dapur minimalis terbuka modern

Sumber: Pinhome.com


4 menit

Setuju tidak jika desain dapur yang nyaman bisa meningkatkan semangat memasak? Salah satu desain dapur yang nyaman dan menarik adalah dapur minimalis terbuka.

Tren desain dapur minimalis terbuka akhir-akhir ini semakin digemari karena tidak hanya terlihat estetik dan menawarkan sensasi memasak yang berbeda, namun dapur minimalis terbuka juga simpel serta yang terpenting meningkatkan sirkulasi udara menjadi lebih lancar.

Bagi Anda yang ingin memiliki desain dapur dengan gaya ini di belakang rumah, maka bisa mencoba 10 referensi desain berikut.

Desain Dapur Minimalis Terbuka

1. Konsep Dapur Pembatas Kayu

dapur minimalis terbuka dengan pagar kayu
Sumber: Istimewa

Jika Anda menginginkan konsep dapur terbuka atau semi outdoor maka bisa meniru konsep satu ini. Dengan memanfaatkan dan mengubah pembatas kayu berderet menjadi jendela, Anda akan mendapatkan dapur minimalis terbuka yang membuat semakin semangat memasak.

Konsep dapur pembatas kayu memiliki pencahayaan yang baik sebab cahaya matahari akan masuk secara optimal. Jadi hemat listrik karena tidak memerlukan bantuan pencahayaan lampu saat memasak di pagi hingga sore hari.

2. Konsep Dapur dengan Taman Kecil

dapur minimalis dengan taman kecil
Sumber: Instagram/Alvisepti

Kalau pengen punya dapur anti mainstream tapi tetap mengutamakan kenyamanan dapur minimalis terbuka dengan kombinasi taman kecil adalah pilihan tepat.

Anda bisa membuat atau merenovasi dapur dengan memberi ruang sedikit untuk taman dan membiarkan bagian tersebut tanpa atap. Kelebihan konsep dapur ini sama halnya dengan konsep dapur pembatas kayu, yaitu mendapat cahaya alami dari sinar matahari dan membuat sirkulasi udara lebih lancar dibandingkan dapur di ruang tertutup.

Apabila Anda merasa repot membuat taman dengan menumbuhkan rumput asli, maka bisa menggunakan rumput sintetis untuk menggantinya. Saran, agar mempercantik dan menambah estetika dapur pilihlah tanaman yang bervariasi.

Baca juga: 15 Ide Desain Dapur Minimalis 3×3 Bikin Betah Masak

3. Dapur Terbuka di Sudut Rumah

Dapur minimalis terbuka di sudut rumah
Sumber: Istimewa

Jika Anda tidak memiliki lahan yang cukup luas untuk membuat dapur minimalis terbuka, maka konsep dapur terbuka di sudut rumah bisa menjadi pilihan. Anda bisa menambahkan kanopi membran untuk mencegah alat-alat masak dan peralatan dapur terkena air hujan. Bila masih ada ruang kosong Anda bisa menambahkan kursi duduk untuk bersantai menyantap makanan.

4. Konsep Dapur Terbuka Bergaya Klasik

dapur minimalis terbuka klasik
Sumber: Lifetimedesign.co

For your information guys! Ternyata konsep desain dapur terbuka bergaya klasik tidak kalah menarik untuk diaplikasikan lho! Memadukan kesan alami dan klasik menghadap taman di belakang rumah memberi sensi dapur yang nyaman untuk memasak. Untuk menambah kesan klasik, Anda bisa menambahkan batu koral di pelatarannya dan beberapa bunga di pot mungil.

5. Dapur Terbuka Bertema Monokrom

Desain dapur monokrom
Sumber: Istimewa

Konsep dapur terbuka di taman belakang rumah bertema monokrom juga patut menjadi pilihan. Akhir-akhir ini warna atau nuansa monokrom digandrungi karena memberi kesan yang minimalis, estetik, dan rapi.

Anda bisa memilih ornamen seperti seperti lemari, storage, maupun lantai dapur dengan aksen monokrom untuk mendukung konsep ini. Model dapur terbuka bertema monokrom sangat cocok untuk Anda yang ingin mempunyai dapur simpel tanpa banyak warna.

