bio septic tank, tangki septik

Sumber: Pennyu Indonesia


2 menit

Septic Tank Tidak Mudah PenuhSeptic tank penuh, tentu menjadi masalah besar dan merepotkan. Karena kamar mandi menjadi jorok, muncul bau tidak enak, dan jika terus dibiarkan akan dimanfaatkan oleh bakteri untuk menyebarkan penyakit.

Oleh karena itu cara mencegah septic tank tidak mudah penuh harus dipahami supaya Anda terhindar dari masalah tersebut. Berikut ini ada 5 cara agar septic tank tidak mudah penuh.

1. Sesuaikan Volume Septic Tank dengan Jumlah Pengguna

Pennyu, bio septic tank, pengurai limbah, apa itu ipal
Sumber: Pennyu Indonesia

Menyesuaikan ukuran septic tank dengan jumlah pengguna berguna untuk mencegahnya mudah penuh. Misalnya jika Anda membuat septic tank untuk di rumah dengan kapasitas maksimal 6 orang, jadi jumlah penggunanya pun tidak lebih dari 6 orang.

Selain itu dalam membuat septic tank Anda harus mengacu pada Standar Nasional Indonesia (SNI) 2398: 2017 sehingga ukuran dan desainnya tidak asal-asalan.

2. Memperhatikan Kemiringan Pipa

kemiringan pipa septic tank, tangki septik
Sumber: Istimewa

Ini adalah rahasia agar septic tank tidak mudah penuh selanjutnya, yaitu memperhatikan kemiringan pipa. Kemiringan pipa menentukan lancarnya aliran limbah toilet dari WC ke septic tank.

Baca juga: Peringatan! Begini Ciri-Ciri Septic Tank Penuh dan Perlu Sedot

Menurut SNI kemiringan pipa dari kloset ke septic tank minimum 2 persen. Artinya setiap 100 cm terdapat perbedaan ketinggian 2 cm. Selanjutnya ukuran pipa juga harus diperhatikan. Ukuran pipa inlet untuk septic tank minimal 4 cm. Disarankan untuk rumah yang mempunyai banyak WC sebaiknya menggunakan pipa dengan diameter yang lebih besar.

3. Jangan Buang Sampah ke Kloset

septic tank tidak mudah penuh
Sumber: Istimewa

Barang seperti tisu, pembalut, dan puntung rokok sering dibuang ke dalam WC. Lambat laun barang-barang tersebut akan menyumbat saluran pipa dan menyebabkan WC mampet.

Oleh karena itu sebaiknya gunakan WC seperti semestinya, jangan buang barang-barang yang tidak bisa diurai ke dalam WC.

4. Jangan Terlalu Sering Memasukkan Cairan Desinfektan

pembersih kloset, kloset mampet, septic tank tidak mudah penuh
Sumber: Istimewa

Kamu tahu gak kalau di dalam septic tank terdapat bakteri pengurai limbah toilet? Nah bakteri-bakteri ini hidup di dalam septic tank untuk mengolah atau mengurai feses maupun urine menjadi limbah cair yang lebih ramah lingkungan.

Bakteri pengurai ini akan mati dan terus berkurang jumlahnya jika Anda secara masif memasukkan cairan desinfektan atau air sabun ke dalam septic tank. Hal tersebut disebabkan oleh bahan kimia yang terkandung dalam cairan desinfektan membunuh bakteri pengurai sehingga mengganggu proses penguraian tinja dan cepat penuh. Direkomendasikan gunakan pembersih berbahan alami yang aman untuk bakteri pengurai.

5. Menambahkan Bubuk Bakteri Pengurai Tinja

b max, bakteri pengurai, limbah toilet, septic tank tidak mudah penuh
Sumber: Pennyu

Dalam septic tank hidup bakteri pengurai yang bertugas menguraikan limbah tinja menjadi limbah cair yang lebih ramah lingkungan. Keberadaan bakteri pengurai tinja ini bisa terancam jika air sabun masuk ke dalam septic tank melalui WC atau kloset.

Bahan kimia yang terkandung di dalam sabun membunuh bakteri pengurai tinja. Akibatnya septic tank tidak akan bekerja dengan baik mengurai limbah toilet. Dampaknya WC mampet dan tinja akan meluap.

Baca juga: Minimalisir Lekukan Instalasi Pipa Pennyu Bio Septic Tank

Untuk mencegah hal itu terjadi, Anda bisa melakukan maintenance rutin setiap 6 bulan sekali dengan menambah bakteri pengurai B-MAX. B-MAX adalah bubuk bakteri pengurai tinja dalam kemasan dengan formulasi bakteri super. Hanya dengan 1 sachet efektif mencegah septic tank penuh dan mampet. Informasi lebih lengkap mengenai B-MAX bisa Anda tanyakan langsung ke Customer Care Pennyu Indonesia 08170736698.

Itulah 5 rahasia agar septic tank tidak mudah penuh. Semoga membantu ya! Pennyu Pasti Beres

Komentar Dinonaktifkan