3 Cara Mengatasi WC Mampet Tanpa Perlu Bongkar Tangki Septik

Cara mengatasinya:

Gosok bagian tepi WC yang terlihat kotor, termasuk tepi bawah mangkuk WC dengan sikat gigi bekas dan cuka. Jangan lupa juga untuk membersihkan bagian bawah dudukan WC.

2. WC Lama Tidak Digunakan

wc tidak pernah digunakan, wc duduk, kloset bau
Sumber: Istimewa

Saat terlalu lama tidak digunakan, air dalam mangkuk WC atau kloset akan menguap. Akibatnya bau gas dari pembuangan tangki septik naik ke saluran dari mangkuk WC.

Cara mengatasinya:

Anda hanya perlu mengisi ulang air di dalam mangkuk WC. Mungkin Anda perlu melakukan ini beberapa kali untuk menghilangkan bau tidak sedap tersebut.

3. Sumbatan di Saluran Pembuangan WC

wc mampet, kloset, wc tidak mampet, septic tank, cara
Sumber: Istimewa

Penyebab WC mengeluarkan bau tidak sedap selanjutnya karena adanya penyumbatan di saluran buang. Ketika saluran pembuangan tersumbat, WC membutuhkan waktu lebih lama untuk mengalirkan air dan mengisi ulang sehingga menyebabkan ketinggian air turun.

Baca juga: 5 Rahasia Agar Septic Tank Tidak Mudah Penuh

Apabila hal itu terjadi bau gas di dalam tangki septik akan kembali naik ke atas dan menyebabkan WC mengeluarkan bau menyengat.

Cara mengatasinya:

Jika penyumbatan pada saluran pembuangan terjadi berhati-hatilah saat menyiram karena bisa meluap. Solusinya adalah mengetahui penyebab WC mampet. Kalau disebabkan oleh sampah seperti pembalut dan tisu, cara yang paling aman adalah memanggil jasa sedot WC. Namun apabila penyebab WC mampet adalah tinja yang tidak terurai dengan baik, Anda bisa menggunakan B-MAX.

4. Segel WC Rusak

segel karet toilet, kloset
Sumber: Istimewa

WC duduk memiliki wax ring berbentuk cincin di dasar WC. Dampak dari segel WC rusak adalah bau dan air akan bocor ke dalam ruangan. Selain itu WC akan bergoyang karena tidak menancap ke lantai dengan benar.

Cara mengatasinya:

Menghubungi profesional atau tukang ledeng untuk mengatasinya.

5. Tangki Septik Tidak Bekerja Optimal

tangki septik, septic tank
Sumber: Istimewa

Limbah toilet yang masuk dari WC akan ditampung dan diurai oleh bakteri pengurai tinja di dalam tangki septik. Apabila terjadi kendala pada tangki septik akan menyebabkan WC mengeluarkan bau tidak sedap hingga WC mampet.

Cara mengatasinya:

Cara yang paling efektif dan mudah dilakukan adalah beralih ke Pennyu Bio Septic Tank pengurai limbah toilet ramah lingkungan. Dengan 5 proses penguraian mengubah limbah toilet menjadi air limbah hasil olahan (efluen) ramah lingkungan. Terbukti efluen lolos uji Laboratorium Sucofindo dan Dinas Lingkungan Hidup sesuai dengan Permen LHK No. P.68/Menlhk-Setjen/2016 tentang Baku Mutu Air Limbah Domestik. Serta untuk menjamin kualitasnya Pennyu Bio Septic Tank dilengkapi dengan garansi Dijamin Pabrik selama 12 tahun. Informasi lebih lanjut hubungi Customer Service Pennyu 08170736698.

Semoga informasi di atas membantu ya! Kawan Pennyu jangan lupa cek artikel menarik seputar sanitasi lainnya di blog Pennyu Indonesia dan apabila anda mencari produk-produk sanitasi terpercaya konsultasikan ke kami. Pennyu Indonesia menyediakan produk sanitasi berkualitas dan terpercaya. Butuh produk sanitasi yang berkualitas? Dengan Pennyu Pasti Beres

Dapatkan Produk Pennyu Sekarang Juga

Komentar Dinonaktifkan