Baca juga: Ide Desain Dapur Minimalis Primadona Ibu-ibu

6. Dapur Terbuka Menyatu Area Cuci

dapur minimalis terbuka dengan mesin cuci
Sumber: Istimewa

Seperti peribahasa sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui. Dapur terbuka yang menyatu dengan tempat mencuci adalah pilihan tepat untuk Anda yang ingin melakukan pekerjaan langsung mendapatkan beberapa hasil sekaligus.

Jika menerapkan konsep dapur seperti ini Anda bisa memasak sambil mencuci baju dengan mesin cuci. Tidak perlu ruangan yang besar, Anda bisa membuat dapur terbuka ini dengan bentuk L di belakang pojok rumah.

7. Dapur Minimalis Terbuka Bernuansa Cafe

Desain dapur minimalis terbuka bernuansa cafe yang Instagramable
Sumber: Pinterst

Apabila Anda mempunyai banyak teman dan suka ngobrol santai bersama sambil menikmati makanan atau secangkir kopi, konsep dapur terbuka bernuansa cafe bisa menjadi pilihan tepat. Anda bisa memadupadankan taman belakang rumah dengan dapur serta ruang santai berdekorasi interior seperti cafe Instagramable.

Kemudian Anda bisa menambahkan jendela berukuran besar agar pencahayaan di dapur lebih baik. Jangan lupa juga tambahkan tanaman gantung di pot untuk menghidupkan dan mewarnai suasana dapur berkonsep semi terbuka ini.

8. Desain Dapur Bergaya Industrial

dapur nuansa cafe
Sumber: Istimewa

Jika Anda adalah orang yang menyukai desain ala-ala tampilan interior yang tampak tidak selesai dikerjakan, dapur bergaya industrial sangat cocok menjadi pilihan Anda.

Desain industrial saat ini sudah banyak diterapkan di bangunan komersial seperti kedai-kedai kopi dan restoran. Gaya industrial dianggap membuat sirkulasi udara di dalam bangunan lebih lancar dan memberikan kesan yang hangat dan nyaman.

Ciri khas desain dapur industrial salah satunya yaitu over expose. Jadi banyak hal yang dibiarkan terlihat dan ditata agar terlihat berkonsep. Lalu memadukan unsur kayu dan logam, serta menggunakan material daur ulang.

9. Dapur Terbuka dengan Kolam Ikan

dapur minimalis terbuka dengan kolam ikan
Sumber: Arcadia Design

Mendengar suara gemericik air dengan tiupan angin yang semilir bisa membuat Anda semakin nyaman memasak. Itu adalah gambaran jika dapur terbuka dengan kolam ikan menjadi pilihan Anda.

Tambahkan waterfall atau air terjun kecil sebagai penghasil oksigen terlarut di dalam kolam sekaligus menambah kesan estetik. Anda juga bisa menambahkan meja dan kursi makan di area dapur jika suka makan sambil mendengarkan gemericik air.

10. Konsep Dapur Mungil Sliding Door

dapur minimalis terbuka dengan pintu sling door
Sumber: Istimewa

Tidak usah khawatir jika mempunyai lahan kecil untuk membangun dapur. Anda bisa membangun dapur terbuka dengan ilusi ruangan terlihat lebih luas berkat sliding door material kaca. Untuk memberi kesan dapur terbuka, padai bagian luar sliding door tambahkan taman kecil yang diberi beberapa tanaman berukuran kecil.

Selain itu, penggunaan sliding door akan memberikan kemudahan cahaya alami matahari masuk ke dalam dapur. Desain ini adalah pilihan tepat untuk menghemat penggunaan listrik di siang hari.

Itulah 10 inspirasi desain dapur minimalis terbuka yang bisa Anda aplikasikan. Kira-kira Anda memilih desain dapur yang mana nih? Tulis di kolom komentar ya. Nah untuk menciptakan dapur impian pastikan Anda menggunakan produk sanitasi dari Pennyu yang berkualitas agar awet ya! Dapatkan keran air hingga filter air keran terbaik di Pennyu.

Kawan Pennyu jangan lupa cek artikel menarik seputar sanitasi lainnya di blog Pennyu Indonesia dan apabila Anda mencari produk-produk sanitasi terpercaya konsultasikan ke kami. Pennyu Indonesia menyediakan produk sanitasi berkualitas dan terpercaya. Butuh produk sanitasi yang berkualitas? Dengan Pennyu Pasti Beres.

Komentar Dinonaktifkan