kedalaman septic tank

Sumber: Pennyu Indonesia


3 menit

Septic tank adalah tempat sekaligus penguraian limbah dari toilet. Karena itu, sebuah hunian wajib mempunyai septic tank. Namun Anda tidak boleh asal membuat dan menempatkan septic tank. Rumuskan rancangannya seperti kedalaman septic tank, ukurannya, hingga tempat sumur resapan.

Jika semua rancangan tersebut sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI), tentunya septic tank akan bekerja optimal mengurai limbah toilet. Dalam artikel ini kita akan membahas kedalaman septic tank sesuai SNI. Tapi sebelum membahas hal tersebut, alangkah lebih baik pahami terlebih dahulu jenis-jenis septic tank. Yuk simak penjelasan berikut ini.

A. Jenis-jenis Septic Tank

Septic Tank Konvensional

Jenis septic tank ini sangat umum digunakan oleh rumah-rumah di Indonesia. Wajar saja karena septic tank jenis ini sudah ada sejak dulu. Umumnya septic tank konvensional berbentuk persegi panjang dengan sekat yang membentuk beberapa ruang di bawah tanah.

Berdasarkan SNI 2398:2017 Tata Cara Perencanaan Tangki Septic dengan Pengolahan Lanjutan, inilah komponen bangunan septic tank konvensional meliputi:

  • Batu kali dengan plesteran
  • Bata merah dengan plesteran
  • Batako dengan plesteran
  • Beton tanpa tulangan
  • FRP
  • Beton bertulang
  • PVC
  • Plat besi
  • Pipa besi

Kelemahan septic tank konvensional yakni rentan bocor jika ada pergerakan tanah. Akibat kebocoran septic tank, limbah toilet akan mencemari tanah dan air bersih di lingkungan sekitar.

Selanjutnya, kelemahan lainnya dari septic tank konvensional adalah kurang maksimal mengurai limbah toilet. Hal ini disebabkan oleh perkembangan bakteri starter atau bakteri pengurai di dalam septic tank lambat.

Bio Septic Tank

Seiring berkembangnya waktu, muncul septic tank dengan jenis dan kemampuan baru bernama bio septic tank. Bio septic tank dirancang khusus untuk menggantikan peranan septic tank konvensional yang masih tradisional. Berkat memanfaatkan bioteknologi, bakteri pengurai yang hidup di dalam bio septic tank semakin banyak.

Dengan begitu bio septic tank lebih unggul dalam mengurai limbah toilet dibandingkan dengan septic tank konvensional. Terlebih efluen atau air yang keluar dari sistem pengolahan bio septic tank menjadi lebih ramah lingkungan.

Kemudian material berbeda dengan septic tank konvensional, bio septic tank lebih kuat tidak rentan bocor atau retak saat dipendam dalam tanah.

Oleh karena itu saat ini bio septic tank menjadi pilihan masyarakat sebagai penguraian limbah modern ramah lingkungan.

B. Kedalaman Septic Tank

Setelah memahami jenis-jenis septic tank, berikut ini kita akan menuju pada pokok pembahasan yaitu kedalaman septic tank. Penting untuk memahami kedalaman septic tank yang disarankan sebelum kita memutuskan membuat lubang galian untuk menyimpan septic tank.

Mengacu pada SNI, ukuran dan kedalaman septic tank ditentukan berdasarkan dari jumlah pengguna. Berikut ini penjelasannya.

Pengguna (orang)
Ukuran (meter)
Volume total (m3)
Panjang
Lebar
Tinggi/Kedalaman
10
1,6
0,8
1,3
1,66
15
1,8
1,0
1,4
2,5
20
2,1
1,0
1,4
2,9
25
2,4
1,2
1,6
4,6
50
3,2
1,6
1,7
5,2

Jadi bisa disimpulkan, semakin banyak jumlah pengguna maka lebih besar dan dalam pula septic tank.

C. Rekomendasi Bio Septic Tank Terbaik

Pennyu, bio septic tank, pengurai limbah, apa itu ipal, manhole adalah
Sumber: Pennyu Indonesia

Jika Anda sudah membaca poin pertama, tentu bio septic tank bisa menjadi pilihan tepat sebagai penguraian limbah toilet yang harus Anda miliki. Karena bio septic tank lebih optimal mengurai limbah toilet. Selain itu jika Anda memasang bio septic tank tidak perlu repot-repot mencari atau menyiapkan berbagai komponen  seperti batu kali dan lainnya untuk membangun septic tank.

Anda hanya perlu mencari kapasitas bio septic tank yang sesuai dengan jumlah pengguna. Setalah itu mencari tempat untuk menempatkan dan memasang bio septic tank. Jika Anda memilih bio septic tank sebagai penguraian limbah toilet di rumah, rekomendasi dari kami gunakan bio septic tank yang berkualitas. Dengan bio septic tank berkualitas limbah toilet akan terurai denan baik dan efluen ramah lingkungan.

Pilihlah Pennyu Bio Septic Tank sebagai pengurai limbah toilet di hunian Anda. Pennyu Bio Septic Tank terbukti mampu mengurai limbah toilet dengan baik. Efluen telah lolos uji Laboratorium Sucofindo dan Dinas Lingkungan Hidup. Sesuai dengan Permen LHK No. P.68/Menlhk-Setjen/2016 tentang Baku Mutu Air Limbah Domestik.

Keunggulan Pennyu Bio Septic Tank lainnya yaitu bermaterial polietilen (PE) jadi tidak mudah bocor seperti septic tank konvensional. Lebih lanjut Pennyu Bio Septic Tank berukuran kecil dengan kinerja optimal. Cocok banget sebagai penguraian limbah toilet di lingkungan padat seperti perkotaan.

D. Kapasitas Pennyu Bio Septic Tank

Pennyu Bio Septic Tank mempunyai dua kapasitas untuk 6 orang dan 12 orang. Jika ada yang membutuhkan kapasitas lebih besar, tersedia Pennyu Bio Septic Tank custom dengan kapasitas menyesuaikan permintaan.

Informasi lebih lanjut mengenai Pennyu Bio Septic Tank bisa Anda tanyakan ke Customer Service Pennyu di nomor 08170-736698 atau klik link ini “Pennyu Bio Septic Tank”

Kawan Pennyu jangan lupa cek artikel menarik seputar sanitasi lainnya di blog Pennyu Indonesia dan apabila Anda mencari produk-produk sanitasi terpercaya konsultasikan ke kami. Pennyu Indonesia menyediakan produk sanitasi berkualitas dan terpercaya. Butuh produk sanitasi yang berkualitas? Dengan Pennyu Pasti Beres.

Dapatkan Produk Pennyu Sekarang Juga

Komentar Dinonaktifkan