MBBR, bio septic tank, septic tank

Sumber: Grinvirotekno


2 menit

Limbah toilet memiliki kandungan yang berbahaya dan apabila tidak tertangani dengan benar akan membahayakan kesehatan lingkungan. Limbah ini termasuk dalam jenis limbah buangan black water yang diolah menggunakan bio septic tank atau septic tank. Topik tadi tentu sudah sering dibahas dan Anda temui di halaman artikel lain. Nah yang menjadi perbincangan menarik dalam artikel ini adalah apa itu teknologi Moving Bed Biofilm Reactor (MBBR) pada bio septic tank. Teknologi MBBR mungkin sudah tidak asing bagi teknik sipil dan seseorang yang expert di bidang sanitasi. Tetapi untuk orang awam yang sedang mencari tempat penguraian black water berkualitas untuk membuat hunian yang sehat dan ramah lingkungan akan bertanya-tanya ‘apa itu MBBR?’

Untuk menambah wawasan dan agar tidak salah memilih pengurai limbah toilet, yuk kita kenalan lebih dekat dengan teknologi MBBR.

Pengertian Teknologi MBBR

Teknologi Moving Bed Biofilm Reactor (MBBR) merupakan salah satu unit pengolahan biologis yang memanfaatkan biofilm yakni dengan sistem fluidized attached growth (mikroorganisme yang tumbuh dan berkembangbiak pada media).

Baca juga: Hal-hal yang Harus Diperhatikan saat Pemasangan Bio Septic Tank

Dalam proses pengolahan limbah black water, MBBR memanfaatkan proses aerobik-anoksik untuk menurunkan kandungan amonium-nitrogen melalui proses nitrifikasi dan denitrifikasi. Jadi proses pertumbuhan terlekat dan tersuspensi membuat mikroorganisme tumbuh melekat pada media isian yang dibuat melayang-layang di dalam air limbah sistem. Ini membuat MBBR efektif dalam menyisihkan polutan dalam air limbah yaitu tingginya konsentrasi amonia.

Kelebihan Moving Bed Biofilm Reactor (MBBR)

Setelah membahas pengertian teknologi MBBR, sekarang yuk kita kupas tuntas kelebihan MBBR pada pengolahan air limbah:

1. MBRR terbuat dari unit media padat, umumnya terbuat dari plastik berukuran kecil.

2. Meningkatkan kapasitas pengolahan limbah karena adanya driving energy dari dalam reaktor dan menggunakan efisiensi penggunaan fine bubble.

3. Penyisihan padatan dalam air limbah cukup baik.

4. Konsentrasi biomassa tersuspensi lebih besar sehingga menumbuhkan bakteri pengurai tinja atau mikroorganisme.

5. Meningkatkan penyisihan (chemical oxygen demand) COD, menghilangkan Biological Oxygen Demand (BOD), nitrogen, dan fosfor.

6. Tidak perlu pencucian ulang secara periodik (periodic backwashing)

7. Mengurai produksi lumpur dan tidak bermasalah dengan sludge bulking. Yang dimaksud sludge bulking adalah sebuah kondisi dimana solid sulit untuk mengendap sehingga proses pemisahan solid dan liquid menjadi sangat susah.

8. Sludge bulking membuat kualitas efluen menurun akibat tingginya konsentrasi solid. Hal ini mengganggu proses kontrol sistem lumpur aktif.

Daya Tahan MBBR

Material yang digunakan untuk membuat teknologi MBBR adalah plastik polietilen. Dengan bahan ini daya tahan MBBR dalam mengolah limbah toilet akan lebih awet. Jadi Anda tidak perlu khawatir MBBR akan keropos karena kandungan limbah toilet.

Bio Septic Tank dengan Teknologi MBBR

Seperti yang telah diuraikan di atas, MBBR begitu berguna dalam pengolahan limbah toilet. Dengan demikian bio septic tank yang mempunyai teknologi MBBR patut diperhitungkan karena dapat menurunkan kandungan berbahaya limbah toilet.

Baca juga: 4 Keuntungan Punya Bio Septic Tank di Rumah

Pennyu Bio Septic Tank penguraian limbah toilet mengadopsi teknologi MBBR, lebih efisien mengolah limbah menjadi efluen lebih ramah lingkungan. Oleh karena itu limbah aman dialirkan langsung ke selokan. Terbukti dengan efluen lolos uji Laboratorium Sucofindo dan Dinas Lingkungan Hidup Sesuai dengan Permen LHK No. P.68/Menlhk-Setjen/2016 tentang Baku Mutu Air Limbah Domestik. Informasi lebih lanjut mengenai Pennyu Bio Septic Tank bisa langsung ditanyakan ke Customer Service Indonesia 08170736698.

Semoga informasi di atas membantu ya! Kawan Pennyu jangan lupa cek artikel menarik seputar sanitasi lainnya di blog Pennyu Indonesia dan apabila anda mencari produk-produk sanitasi terpercaya konsultasikan ke kami. Pennyu Indonesia menyediakan produk sanitasi berkualitas dan terpercaya. Butuh produk sanitasi yang berkualitas? Dengan Pennyu Pasti Beres

Dapatkan Produk Pennyu Sekarang Juga

Komentar Dinonaktifkan