bio sepiteng, limbah toilet, ciri ciri septic tank penuh

Sumber: Ist


3 menit

Ciri-ciri septic tank penuh bisa Anda kenali sedini mungkin sebelum limbah yang ditampung meluap dari lubang kloset. Cara mengidentifikasi tidaklah sulit, kuncinya adalah Anda harus lebih peka.

Dengan mengenali ciri-ciri septic tank penuh, Anda bisa mengatasinya dengan menambahkan bakteri pengurai B-MAX atau bisa memilih untuk melakukan penyedotan.

Namun sebelum membahas ciri-ciri septic tank penuh, yuk kita bahas singkat apa itu septic tank. Septic tank adalah tempat penampungan sekaligus pengolahan limbah yang berasal dari toilet. Keberadaan septic tank sangat vital di sebuah hunian. Oleh karena itu dibutuhkan perawatan agar tidak terjadi kendala atau mudah penuh.

Mengacu pada Standar Nasional Indonesia (SNI) 2398:2017 Direktorat Jenderal Cipta Karya periode pengurasan septic tank konvensional harus dilakukan 2 tahun dan paling lama 5 tahun sekali.

Baca juga: Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Pemasangan Bio Septic Tank

Itulah beberapa fakta tentang septic tank, selanjutnya kita akan membahas ciri-ciri septic tank penuh yang bisa Anda diketahui:

1. Muncul Bau Tidak Sedap

ciri ciri septic tank penuh, penampungan limbah toilet

Ini adalah tanda yang paling gampang untuk diidentifikasi. Ketika septic tank penuh muncul aroma busuk dari lubang kloset dan pipa saluran ventilasi septic tank. Baunya sangat menyengat karena kotoran yang tertampung septic tank banyak.

2. Pembuangan Melambat

bau kloset tidak enak
Sumber: shutterstock

 

 

Pembuangan limbah yang melambat di kloset bisa menjadi pertanda jika septic tank penuh. Anda bisa melakukannya dengan menyiram kloset dengan satu ember air sambil memperhatikan mangkuk klosetnya.

Apabila air menyusut dengan lambat, bisa dipastikan jika septic tank penuh. Umumnya septic tank yang normal ketika kloset disiram maka air langsung turun atau surut dengan cepat.

2. Suara Deguk

deguk septic tank, ciri ciri septic tank penuh
Sumber: Ist

Jika lubang kloset mengeluarkan suara deguk seperti orang meminum air, bisa diperkirakan septic tank di rumah Anda penuh. Hal ini disebabkan oleh saluran pembuangan penuh oleh limbah toilet.

Baca juga: Meminimalisir Lekukan Instalasi Pipa Pennyu Bio Septic Tank

3. Ketinggian Limbah di Septic Tank

limbah septic tank, bio septic tank
Sumber: Istimewa

Apabila septic tank didesain dengan manhole, Anda bisa mengecek ketinggian cairan limbah di dalam septic tank, apakah penuh atau tidak. Parameter penuh adalah ketika limbah cair dalam septic tank hampir meluap dari septic tank.

4. Tanah di Sekitar Septic Tank Lembab

Tanah lembab, bio septic tank
Sumber: pngtree

Septic tank penuh bisa ditandai dengan tanah di sekitarnya lembab. Ini dikarenakan limbah tidak dapat diolah septic tank dengan baik. Sehingga meluap ke tanah sekitar septic tank.

5. Muncul Limbah Mentah

ilustrasi feses, ciri septic tank penuh
Sumber: Unsplash

Karena septic tank penuh, limbah toilet mentah atau feses bisa keluar dari saluran pembuangan. Septic tank tidak bisa mengolah limbah toilet dengan baik karena sudah over kapasitas.

Jika Anda melihat beberapa tanda-tanda ini, itu bisa menjadi pertanda bahwa septic tank Anda butuh dikuras. Menjaga septic tank dalam kondisi baik penting dilakukan untuk menjaga kenyamanan, kebersihan, dan kesehatan rumah. Di bawah ini ada tips merawat septic tank.

Cara Merawat Septic Tank

1. Gunakan Sesuai Fungsinya

dilarang, membuang tisu, kloset
Sumber: Shutterstock

Seperti artinya septic tank adalah tempat penampungan sekaligus penguraian limbah toilet dari kloset. Karena itu hindari membuang barang yang tidak dapat diurai oleh bakteri dalam septic tank melalui kloset.

Ini berfungsi untuk merawat dan memastikan septic tank tidak tersumbat. Contoh barang-barang yang berpotensi dan sering ditemui sebagai penyebab septic tank mampet seperti tisu, pembalut, dan produk non-biodegradable lainnya.

2. Kurangi Penggunaan Pembersih Berbahan Kimia

pembersih kloset, kloset mampet
Sumber: Istimewa

Saat memilih produk pembersih rumah tangga, pastikan produk tersebut ramah lingkungan atau tidak membahayakan bakteri pengurai dalam septic tank. Bahan kimia yang terlalu kuat pada produk pembersih kloset dapat membunuh bakteri baik di dalam septic tank yang membantu mengurai limbah.

Baca juga: Keunggulan Pennyu Bio Septic Tank, Anti Sedot

3. Menambahkan Bakteri Pengurai

b max, bakteri pengurai, limbah toilet
Sumber: Pennyu

Ada dua jenis bakteri pengurai limbah toilet yang dijual bebas di pasaran, yaitu cair dan serbuk. Umumnya bakteri pengurai ini disebut bakteri anaerob. Fungsinya adalah mengolah limbah toilet yang berada di dalam septic tank. Bakteri ini bekerja dengan menghancurkan feses hingga berubah menjadi limbah cair.

Jika mencari bakteri pengurai ini, kami merekomendasikan B-MAX bakteri pengurai berbentuk serbuk dalam kemasan. Cocok untuk perawatan dan mengatasi septic tank mampet karena penuh limbah. Harganya sangat terjangkau hanya 20 ribuan saja.

4. Gunakan Pennyu Bio Septic Tank

Pennyu, bio septic tank, pengurai limbah, apa itu ipal, ciri septic tank penuh
Sumber: Pennyu Indonesia

Pennyu Bio Septic Tank merupakan septic tank canggih dengan 5 tahap penguraian limbah toilet. Oleh karena itu Pennyu Bio Septic Tank tidak mudah penuh dan hasil penguraian berbentuk lebih ramah lingkungan, aman langsung dialirkan ke selokan.

Selain itu, Pennyu Bio Septic Tank bermaterial Polyethylene (PE) yang kuat tidak mudah bocor karena tekanan tanah. Untuk menjamin kualitas produk, Pennyu Bio Septic Tank dibekali dengan garansi 12 tahun. Informasi lebih lanjut tentang Pennyu Bio Septic Tank bisa di-klik di sini “Pennyu Bio Septic Tank Pengolah Limbah Toilet”

Dapatkan Produk Pennyu Sekarang Juga

Komentar Dinonaktifkan