air sabun, kloset, bakteri pengurai

Sumber: Ist


2 menit

Air sabun buat kloset mampet. Loh kok bisa? Jadi air sabun yang dimasukan ke dalam kloset dapat memberikan dampak buruk terhadap septic tank. Sebab bahan kimia tinggi pada sabun membunuh bakteri-bakteri baik yang bertugas memecah limbah toilet.

Dampaknya proses penguraian limbah jadi terhambat, lambat laun bio septic tank bisa penuh dan mengakibatkan WC mampet. Untuk menangani masalah tersebut tentu Anda harus memanggil jasa sedot WC. Jika hal itu terjadi pada Anda menyebalkan bukan?

Untuk menghindari hal tersebut terjadi, Anda hanya perlu menjaga air sabun maupun air bekas cucian masuk ke dalam toilet Anda. Dengan begitu bakteri baik dalam septic tank Anda bisa mengurai limbah toilet dengan optimal.

Baca juga: Ternyata Ini Alasan Pennyu Bio Septic Tank Berukuran Kecil

Selain air sabun buat kloset mampet, berikut ini beberapa bahaya jika air sabun terus dibiarkan masuk ke dalam kloset:

1. Penyumbatan Pipa

Penggunaan sabun berlebihan dapat menyebabkan penumpukan lemak dan residu di dalam pipa saluran pembuangan. Hal ini bisa menyebabkan penyumbatan pipa yang memerlukan perawatan atau perbaikan tambahan.

2. Peningkatan Kerja Pompa

Jika terlalu banyak sabun masuk ke dalam septic tank, bisa membuat limbah menjadi lebih kental dan sulit untuk diurai. Ini dapat menyebabkan pompa dalam bio septic tank harus bekerja lebih keras untuk mengalirkan limbah keluar dari tank.

3. Kinerja Buruk

Jika terlalu banyak sabun masuk ke dalam septic tank, limbah bisa menjadi lebih kental dan sulit untuk diuraikan. Ini dapat membuat septic tank bekerja lebih keras dan kurang efisien.

Baca juga: Klaim Garansi Pennyu Anti Ribet dan Bebas Drama

Untuk mengurangi bahaya air sabun bagi septic tank, pertimbangkan untuk menggunakan sabun yang ramah lingkungan dan bebas dari bahan kimia yang merusak bakteri dalam septic tank. Selain itu, hindari penggunaan sabun berlebihan dan jangan membuang produk berbahaya seperti minyak dan bahan kimia ke dalam sistem pembuangan.

Merawat Septic Tank

septic tank bau tidak sedap, air sabun buat kloset mampet
Sumber: Shutterstock

Selanjutnya ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan supaya septic tank tidak cepat penuh dan harus sedot WC.

1. Hindari Membuang Barang ke Kloset

Kloset adalah tempat membuang hajat atau limbah toilet berupa feses dan air seni. Limbah toilet yang masuk ke kloset akan disalurkan dan diurai oleh bakteri pengurai dalam septic tank. 

Apabila Anda membuang barang yang tidak dapat diurai seperti tisu dan pembalut ke dalam kloset, tentu akan menyumbat saluran penguraian.

2. Menambahkan Bakteri Pengurai

Fungsi bakteri pengurai adalah untuk mengolah limbah toilet yang berada di dalam septic tank. Kami rekomendasikan gunakan B-MAX bakteri pengurai serbuk yang berfungsi untuk perawatan hingga mengatasi septic tank mampet karena penuh limbah. Harganya sangat terjangkau hanya 20 ribuan saja.

Baca juga: Peringatan! Begitu Ciri-ciri Septic Tank Penuh Perlu Sedot

3. Menggunakan Pennyu Bio Septic Tank

Pennyu Bio Septic Tank merupakan septic tank canggih dengan 5 tahap penguraian limbah toilet. Oleh karena itu Pennyu Bio Septic Tank tidak mudah penuh dan hasil penguraian berbentuk lebih ramah lingkungan, aman langsung dialirkan ke selokan.

Selain itu, Pennyu Bio Septic Tank bermaterial Polyethylene (PE) yang kuat tidak mudah bocor karena tekanan tanah. Untuk menjamin kualitas produk, Pennyu Bio Septic Tank dibekali dengan garansi 12 tahun. Informasi lebih lanjut tentang Pennyu Bio Septic Tank bisa di-klik di sini “Pennyu Bio Septic Tank Pengolah Limbah Toilet”

Dapatkan Produk Pennyu Sekarang Juga

Komentar Dinonaktifkan