tangki septik, septic tank, komunal, tangki septik komunal

Sumber: Pennyu Group


2 menit

Tangki septik komunal solusi sanitasi sehat – Limbah toilet yang tidak terurai secara baik masih menjadi masalah pelik pencemaran air dan belum terselesaikan hingga kini. Hal tersebut terbukti melalui penelitian UNICEF yang memaparkan jika 70 persen dari 20.000 sumber air minum rumah tangga di Indonesia tercemar tinja hingga menyebabkan penyebaran penyakit diare.

Salah satu solusi menangani masalah tersebut yakni membuat tangki septik yang ideal sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI). Namun permasalahan untuk sebagian orang yang tinggal di pemukiman padat penduduk sukar membangun tangki septik individu karena keterbatasan lahan. Jika begitu bagaimana solusinya? Tidak mungkin dong jika membuang limbah tinja sembarangan, karena bisa mencemari lingkungan dan menyebabkan penyakit yang menginfeksi manusia.

Baca juga: Kelebihan Pennyu Bio Septic Tank vs Septic Tank Konvensional

Solusinya yaitu membangun tangki septik komunal sebagai pengurai limbah toilet di lingkungan padat penduduk. Yuk kita bahas di bawah ini.

1. Pengertian Tangki Septik Komunal

Tangki septik komunal adalah media pengurai atau pengolah limbah toilet dengan kapasitas besar. Mempunyai saluran pembuangan yang dibuat paralel agar bisa disambung ke instalasi beberapa WC sekaligus.

Biasanya tangki septik jenis ini juga dimanfaatkan sebagai penguraian limbah mandi, cuci, kakus (MCK) umum. Dalam Buku Saku Sanitasi PUPR jumlah pengguna MCK komunal minimal 6 kartu keluarga (KK).

Lebih dari 1500 Mitra Telah Membuktikan Keuntungannya

2. Jenis-jenis Tangki Septik Komunal

  • Untuk Pengungsian

    septic tank, tangki septik komunal, bencana alam
    Sumber: Tribun Jabar/Gani Kurniawan

Seperti yang tergambar pada namanya, tangki septik komunal pengungsian adalah penguraian limbah toilet berukuran besar yang diperuntukkan bagi masyarakat yang mengungsi karena terdampak bencana alam. Biasanya pemerintah memfasilitasi pengungsi dengan kamar mandi umum yang terhubung dengan tangki septik ini.

Baca juga: Peringatan! Begini Ciri-ciri Septic Tank Penuh Perlu Sedot

  • Untuk Pemukiman

pemukiman padat penduduk, lingkungan padat, limbah toilet
Sumber: DetikNews/Pradita

Sebagai media penguraian limbah toilet untuk daerah pemukiman padat penduduk seperti rumah susun, atau perumahan padat di perkotaan. Tangki septik ini adalah solusi mengatasi permasalahan masyarakat di pemukiman padat penduduk yang berpotensi tidak bisa mengolah limbah toilet dengan baik karena keterbatasan lahan.

4. Rekomendasi Tangki Septik Komunal Terbaik

bio septic tank konvensional, bio septic tank pennyu

Mencari tangki septik komunal terbaik tidaklah sulit jika Anda mengetahui keunggulan dan material produknya. Jadi perhatikan dengan detail ketika ingin membeli produk tangki septik ini. Pilihlah tangki septik yang mampu mengurai limbah toilet menjadi limbah cair yang lebih ramah lingkungan.

Seperti Pennyu Bio Septic Tank yang mempunyai keunggulan bermaterial plastik polyethylene (PE) lebih kuat dan tidak mudah bocor karena tekanan tanah ketika dipendam. Lalu jumlah bakteri pengurai tinja lebih banyak karena ada rumah tumbuh bakteri (RTB) sehingga Pennyu Bio Septic Tank mampu mengurai limbah toilet menjadi efluen ramah lingkungan dan bisa dialirkan langsung ke selokan. Terbukti efluen sesuai dengan Permen LHK No. P.68/Menlhk-Setjen/2016 tentang Baku Mutu Air Limbah Domestik.

Baca juga: Pennyu Bio Septic Tank Pengolahan Limbah Toilet untuk Kos-kosan

Pennyu Bio Septic Tank melayani custom order untuk kebutuhan komunal. Pennyu Tim menyediakan jasa konsultasi terlebih dahulu untuk memudahkan Anda dan mengantisipasi kesalahan memilih kapasitas bio septic tank komunal.

Apabila Anda ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai Pennyu Bio Septic Tank bisa klik di sini. Atau langsung tanyakan ke Customer Care Pennyu Indonesia di 0817-0736-698.

Lebih dari 1500 Mitra Telah Membuktikan Keuntungannya

Komentar Dinonaktifkan