tangki septik, berapa lama septic tank penuh

Sumber: Shutterstock


2 menit

Berapa lama septic tank penuh itu tergantung pada beberapa faktor, seperti ukuran septic tank, jumlah pengguna, dan tingkat penggunaan. Namun jika mengacu pada Standar Nasional Indonesia (SNI) 2398:2017 Direktorat Jenderal Cipta Karya untuk septic tank konvensional, periode pengurasan septic tank konvensional harus dilakukan 2 tahun dan paling lama 5 tahun sekali.

Baca juga: Cara Kerja Pennyu Bio Septic Tank Ramah Lingkungan

Apabila septic tank konvensional tidak pernah dikuras tetapi tidak kunjung penuh, dapat dicurigai bahwa tempat pengolahan limbah tersebut bocor. Jadi, inti durasi berapa lama septic tank penuh tergantung pada faktor-faktor yang telah disebutkan tersebut. Lalu apa bahaya septic tank yang penuh?

1. Bahaya Septic Tank Penuh

Septic tank penuh tentu sangat mengganggu dan membuat kesal. Karena septic tank penuh, limbah meluap dari kloset dan muncul bau tidak sedap di toilet. Bukan hanya itu, jika Anda biarkan dalam waktu lama akan muncul bakteri penyebab penyakit. Hal itu pasti tidak baik bagi kesehatan.

2. Cara Mengatasi Septic Tank Penuh

Apabila septic tank penuh karena limbah toilet, bukan dari sumbatan oleh benda yang tidak dapat diurai oleh bakteri pengurai kamu bisa mengatasinya sendiri.

Mengatasi septic tank penuh tersebut tidaklah sulit kok. Anda hanya memerlukan B-MAX serbuk bakteri pengurai. Cara menggunakannya yakni:
1. Masukkan serbuk B-MAX ke dalam kloset
2. Siram dengan air hingga serbuk B-MAX larut dan masuk ke saluran septic tank
3. Usahakan dilakukan malam hari saat kloset tidak digunakan

Baca juga: Kontraktor Perlu Tahu 6 Poin Ini saat Memilih Bio Septic Tank

Anda juga bisa mengatasi bau yang tidak sedap karena urine, limbah toilet, atau kotoran hewan dengan B-MAX loh. Caranya pun tidaklah rumit:
1. Larutkan satu sachet B-MAX ke dalam botol sprayer
2. Semprotkan pada area yang menjadi sumber bau

Untuk mengetahui B-MAX lebih lengkap klik di sini “B-MAX serbuk bakteri pengurai”.

Jangan lupa cek artikel menarik lainnya di blog Pennyu Indonesia ya! Selain artikel, berbagai pilihan produk sanitasi dapat Anda dapatkan di Pennyu Indonesia loh. Yuk cek sekarang! Pennyu Pasti Beres

Dapatkan Produk Pennyu Sekarang Juga

Komentar Dinonaktifkan